13 Maret 2020

MANFAAT MAKAN TAPE UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat tape – Tape adalah Makanan hasil Fermentasi dari bahan makanan yang mengandung karbohidrat dengan ragi.Sumber makanan yang umumnya di buat tape adalah singkong dan ketan.

Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit, hanya menaburkan ragi pada sumber makanan yang akan dibuat tape dan menutupnya dengan rapat – rapat agar proses Fermentasi bisa berjalan dengan baik.



Tapi tahukah anda bahwa tape ini banyak manfaatnya buat kesehatan tubuh kita, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Kandungan Nutrisi Pada Tape :

-    Karbohidrat
-    Lemak
-    Kalsium
-    Protein


Manfaat tape bagi kesehatan tubuh kita :


1.    Mampu Melawan Bakteri Jahat

Manfaat tape pertama adalah kemampuan zat yang terkandung didalam tape yang bisa melawan bakteri jahat yang ada di saluran pencernaan.

Cairan Probiotik yang dihasilkan dari fermentasi antara sumber karbohidrat dan ragi, ini terbilang ampuh mengusir bakteri jahat.


2.    Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Kandungan probiotik dan asam laktat yang dihasilkan melalui proses Fermentasi, membuat tape ini bisa meningkatkan Fungsi percenaan kita.

Selain mengusir bakteri jahat, juga bisa meningkatkan peranan bakteri baik di dalam saluran perncernaan.


3.    Membuat Tubuh Lebih Hangat

Bagi anda yang tinggal di daerah puncak dan pegunungan mengkonsumsi tape pasti sangat enak sekali, sebab selain rasanya yang lezat juga bisa menghangatkan tubuh kita.

Kandungan alkohol dalam jumlah kecil yang dihasilkan melalui proses fermentasi sangat membantu anda dalam melawan udaran dingin.


4.    Meningkatkan energy tubuh

Kandungan karbohidrat yang didalam tape akan membuat perut kita mudah kenyang dan tentunya menjadi sumber energy tambahan buat tubuh kita.

Selain itu juga hasil fermentasi dari tape meningkatkan produksi Tiamin sehingga bisa merangsang dan meningkatkan fungsi syaraf dan otot.


5.    Mencegah Anemia

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab anemia adalah karena produksi sel darah merah di dalam tubuh kita berkurang.

Nah dengan mengkonsumsi tape ini akan meningkatkan kinerja Vitamin B12, yang berperan dalam meningkatkan produksi sel darah merah.

Tapi jangan mengkonsumi tape ini dalam jumlah besar, sebab suhu tubuh mudah meningkat, karena disebabkan kandungan Alkohol di dalamnya.


Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat, jika ada penulisan dan Ide yang salah saya mohon maaf.
Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon