05 Juni 2020

Asikpedia Yang Tetap Asik



Malem, sobat Asikpedia. Ehmm.. gimana ya memulainya? Duh.. jadi bingung nih mo ngomong apa. Eh, perkenalan dulu kali ya. Sebelumnya, terimakasih ama Kang Nata yang udah memperkenalkan saya, Santi Suhermina, sebagai  admin baru Asikpedia. Semoga nggak pada shock ya ngeliat saya. Haha..

Bagaimana perjalanan saya menemukan blog asik ini tentu melalui perjalanan yang berliku. Semoga suatu saat bisa menceritakannya. Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari Asikpedia meski mungkin tidak bisa menggantikan posisi Kang Nata  di hati para fans setianya. Uhuyy
Kang Nata adalah nafas Asikpedia dan siapapun paham hal itu.  Ngakak aja tetiba membayangkan asikpedia bertaburan warna pink dan ulasan tentang skincare. Hihi.. (eh, sst! saya jarang beli skincare aslinya.)
Buat saya Asikpedia adalah sisi maskulin dari seorang Santisuhermina. Lha kalo saya bahas skincare trus blog saya satunya bahas apaa? Huhu.. Biarlah Asikpedia tetap  asik seperti sedia kala. Kalau ada warna saya, saya harap itu hanya untuk memperkaya saja tanpa harus mengubah warna aslinya.
Saya biasanya nulis ala emak-emak nih, begitu masuk Asikpedia eh, bingung ini isinya bukan cuma emak-emak doang. Akhirnya nulisnya yaaa gitulah… sedikit resmi sekedar untuk menyembunyikan sisi keperempuanan saya. Duh, tapi tetep aja ketahuan. Wkwkwk

Eh, pernah lho waktu ngeshare link blog ini ke teman-teman, saya dikira mantan perokok gegara ada teman yang baca artikel Kang Nata tentang merokok. Geli. Mungkin mereka bingung eh ini ada emak-emak ternyata mantan perokok. Sampe akhirnya nama penulisnya saya gedein dikit. Maaf, ya Kang. Begitulah kalo adminnya beda gender. Hehe.. Tapi insyaAllah abis ini gak bingung lagi karena emang ada dua admin di sini.

Ohya, Beberapa waktu ini saya agak slow respon di blog ini karena alhamndullillah dapat rezeki ikutan kelas ngeblog gratis. Ditambah lagi kudu fokus ama dua naskah novel yang mau terbit di Gramedia. Rezekinya datang bareng-bareng sampek bingung bagi waktunya.

Doain keduanya lancar dan best seller ya. Syukur-syukur ada yang mo nerjemahin trus bisa terbit di luar negeri. (Ini gegara kemarin abis ngobrol ama teman yang  karyanya terbit di Amazon.com, salah satu pasar buku terbesar internasional. Dan obrolan kami sukses bikin saya kepikiran berhari-hari).

Gak papa kan ngimpi? Apalagi mimpi itu katanya harus ditulis trus minta didoain banyak orang. Ya udah, saya tulis di blog aja sapa tau ada orang baik yang doain diam-diam maupun terang-terangan. 
Hehe..  soalnya kata guru saya mimpi gak boleh tanggung-tanggung. Mumpung gratis. 

Di sisi lain kegiatan saya sebagai seorang guru SMP yang harus mengajar dari rumah, bikin HP dan laptop saya bekerja lebih keras dari biasanya. Dan itu bikin saya kayak kayak kura-kura manula kalo berurusan dengan blog. Mata sering siwer kalo keseringan liat layar HP ato laptop. Nggak bisa leluasa nulis dan BW kayak dulu lagi. Tapi ini kayaknya alesan doang sih, kenyataannya saya aja yang manajemen waktunya kacau. Tapi saya janji kok, abis ini tobat balik fokus ngeblog kayak sebelumnya. Maaf ya.
Udah ah, balik lagi ke asikpedia.

Ngomongin menulis blog jelas beda banget dengan menulis buku (apalagi penerbit mayor). Kalo di buku tidak boleh ada typo sedikit pun. Kesalahan ber-PUEBI dipandang lebih gawat dari serangan corona. Saya pernah lho dibully abis-abisan gegara salah mbedain awalan di- yang disambung ama dipisah. Nah, kalo di blog rasanya bebasss nulisss sepuassssnya. Nggak usah mikir PUEBI dan teman-temannya. Kayak bener-bener plong bebas dari penjara.
Itu pula yang saya rasakan saat membaca artikel-artikel kang Nata yang bebas virus PUEBI bikin saya senyum-senyum sendiri. Seperti tanpa beban karena menulisnya dari hati. Tapi bukankah seharusnya kita seperti itu? Tetap menjadi diri sendiri. Salut buat Kang Nata.

Untuk urusan ngeblog saya masih harus banyak belajar ama Kang Nata dan para senior yang biasa berkunjung di sini. Senang saat kita bisa menemukan banyak teman baru lewat blogwalking. Bukan hanya tulisannya tapi saya juga suka membaca komen teman-teman di Asikpedia. 

Buat saya jual beli blog bukan hanya masalah transaksional. Karena memang ada hal-hal yang tak bisa diperjualbelikan dalam hidup ini. Salah satunya jiwa yang melekat dalam  sebuah blog personal. Sejak awal bahkan sebelum memutuskan bersedia menjadi admin Asikpedia, saya sadar Asikpedia memiliki jiwanya sendiri. Dan rasanya egois banget mengubahnya menjadi ala emak-emak. Nanti nggak Asik lagi dong kalo diganti Emakpedia.com. haha.. 

Buat saya, blog adalah sarana silaturahmi, tempat kita saling beranjangsana tanpa harus keluar rumah dan acara mandi dulu. Untuk emak-emak kayak saya, menulis dan bisa membaca blog jadi hiburan tersendiri di antara urusan domestik yang nggak ada abisnya.

Karena itulah dari awal saya tidak keberatan jika Kang Nata tetap menulis di Asikpedia. Itupun jika Kang Nata masih bersedia. Jika beliau ingin memiliki blog baru dan menulis di sana saya tentu tak bisa melarang. Itu hak beliau. Namun jika ternyata Kang Nata masih mau menulis di sini, saya dan teman-teman pasti akan senang sekali. Bagi saya, siapapun pemiliknya Asikpedia harus tetap asik seperti sebelumnya. Ini bukan tentang saya atau Kang Nata. Ini tentang Asikpedia.

Ohya, mumpung masih suasana lebaran, mohon maaf lahir batin ya teman-teman. Monggo yang mampir ke sini saya suguhi hidangan virtual. Silahkan dibayangin rasanya aja ya.



Udah ah, malem. Nanti disambung lagi. Semoga teman-teman tetap setia berkunjung di blog ini meski ada dua admin di antara kita. Yang penting jangan ada dusta di antara kita.

Ngilang lagi ah.. pamit mo bobok dulu yak.

48 komentar

  1. Ditunggu ulasan skincare nya... hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kayaknya kalo bahas skincare pindah ke rumah sebelah dulu deh mbak. Haha..
      Blog ini identik dengan kang nata dan akan selalu seperti itu.
      Saya harap tidak akan banyak perubahan di asikpedia.
      Yaaah.. Penginnya sih mengalir santai aja.
      Salam kenal mbak. Senang bertemu banyak teman baru yang menyenangkan di sini.
      Terimakasih udah mampir.
      Eh, kang nata mana ya? Bentar mbak, tak tengok dulu kali aja lagi sibuk ngapain gitu di belakang. Hehe..

      Hapus
    2. Cilukkkk...baaaa.....!!! :) nih saya sedang cuci - cuci piring bekas opor di gambar diatas. :)

      Hapus
    3. Yang bersih ya, kang. Nitip punya saya dong. Haha..

      Hapus
    4. Wwwwkkk ...
      Pakai Cilukbaaa segala 🤣

      Jangan ketinggaaln tuch dandangnya sekalian digosok sampai kinclong 😅

      Hapus
  2. Met datang di Asikpedia bu Guru.. Semoga bukunya sukses baik di Indonesia atau di luar negeri.

    Hemmm... Asikpedia memang trademarknya Kang Nata, yang dengan gaya ceria dan kadang bawelnya memberi warna tersendiri bagi kami yang sering berinteraksi dengan dia. Memang ada rasa kehilangan ketika tahu terjadi pergantian admin.

    Bagaimanapun beberapa tahun yang dilewati dengan berantem, rusuh, juga tertawa bersama sangat membekas di hati. Saya yang paling sering berantem saja tetap ada rasa nelongso saat mengetahuinya.

    Tapi...

    Saya menerima kok perubahan ini. Bagaimanapun, perubahan itu sendiri merupakan kodrat di dunia. Tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri.

    Itu bagian kehidupan manusia.

    Secara pribadi, saya justru excited juga untuk mengetahui bagaimana Asikpedia akan menyikapi perubahan ini, alias strategi Mbak Santi mengelolanya.

    Memang saya agak kehilangan Kang Nata, tapi tidak berarti Mbak Santi harus terus menampilkan image Kang Nata hanya demi kesenangan teman-teman saja. Bagaimanapun hal itu justru akan membatasi keluarnya karakter Mbak Santi sebagai pengelola barunya.

    Sesuatu yang tidak diharapkan oleh saya. Bagi saya akan menarik dan bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagaimana mengubah image Asikpedia dengan perbedaan gaya yang bak bumi dan langit.

    Saya juga tidak berharap mbak Santi mencoba gaya Kang Nata karena hal itu bisa berarti menahan gaya dan karakter sendiri keluar. Padahal, seorang blogger tidak boleh membiarkan karakternya sendiri hilang dan tidak keluar di blognya.

    Jadi, bagi saya sendiri, akan sangat menarik memperhatikan blog ini di masa datang. Banyak pelajaran yang akan bisa didapat dari proses perubahan nanti.

    Tidak masalah juga kalau tiba-tiba ada ulasan tentang kecantikan atau lipstik. Toh nama Asikpedia sendiri adalah netral. Image yang ada sekarang adalah karena populernya Kang Nata di kalangan kami tapi bukan berarti Asikpedia harus selalu tetap seperti itu, dan tidak seharusnya begitu dengan pergantian pemilik.

    Soal Kang Nata sendiri, saya cukup yakin bahwa dia masih akan beredar kesana kesini di berbagai kolom komentar kami. Mungkin dia memilih menjadi "travel blogger" yang berkelana dari kolom komentar dan kolom komentar lain. Jadi, meski saat ini tidak punya blog, saya yakin dia akan tetap "ADA".

    Maaf kepanjangan.

    Akhirul kata..

    WELCOME BU GURU dan SEMOGA ASIKPEDIA MENJADI LEBIH MAJU DAN MEMBAWA BERKAH BAGI PEMILIKNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin. (Kenceng nih amiinnya) yang penting aminin dulu. tengkiu doanya mas anton.
      Adem nih saya bacanya. Betul mas. Merasa diterima saat menjadi diri sendiri pasti akan sangat berarti.
      Meski tidak mudah tentunya karena tak semua orang bisa menerima kita.
      Yang penting tetep nulis aja dah.
      Klo ada icon bintangin kayak di WA pasti udah saya bintangin deh komennya mas anton.
      Noted: menjadi diri sendiri itu penting.

      Hapus
  3. Selamattttt Malammmmm.....Cek Gu’....!

    Alhamdulillah.Akhirnya Mbak Santi alias Mbak SS’ muncul juga dengan postingan terbarunya.Yess. Saya kasih tepuk pramuka dahulu yah buat Cek GU’.....hahay.

    Di tengah – tengah kesibukan Mbak Santi , Saya tidak menyangka Mbak bakal menulis secepat ini.Dan tema tulisannya juga tidak saya sangka – sangka.Pokoke "surprise".Deh buat saya....hahaha.

    Saya pikir Judul dan tema tulisan yg akan diposting bakal berat, seperti postingan Mbak sebelumnya yang berjudul “ Tips Saat Terpaksa Mudik Di Tengah Pandemi Covid-19 “.

    Artikel tsb adalah artikel CP- yah Mbak ? hahaha.Selamat yah Mbak.Akhirnya mantan blog saya dapat job juga,huahaha.....

    Ohy, teman – teman saya kayaknya gagal faham deh tentang artikel “ Mudik “ tsb, mereka kira saya yang nulisnya, plus mungkin juga mereka mengira saya yang ngomporin orang orang pada Mudik.hahah........

    Ohy lagi......Selamat yah Mbak, udah ikut Kelas Ngeblog Gratis......dan selamat juga Buat Novel yg sudah masuk dan mau terbit di Gramedia. ( Setahu saya Gramedia itu adalah Penerbit buku Besar loh, mmmm.....hebat uyy udah bisa nembus Gramedia.... ) .

    Semoga Buku Novelnya nanti bisa bermanfaat buat orang banyak dan tentunya bakal laris manis di Pasaran Nasional dan Internasional.

    Saya jadi ngak sabaran......mau lihat dan baca buku Novelnya . hehehe....

    Tapi judul novelnya apaan sih Mbak ? jadi penasaran.

    Semoga Novelnya bukan berjudul : “ Kang Nata Jual Blog “. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koreksi saya ga gagal paham... wkwkwkwkw.. dah nebak soalnya itu bukan tulisan Kang Nata

      Hapus
    2. Maaf, kang nata udah dikira kompor. Haha..
      Makasih doanya.
      Jangan bilang mantan blog ah. Tapi yang pasti mantan terindah ya. Duh, jadi ingat lagunya sapa gitu..
      Tenang aja novelnya bukan kok. Ntar klo pake judul kang nata takut viral. Haha..

      Hapus
  4. Saya sudah banyak membaca tulisan Mbak di blog : santisuhermina.com, dari sanalah saya tahu kalau gaya tulisan kita itu, 11 ..12 .... jadi saya yakin Mbak ngak bakal susah saat terjun menulis di blog asik pedia ini .

    Saran saya sih, tulis saja sesuai dng karakter dan kemauan Mbak, Dari sejarah lahirnya blog asikpedia ini memang di setting untuk di tulisi semau dan sekehendak adminnya.Dan sekarang tongkat “ Komando “ ada ditangan Mbak.

    Cumannn......!!

    Seumpama suatu saat nanti,,,,tahu – tahu ada komentator yang nyeletuk :

    “ Hallo Kang.... !,
    “ Apa Kabar Kang ....!”
    “ Main Kelereng Yuk kang...! “
    dll...........

    Maka maafkanlah mereka, sebab mungkin mereka belum tahu kalau ternyata blog asikpedia sudah di Over Cash.hahaha.

    BalasHapus
  5. Wah kang nata semakin didepan aja nih web nya udah punya admin sendiri hahaha.. semangat kang nata dan admin nulis artikel yang bikin happy yach..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kang nata mah keren udah punya admin sendiri. Haha..

      Hapus
    2. hahaha......ini mah koment yang mengelitik saya banget,

      Mbak Vika...Mbak Vika, mbok yah dibaca tuntas toh artikelnya,biar ngak gagal faham,hahaha....

      Hapus
    3. Lha.. Apanya yang salah? Jangan2 kang nata sendiri yang gagal paham tuh. Deuhh

      Hapus
  6. Hi mba..salam kenal... Yakin deh, ke depannya asikpedia makin berwarna klo yang nulis 2 orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Sulis. Amiiin. Semoga makin berwarna yak

      Hapus
  7. apakah admin nya masih kang nata??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang.. Ditanyain nih! Mana yak orangnya? (Mungkin belum selesai nyuci piringnya.) hehe
      Masih mau jadi admin nggak kang?

      Hapus
  8. Salam kenal mba'e penguasa asikpedia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas. Senang mampir di sini. 😊

      Hapus
  9. Salam kenal dan semangat terus buat yg ngurus asik pedia biar terus asik.
    Makasih hidangan virtualnya, saya bantu2 nyuci piring virtual juga ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi nggak enak nih. Masak tamunya pada nyuci piring sendiri2. 🤭
      Salam kenal balik mas arif

      Hapus
  10. Salam kenal mbak santisuhermina admin blog asikpedia. Selamat atas novelnya yang bakal diterbitkan oleh Gramedia.
    Hallo kang Nata...
    Makasih masih bewe ke blog saya.
    Kang Nata harus tetap meramaikan dunia blogger..hehehe..

    BalasHapus
  11. Salam kenal mbak. Maturnuwun doanya. Iya yak, nggak ada kang nata nggak rame blognya 😁

    BalasHapus
  12. Tadinya waktu tau asikpedia udah pindah tangan, aku sempat nebak-nebak buah manggis kira-kira mbak SS ini serame kayak kang Nana, eh# salah 😅 kang Nata ngga ya ...

    Tau-tau tadi komentar di postku lah kok asik juga gaya nulis komentarnya ... 😄
    Terus, mampirlah aku di mari.

    Salam kenal ya kak SS.
    Perkenalkan saya blogger yang masih unyu, tapi bukan kayak penyu loh ...wwwkkk 😆🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mas himawan. Senang nih bisa kenalan ama blogger unyu. Eh, saya kok jadi keinget sapa tuh artis penyanyi yang sekarang jadi walikota. Namanya pasha unyu

      Hapus
  13. Halo Mba Santi, selamat datang di blog yang tetap asik ini.
    Etdah, ini kenapa saya yang kasih selamat datang ya? orang saya yang tamu hahaha.

    Yang jelas asikpedia akan selalu asyik bersama Mba Santi dan Kang Nata.
    Selalu ada di hati para pembacanya.

    Memang lebih baik yang umum aja dulu ya di sini, kalau warna pink sih bagus-bagus aja, orang saya pecinta pinky hahaha.

    Pokoknya, siapapun, Kang Nata atan Mba Santi, selalu bisa membawa asikpedia jadi lebih baik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Makasih mbak Rey. Sering2 mampir ke sini yak. Kita ngobrol yuk! Eh, tapi kalo ngobrolin yg pinky pindah ke rumah sebelah yak. Bukan apa2, kalo ngobrol di sini ntar yg cowok2 pada nguping nih. Bisa2 kebongkar rahasia kita. Haha..

      Hapus
  14. Salam kenal mbak Santi, Alhamdulillah ternyata mbak orangnya asyik juga seperti kang nata.

    Salut juga buat Bu Santi, sebagai guru tapi masih tetap semangat ngeblog. Begitu juga dengan menulis novel. Semoga novelnya bisa beredar di luar negeri ya mbak, apalagi sekarang kan ada internet.😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin. Tengkiu doanya mas agus. Kemarin sempet malu sih mo nulis ini. Tapi karena udah di hipnotis duluan klo doa yang ditulis tuh bakal diaminin banyak orang. Ya udah muka tembok nulis aja.
      Lagian ada yg bilang kalo gak ada yg ngetawain mimpimu, berarti mimpimu kurang besar. Hehe..
      Terimakasih udah mampir

      Hapus
    2. Aku sebenarnya kemarin kemarin mau komentar juga malu, cuma karena sudah kenal kang nata jadinya komen juga.😅

      Hapus
  15. jangan ada dusta diantara kita bertiga ya tsahhhh ahahaha
    selamat datang mba santi di asikasikayee alias asikpedia. bahas skincare aku demen kok mba hehehe, bahas makanan apalagi
    jadi penasaran sama bukunya yang bakal nongol di tokbuk nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo bahas makanan hayuk mb. Syuka aku. Apalagi klo gak cuma diajak bahas tapi disuruh ngicipin juga. Uwow.. Malah semangat akuuh. Serius!

      Hapus
  16. halo mbak santi
    terlepas dari siapapun empunya, saya senang dengan blog ini
    dan saya yakin mbak santi juga akan memberi warna asyik seasyik nama blog ini
    wah saya harus banyak belajar juga dari mbak santi

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas ikrom, jangan bosen2 main ke sini yak.
      Belajar apa? 😭 Gak keliru mas? Kebalik nih. Huhu.. Angkat aku jadi muridmu aja biar gak beban aku.

      Hapus
  17. Alhamdulillah... dpet kenalan baru lagi.. salam kenal ya Bu guru, tulisannya ngalir banget, bikin nyaman yg baca.. Yah saya yg notabenenya sebagai pengunjung baru cuma bisa berdoa yg terbaik buat keduanya.. Aminnn (Amin yang paling serius) kaya lagu Nadin Amizah.

    Semangat buat buku barunya yah....
    Dan buat kang Nata, aduhh saya nggk biasa manggil orang pke sebutan "kang". Saya ganti aja yah.. "Mas Nata". Hehe

    Buat Mas Nata semoga masih tetep bisa mondar mandir yah tulisannya, yah walaupun nggk dalam bentuk tulisan artikel. Tapi komen yah nggk papa... Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Makasih mas bayu.
      Iyaa. Gpp kok dipanggil mas (jubir kang nata nih) kan mas lebih mahal. Beberapa tahun lagi malah lebih mahal lho. Simbah saya tuh sukanya nyimpen mas

      Hapus
  18. Halo, salam kenal Mba Santi :D

    Pertama-tama saya mau bantu mengaminkan mimpi mba Santi dulu, siapa tau betulan bisa terbit di Amazon seperti buku temannya mba :3 dan yang ke dua, saya takjub karena disela kesibukan mba yang notabene guru SMP (saya tau banget bagaimana ribetnya harus urus kegiatan "sekolah dari rumah" karena Corona), mba tetap bisa menulis di blog Asikpedia dan say 'hi' ke teman-teman lainnya :>

    Semoga Asikpedia semakin asik ke depannya ya mba, dan semoga mba Santi bisa tetap menulis dengan ciri khas mba terlepas dari fakta bahwa admin Asikpedia sebelumnya adalah Mas Nata yang memang punya ciri khas tersendirinya :D all in all, ditunggu tulisan-tulisan berikutnya (ps: it's okay untuk menulis soal skincare juga) ehehehehe. Sehat-sehat untuk mba Santi dan mas Nata :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus kasih mas creameno. Namanya bikin saya laper. 😁 suer.

      Hapus
  19. Hai Kak Santi yang juga kelihatannya memiliki atmosfer ceria seperti Kang Nata dan sepertinya Kak Santi ini Bu Guru ceria yang diidolakan banyak siswanya.

    Salam kenal ya Kak...

    Semoga bisa seasyik Kang Nata, eh kalau bisa lebih asyik dari Kang Nata, secara gitu lho... Adminnya Kang Nata, harus keren...

    Hehe... Kang Nata mah keren udah punya admin sendiri, inid mah boro-boro... >,< Kagak punya, makanya dunia melihatku suka tersendat-sendat di jalan.

    Duh... aku pengen ketawa deh soal rokok, apalagi Kak Santi Bu Guru, wadidaw... dikira Bu Guru merokok nanti.

    Sekali lagi, selamat dan semangat ya Kak Santi dan Kang Nata. Stay safe and healthy.

    Semoga bisa tetap berbagi pengetahuan untuk siswa-siswanya meski harus belajar di rumah aja.

    Semoga Kang Nata bisa entah ngapain ya? Ya intinya bisa semakin produktif aja ya Kang.

    BalasHapus
  20. Terima kasih mbak einid. Amiin. Makasih doanya. Doanya balik buat mb einid dan keluarga ya. Jangan bosen2 mampir ke sini. Ntar aku suguhin masakan virtual lagi deh.
    Haha.. Iya, bu gurunya ternyata mantan perokok. Wkwkwk

    BalasHapus
  21. moon maaf kang nata itu di akhir postingan gambar ketupat kok jadi meleleh pengen makan wkwkkwkw

    BalasHapus
  22. Halo mbk santi😁, baru sempet menyapa secara langsunh di tulisannya yang ditulis mbk santi.
    Wah.. Mbk santi penulis buku ya.. saya doain bukunya laris manis dan bisa terbit di amazon juga. Asikpedia ala emakpedia ya😁

    BalasHapus
  23. Luar biasa sekali, penulis novel dan mau terbit. Nulis di banyak blog, dan dari komentar2 diatas, banyak penggemar. Semoga makin sukses kang, eh, mbak. :)

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon