27 Juli 2017

Pengalaman Menyiapkan Dodol Permintaan Gadis

Di daerah saya Sumatera Selatan, terutama di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang namanya dodol permintaan gadis ( calon istri ) adalah hal yang biasa.

Bisa dianggap menyediakan makanan dodol tersebut merupakan sebuah tradisi turun – temurun, entah zaman kapan dimulainya saya kurang tahu.

Yang jelas sudah ada sejak zaman kakek dan nenek saya.
Ngomong – ngomong anda tahukah apa itu makanan yang bernama dodol ? 


Pengalaman Menyiapkan Dodol Permintaan Gadis
Dodol yang sudah di bungkus dalam kotak Plastik
Dodol adalah makanan manis yang terbuat dari bahan – bahan seperti  santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam.


Waktu itu keluarga saya akan melamar anak gadis orang, kebetulan memang satu Kabupaten dan Gadis itu merupakan calon istri Adik saya.

Salah satu permintaan sang gadis adalah dodol sebanyak 50 KG dan kami wajib untuk menyediakannya.

Dodol sebanyak 50 Kg tersebut, kami pecah menjadi 112,5 bungkus plastik yang biasa digunakan untuk membungkus buah kurma, jadi totalnya tetap 50 kg sesuai permintaan Sang Gadis.

Untuk lebih mudahnya, maka kami membeli dodol tersebut kepada Pengusaha dodol dengan harga Rp. 35.000,-.perkilogram.

Jadi tinggal kita kalikan saja harga perkilo dengan jumlah yang ingin kita beli itu lah nilai uang yang harus kita bayar.

Ditempat saya pengusaha dodol tidaklah terlalu banyak, sebab umumnya orang lebih memilih memasak sendiri.

Namun karena tingkat kerepotan dalam membuat dodol ini, maka kami putuskan saja untuk membelinya melalui pengusaha Dodol.

Dodol yang kami pesan tersebut merk dagang yang bernama “ Dodol Berkah “ dan merupakan dodol yang memiliki kualitas yang sangat bagus menurut penuturan orang yang pernah membeli dan memakannya.

 Proses pembuatan dodol ini juga tidak terlalu lama, hanya satu hari dan besoknya bisa kita ambil.

Saat pengambilan dodolnya sudah terbungkus dengan rapi menggunakan kotak plastik yang sering digunakan untuk membungkus kurma.

Namun sehari setelah waktu pengambilan, dodol – dodol tersebut memang masih terasa lembut jika ditekan dengan jari tangan.

Biasanya membutuhkan waktu sekita tiga hari agar dodol – dodol tersebut bisa sedikit mengeras.

Kenapa Makanan Yang bernama Dodol ini harus Ada, jika Ingin Melamar Anak Gadis Orang ??

Baca “ Siap – Siap Buat Dodol Atau Wajik, jika Ingin Melamar Gadis di OKU “.

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon