15 Maret 2020

MANFAAT KACANG KEDELAI UNTUK KESEHATAN KITA

Manfaat Kacang Kedelai – Beragam olahan dari kacang kedelai, bisa dengan mudah kita temukan.
Misalnya : Tempe, Kecap, Susu Kedelai, Tahu.Dan tentunya anda sebagai pengemar kacang kedelai ini sudah paham betul dengan khasiat dan manfaatnya.Tetapi bagimana dengan orang yang belum tahu ..?

Nah pada artikel ini saya akan mencoba menguraikan secara singkat tentang kacang kedelai.Kacang kedelai dengan nama latin : Glycine Max ini, dahulu asalnya di wilayah Asia Timur.Dan sekarang sudah banyak dibudidayakan diberbagai Negara.



Kandungan dari Kacang kedelai ini adalah :

-    Kalsium

-    Fospor

-    Besi

-    Vitamin A

-    Lemak

-    Protein

-    Karbohidrat

-    Air

-    Vitamin B1

-    Vitamin  C

-    Serat

-    Dll



Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh Kita :


1.    Mencegah Tulang Keropos

Salah satu manfaat mengkonsumsi kacang kedelai adalah bisa mencegah sedini mungkin tulang menjadi keropos atau yang sering kita sebut dengan Osteoporosis.Salah satu penyebab Osteoporosis ini adalah karena tulang kekurangan asupan kalsium.Sehingga kepadatan tulang menjadi berkurang.
Nah dengan mengkonsumsi kacang kedelai ini maka asupan kalsium dari bahan makanan alami bisa tercukupi.



2.    Mencegah Kekurangan Sel Darah Merah

Kekurangan pasokan sel darah merah akan menyebabkan anemia.Dengan mengkonsumsi Kacang kedelai maka kebutuhan akan sumber zat besi bisa kita dapatkan.Kandungan zat besi yang ada pada kacang kedelai bisa meningkatkan aktivitas Vitamin B12 dalam memproduksi sel darah merah,
Sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit anemia.



3.    Mencegah penyakit Kanker dan penyakit Jantung

Selain manfaatnya seperti yang diatas, maka kacang kedelai ini bisa mencegah penyakit jantung dan kanker.Kandungan Lemak  tak jenuh seperti Omega3 dan Linolenat yang ada dikacang tanah yang berperan dalam proses pencegahan tulang keropos tersebut.Jadi mulai sekarang jangan malas mengkonsumsi bahan makanan yang berasal dari kacang kedelai.


4.    Kinerja Otak Meningkat

Kekurangan zat makanan yang penting seperti kacang kedelai bisa membuat kinerja otak menurun.
Nah untuk meningkatkan Kinerja otak agar proses berpikir bisa kembali baik dan jernih, maka konsumsilah kacang kedelai.Kandungan lesitin pada kacang kedelai akan sangat mempengaruhi proses penggunaan otak sebagai alat untuk berpikir.Dan tentunya akan membuat otak menjadi encer alias cerdas.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat, semoga bermanfaat jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.

6 komentar

  1. Makanan dari kedelai selalu jadi favorit seperti tempe atau susu kedelai, kalo tahu kurang suka.

    Harganya juga terjangkau, tapi kira-kira tempe bisa ditimbun ngga ya kalo ada wabah Corona dan kota di lockdown? 🤔

    BalasHapus
  2. Kalo kita rajin makan tempe dan tahu otomatis semua khasiat ini masuk ke kita yah

    BalasHapus
  3. Wah ini minuman kesukaan saya waktu hamil si kakak ya susu kedelai, meskipun juga dikurangi karena konon juga nggak baik kebanyakan susu kedelai, tapi memang kedelai itu paling sehat deh :)

    BalasHapus
  4. Hallow kang Nata, mampir lagi disini...
    Gimana kabarnya?

    kacang kedelai memang banyak manfaatnya, enak juga di konsumsi, buat dibikin rempeyek apalagi, campur nasi terus dimakan kondisi hangat. Mantap. Jadi pengen gini aduh..haha

    BalasHapus
  5. Hallow kang Nata, mampir lagi disini...
    Gimana kabarnya?

    kacang kedelai memang banyak manfaatnya, enak juga di konsumsi, buat dibikin rempeyek apalagi, campur nasi terus dimakan kondisi hangat. Mantap. Jadi pengen gini aduh..haha

    BalasHapus
  6. Wahhh blognya gak ada di profile blogger ya mas, saya tadi ketik sendiri.. Masih inget untungnya hehehe.. Kalau ak kacang kedelai ini biasa buat minuman gitu buat kesehatan, biar tambah sehat dan kuat menjalani hari hari yang berat ini..

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon