25 November 2020

Alasan Mengatur Keuangan itu Penting untuk Sebuah Bisnis

Salah satu aturan pertama untuk menjadi seorang pengusaha adalah Anda harus bisa menjadi pengatur keuangan yang baik. Anda harus bisa memisahkan keuangan bisnis dan pribadi Anda. Poin-poin di bawah ini bertujuan untuk menjelaskan mengapa mengatur keuangan itu amat penting untuk bisnis Anda.



Alasan Mengatur Keuangan Bisnis itu Cukup Penting

Akuntansi pada dasarnya adalah catatan aktivitas keuangan bisnis. Buku besar perusahaan adalah tempat akuntan dan pemilik bisnis kecil dapat melacak pendapatan dan pengeluaran operasi harian bisnis.

Catatan akurat tentang keuangan bisnis dapat membantu Anda mengelola hutang, keuangan dan memahami arus kas. Berikut alasan penting mengatur keuangan dalam sebuah bisnis itu penting :


1. Menghindari Masalah Hukum

Menyimpan catatan keuangan yang akurat membantu mengikuti hukum bisnis yang biasanya berlaku. Mengabaikan detail kecil pada keuangan dapat berdampak besar pada pengelolaan pajak Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu memahami biaya apa yang harus dipotong, berapa banyak pajak yang harus dibayar dan kapan harus membayar pajak tersebut.

Pencatatan keuangan yang buruk dapat menyebabkan bisnis Anda diaudit dan dapat membuat Anda berada dalam masalah hukum yang tidak perlu.


2. Mudah Dalam Membuat Anggaran

Menggunakan catatan keuangan dan memahami arus kas dapat membantu Anda membuat anggaran dan anggaran itulah yang membuat bisnis Anda tetap berjalan. Anggaran memberi Anda pandangan terkini tentang kondisi keuangan dan membantu Anda mengarahkan bisnis ke arah pertumbuhan dan perkembangan yang bagus di masa depan.

Catatan keuangan memudahkan Anda dalam membuat anggaran pendapatan bersih, pengeluaran, tujuan dan anggaran dana tak terduga. Anda harus memperhatikan semua hal-hal di atas untuk mengelola bisnis Anda. Jadi, merupakan hal yang penting untuk terus memeriksa rencana awal Anda dan menyesuaikannya seiring berjalannya waktu.

Akuntansi yang baik menyiapkan blueprint untuk manajemen bisnis dan menawarkan landasan yang kokoh untuk stabilitas dan kesuksesan.


3.Menganalisis Kinerja

Pemilik bisnis yang sukses selalu memeriksa untuk melihat bagaimana bisnis mereka berjalan. Bisnis dapat menilai posisi keuangan  dengan melihat catatan kewajiban dan aset historis dan terkini serta catatan keuangan lainnya. Seorang pemilik bisnis dapat menggunakan informasi ini untuk mengukur bagaimana kinerja perusahaan.

Catatan pengaturan keuangan adalah sarana untuk belajar dari kesalahan masa lalu dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang perencanaan bisnis di masa depan yang lebih menguntungkan. Mengetahui posisi keuangan Anda saat ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi area pertumbuhan baru yang membantu Anda mencapai laba.


 4. Mengembangkan Strategi

Manajemen akuntansi dan keuangan yang baik pasti mengarah pada strategi yang baik. Setelah Anda mengembangkan anggaran dan menganalisis data secara menyeluruh, akan lebih mudah untuk memiliki pemahaman yang lebih baik dalam mengembangkan strategi dalam mencapai keuntungan Anda.

Memiliki catatan keuangan dalam sebuah bisnis adalah peta Anda untuk mengembangkan dalam meraih profitabilitas bisnis Anda.

Jika Anda ingin menemukan aplikasi pengatur keuangan terbaik, maka Anda bisa percayakan kebutuhan Anda tersebut dengan menggunakan aplikasi Buku Kas. Hanya aplikasi Buku Kas yang bisa mengatur keuangan bisnsi Anda dan mencatat segala laporan hutang, piutang, pengeluaran dan sebagainya.

1 komentar

  1. aku sedikit banyak belajar juga dari temen aku yang memulai bisnis cafenya. memang penting banget buat memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, apalagi dalam bisnis bisa aja berpartner dengan rekannya yang lain, jadi biar ada track history juga untuk cashflownya

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon