24 Desember 2019

Perut Nasi : Tidak Kenyang Makan Kue Doang

Kebiasaan saya dari masa kecil yang selalu rutin makan nasi 3 kali sehari ,membuat kebiasaan tersebut tidak bisa dengan gampang dirubah hingga sekarang ini.

Kalaupun dirubah, misalnya pada pagi hari cuma makan kue atau cemilan doang, mmm...pada pukul 9 siang, perut bakal terasa keroncongan, rada – rada kruik kruik gitu, walau kue yang dimakan dalam jumlah buanyak.#ngak ngepek di Perut.



Aneh...sekali perut saya, padahal kalau dihitung – hitung kue yang saya makan itu sama banyaknya dengan nasi satu piring orang dewasa.

 Seharusnya kue tersebut sudah membuat perut saya menjadi kenyang .Tapi ternyata tidak.Perut saya masih tetap butuh suplai nasi biar terasa nendang di perut.

Karena saya sudah faham dengan perilaku usus saya, maka setiap pagi saya selalu berusaha makan nasi putih.

Walau cuma ½ Piring, namun sudah cukup membuat perut saya terasa kenyang sampai pukul 12 Siang. Tapi.... dengan catatan setelah makan nasi tersebut saya tidak BAB.

Kalau sampai BAB, yah ..... sama saja bo’ong .Perut tetap saja tidak akan bertahan sampai pukul 12 Siang.Karena isinya sudah di kuras.lolol.

Bagi sebagian orang lain, ada juga kok yang perutnya terasa tidak gampang kelaparan walau cuma minum kopi doang.

Kalau saya mah...tidak bisa cuma modal minum kopi doang, yang ada bakal kena sakit Magh.Badan jadi berkeringat dingin.Mata jadi berkunang – kunang .Endingnya masuk angin deh.Hahah.

# Maaf artikel ini sekedar curhat saja.

50 komentar

  1. Hehehe sama kaya orang tua aku kang nata 😂 sampe waktu itu anak2 aku udah makan mi bakso, trus sama kakek nenek ny tetep disuruh makan nasi krna anggapannya klo blm makan nasi blm kenyang. Pdhal cucu2nya udah pada kekenyangan.. 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....kebiasaan zaman kakek dan nenek ternyata di terapkan buat cucu-cucunya yah. Kebiasaan baik tuh Mbak. :)

      Hapus
  2. Sama kang nata, saya juga gitu orangnya. Mau makan roti, lemper, coklat berapa banyak pun kalau belum makan nasi ya masih laper...
    Mungkin karena kebiasaan ya. Soalnya dulu kebiasaan nggak sarapan, juga nggak laper sampai siang. Lah sekarang kebiasan sarapan plus nyemil😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah..tos dulu Mbak, ternyata saya tidak sendirian ngalami yang kayak gini.

      Tapi....kalau sudah makan saya ngak ngemil lagi Mbak.

      Hapus
  3. bahahahahahahaha, ya ampun ngakak.
    Padahal ya kue itu banyak karbohidratnya loh.

    Kalau saya, makan roti pun udah OK, atau mie juga ok, makan spaghety lebih lagi.
    Kadang kalau saya malas masak, saya masak spaghety aja, seharian nggak ada yang makan nasi, tapi kenyang juga.

    Tapi kalau pak suami memang kudu kena nasi dia mah, sama kayak Kang Nata, mau makan kue sepiringpun, tetep lapar kalau belom ketemu nasi.

    Mungkin memang laki-laki gitu yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sih, kue mengandung juga Karbohidrat, namun perut saya kayaknya lebih suka karbo dari nasi Mbak. :)

      Eee...Pak Su, senasib juga dng saya yah.. ? Kayaknya ngak semua laki - laki kayak gitu, ada juga yang cuma modal minum kopi doang sudah kenyang. :)

      Hapus
    2. Nah ada itu, bapak saya gitu, dia mah yang penting kopi, sama kayak bibi saya (panggilan buat kakaknya bapak saya), dia perokok berat, asal ada kopi dan rokok, nggak makan nasi seharian juga kuat, ckckckck

      Hapus
  4. Bahaya kang kalau pergi ke luar negeri yang tidak ada berasnya wkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..nah itu dia Mas. Bisa keroncongan sepanjangan perut anak Muda.:)

      Hapus
  5. Hahahaha
    Suami saya juga gitu, Kang.
    Kalau saya makan bakso itu udha pengganti makan kalau dia katanya ngemil, hanay bisa bertahan 2jam maksimal. Kalau Mie satu porsi bertahan 3jam.
    Kalau kue hanya lewat doang, hahaha.
    Jadi, biar ga jajan kalau mau keluar biasanya saya wajibkan makan dulu sebelum jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bahkan beberapa cewek juga gini nih, ipar-ipar saya juga, mereka doyan banget jajan bakso, mie ayam, dll.
      Habis itu, ke meja makan buat makan nasi, ckckckck.

      PAdahal, saya mah makan bakso ya makan namanya, bukan ngemil :D

      Hapus
  6. sepertinya itu perutnya sudah disuggesti untuk harus makan nasi, kalo bukan nasi kayak ada yang kurang, meskipun udah habis kue 10 toples, hahaha. Mungkin bisa dilatih pelan-pelan untuk nggak makan nasi, dikurangi sedikit demi sedikit, biar nggak kaget, itu kalo niatnya diet sih. Kalo nggak sih, mending udah kasih nasi aja deh, daripada perut nanti meraung-raung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....entahlah gan. Yang jelas perut bakal meraung raung kalau ngk isi nasi. Yang empu perut bakal kayak orang teler,hahaha.....

      Hapus
    2. Ha ha ha, perut meraung-raung. Ngakak dengan pilihan bahasanya. Umpama yang bagus ketika perut berbunyi tanda harus diisi. Yah, perit juga mungkin punya sirene gawat darurat harus segera beroleh suplai karbohidrat agar diam senyap lagi, hi hi

      Hapus
    3. Eh saya pernah loh kayak gini, perut bunyi-bunyi, nggak bisa tahan lapar, sayanya sih tahan, tapi perut bunyi-bunyi mulu, bikin malu aja hahahaha.

      Hapus
    4. waduh bahaya juga ya kalo udah berdendang ria, udah laper, malunya nggak ketulungan lagi, wkwkwkwk

      Hapus
  7. sama banget kang nataaaa..
    perut ku juga tipe-tipe yang kudu makan nasi. gak bisa gitu makan kue atau mie doang. langsung kambuh maag ku.. hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos Mbak, perut kita senasib sepenanggungan.hahaha...

      udah kebiasan dari kecil sih , jadinya yah sperti kita.hahaha.

      Hapus
  8. Sama banget ma saya.
    Emang susah perut kampung gini mah. Ga ketemu nasi berasa ga ketemu si dia berabad-abad lamanya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. eaaaa....!!! bisa ajah si Mbak berkata Guyon. :) Luchu deh. :)

      Hapus
  9. +62 banget tuh kang Nata. Ada lo obat tahan lapar. Seharian bisa tahan gak makan.

    Aturan pakenya diminum 3x sehari sesudah makan.
    #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apaan tuh Bang...? setahu saya cuma nasi obat lapar. :)

      Hapus
  10. Kalo dulu aku juga gitu,kalo belum makan nasi perasaan belum makan biarpun sudah makan bakso, mie ayam, gorengan 5 biji, rasanya kayak belum makan aja. Kalo sekarang..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sekarang kebalikannya yah Mas...? Ayooo...bagi - bagi tipsnya. :)

      Hapus
    2. Kalo sekarang kalo belum makan nasi masih laper aja..😂

      Hapus
  11. Seperti itulah kebanyakan orang kalau belum makan nasi serasa belum makan walaupun sudah makan kue setengah pabrik..hihihi

    BalasHapus
  12. ya, namanya orang indonesia kalau belum makan nasi belum afdol katanya ? Tapi, memang bener banget nasi itu mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga mengenyangkan perut, tapi kalau dimakan terlalu banyak bikin perut tambah buncit. Makanya kebanyakan gadis remaja menghindari nasi, khususnya nasi putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh.Gitu yah dik, Nasi ternyata bisa membuat perut jadi buncit. Saya baru tahu nih.

      Hapus
  13. Dulu banget aku juga gitu
    Terus mencoba jadi anak kosan 2 tahun di Depok, untuk kuliah lagi
    Di situ deh pola makannya berubah

    Jadi nggak terbiasa lagi makan nasi pagi hari
    Apa aja juga jadi, yang penting ada karbo nya, misal Roti, pisang+kentang, dll.

    Usahakan dirubah ya kang, pola makannya
    Memang kita mesti makan 3 kali sehari, tapi jangan nasi semua

    Nggak baik kebanyakan makan nasi. Gula nya tinggi banget
    Kalau di keluarga ada riwayat diabet, bisa kena diabet deh nanti umur 40-an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bukan nasi semua, berarti boleh campur dengan ketan yah Mas. :) hihihi.....,maklum cuma kentang dan nasi yang bikin perut saya jadi kenyang.

      Terlalu banyak mengkonsumsi nasi ternyata ngak baik juga buat penderita diabetes yak.

      Hapus
    2. Makan nasi merah Kang, mama saya sering masak nasi merah nih, lebih sehat ketimbang nasi putih :D

      Hapus
    3. Nah iya, bisa juga nasi merah. Indeks glikogenik nya lebih rendah drpd nasi putih

      Hapus
  14. Hahahaa...

    kecilnya saya jarang sarapan oom.
    Paling banter makan SRABI NDOG.

    Telor ayam yang dicampur sama balutan bahan pembuat kue srabi.
    :)

    Salam kenal oom....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kue serabi juga bikin kenyang kok, soalnya bahan dasarnya kan dari Tepung beras. :) apalagi di campur telur ayam. Mmmm...muantap.

      Hapus
  15. Kalau abis bab mah secara otomayis biasanya nafsu makan makin menggila laparnya kang hahahha

    Klo nasi emang udah ,e darah daging sih ya, sy pun bgitu, serasa ada yang kurang klo blom makan nasi, padahal sy dulu pas jaman kuliah pernah loh diet nasi selama 1 semester, hasilnya mencengangkan postur sy jadi berasa lisa blackpink hohoho, ding boong hahhahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....mungkin efek dari isi perut terkuras yah Mbak. :)hihihi

      What...!!! pernah diet.Hebat dong. :) kalau saya mah ngak bisa diet,hahaha....

      Hapus
    2. wakakakakaka, seru-seru baca komen di sini :D

      Btw, saya sebelum nikah, makannya sebaskom, makan nasi dan lauk 3 kali sehari, ngemil 5 kali sehari, tapi lenganku kayak orang kurang gizi hahaha.

      Bukan jadi Lisa blekkaleng lagi, tapi jadi Lisa cacingan hahahaha.

      Saya heran banget loh, kok bisa saya sekurus itu dulu, padahal makan saya buanyak banget, setiap makan beli nasi Padang yang porsinya kayak kuli, segala camilan enak-enak dan nggak sehat saya sikat, tapi tetep kurus, entah lari ke mana semua makanan itu.
      Sekarang dong, makan nasi 2 kali sehari, siap-siap pipi kayak bakpao :D

      Hapus
  16. Biasa pagi siang sore nasi
    Tengah malam pun yang dicari nasi lagi

    Hihihi sudah tradisi

    BalasHapus
  17. Saya barusam sarapan nasi karena lapar. Semalam sudah lapar tetapi karena mengantuk malah tidur, tahun baruan diisi dengan tidur doang, ha ha. Saat anak dan suami di rumah tetangga untuk liliwetan, saya malah mengantuk berat dan memilih lelap.
    Nasi adalah bagian dari kebutuhan saya, tetapi bisa kenyang tanpa nasi jika makan lotek, asal ada lontong atau tahunya, plus kerupuk, hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaa, ada loh yang bahkan makan lontong tuh masih kurang, harusnya nasi, tuh mertua saya, bikin ngakak aja, lontong kan juga nasi dibungkus, kenapa pula kudu cari nasi hahahaa

      Hapus
  18. Kl mau mah apa sarapan apa aja bisa kang. Secuil roti aja bisa kenyang smpe siang. Segelas susu jg bisa smpe siang kenyangnya. Nggak tau ususku nih jarang bgt lapar. Kl makan nasi dua suap aja udh kenyang bgt

    BalasHapus
  19. Selamat Tahun baru Kang Nata semoga tahun 2020 bisa kenyang hanya dengan memandangi nasi, hehehe.

    BalasHapus
  20. Sama dong kita. Apalagi saya punya maag, jadi kalau pagi harus sarapan nasi. Padahal sebelumnya udah ngunyah kue dan buah, tapi berasa belum afdol gitu kalau belum makan nasi.

    BalasHapus
  21. Wahhh berarti pola makannya harus selalu dijaga ya mas, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan

    BalasHapus
  22. Wah sudah lama tidak main ke blog kang nata, apa kabarnya kang? tampaknya artikel-artikel di Asikpedia semakin asik ya

    BalasHapus
  23. biasa perut asli Indonesia kalau perut orang jepang nggak makan sushi ama ramen nggak kenyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya makan sushi pasti kenyang, kalau ramen kadang masih lapar, nggak tahu lagi kalau makannya ramen yang enak dengan porsi banyak, mungkin kenyang banget hahaha

      Hapus
  24. assalamualaikum... selamat tahun baru 2020... maaf laa baru sempat nak datang jenguk ke blog ni... insya allah sy akan kembali fokus sama seperti sebelum ini.... harap2 tak serik utk terjah blog sy nanti ya...

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon