23 Maret 2021

Inilah Bahan Dasar Cincin Tunangan Selain Emas yang Bisa Kamu Pilih

Seperti yang kamu tahu, cincin tunangan identik dengan cincin emas. Namun, apakah bisa jika kamu tidak ingin menggunakan cincin dari bahan dasar emas? Jika kamu ingin menggunakan cincin tunangan yang bukan emas tentu saja bisa. Hal ini karena ada bahan dasar cincin selain emas yang cocok digunakan sebagai cincin tunangan.



Nah, bahan dasar cincin apa saja selain emas yang cocok digunakan sebagai bahan dasar cincin tunangan? Nah, di bawah ini ada beberapa bahan dasar cincin tunangan selain emas yang bisa dipilih.

4 Bahan Dasar Cincin Tunangan Selain Emas : 

1. Perak

Perak atau silver adalah salah satu alternatif bahan dasar cincin selain emas. Selain itu, biasanya cincin emas perak digunakan untuk pasangan muslim, karena si pria tidak boleh menggunakan perhiasan yang terbuat dari emas.

Untuk keunggulannya, sama halnya dengan emas, cincin perak sangat mudah ditemukan dan harganya pun lebih terjangkau dari cincin berbahan dasar emas. Oleh karena itu, kamu bisa membeli cincin tunangan berbahan dasar perak di toko atau butik perhiasan manapun.

Selain itu, cincin yang terkenal ringan dan memiliki tampilan putih berkilau ini memiliki banyak varian model yang bisa kamu pilih. Sehingga, kamu bisa memilih modelnya sesuai dengan keinginan kamu.

Sayangnya, jika kamu memilih cincin tuangan perak, kamu perlu merawatnya dengan baik. Hal ini agar cincin perak kamu tidak mudah tergores dan warna cincin tidak mudah pudar.

2. Titanium

Selain perak, kamu juga bisa memilih cincin dengan bahan dasar titanium. Titanium sendiri sebenarnya bukanlah jenis logam mulia, tetapi cincin titanium sendiri sekarang ini banyak di minati.

Hal ini tentu saja karena kelebihan dari titanium. Di mana titanium memiliki daya tahan yang kuat. Untuk itu, cincin titanium tidak mudah rusak karena berbagai faktor, seperti zat klorin maupun air laut. Kemudian, titanium adalah logam yang tidak mudah berkarat sehingga penggunaan cincin tunangan titanium tidak akan membuat alergi.

3. Platinum

Kemudian, ada juga bahan dasar cincin tunangan berupa platinum. Platinum sendiri memiliki warna alami berupa putih. Untuk itu, jika kamu ingin menggunakan cincin tunangan yang berwarna putih, sebaiknya pilihlah cincin tunangan berbahan dasar platinum.

Kenapa begitu? Hal ini karena cincin putih yang berasal dari emas putih lama-kelamaan warnanya akan memudar. Di mana emas putih yang memudar, warnanya akan berubah menjadi emas kuning.

Namun, kamu perlu tahu, karena cincin tunangan platinum itu lebih kuat dan tahan lama, harganya cukup tinggi. Untuk itu, bagi kamu yang ingin membeli cincin tunangan platinum harus memperhatikan budget yang kamu miliki ya.


4. Palladium

Nah, ada pilihan bahan dasar cincin tunangan yang lain nih, yaitu palladium. Palladium merupakan logam perak putih.

Cincin palladium memiliki warna putih yang murni sehingga cincin palladium mirip dengan cincin emas putih maupun platinum. Namun, perbedaannya adalah cincin palladium tidak mengandung emas, dan cincinnya jauh lebih padat dibandingkan dengan cincin platinum.

Nah, soal harganya, cincin berbahan dasar palladium cukup terjangkau. Meskipun demikian, cincin tunangan palladium memiliki beberapa keunggulan.

Pertama, palladium merupakan bahan anti gores sehingga cincin palladium pastinya tidak mudah tergores atau rusak. Kemudian, cincin palladium warnanya tidak mudah pudar.Terakhir, cincin palladium ini sangat ringan dipakai dan tidak menimbulkan alergi.

Meskipun demikian, tentunya cincin palladium ini memiliki kekurangan. Di mana kekurangannya adalah dari segi model. Model cincin tunangan palladium sendiri sangat terbatas.

Itulah beberapa bahan dasar cincin tunangan yang bisa kamu pilih. Nah, jika kamu sedang mencari cincin tunangan couple dengan kualitas terbaik dan model terbaru atau bahkan model custom, kamu bisa mengunjungi butik perhiasan yang bernama D&Co.

3 komentar

  1. ternyata banyak macemnya ya, aku taunya cuman perak aja selama ini

    BalasHapus
  2. Saya dulu gak pake acara tunangan nih. Cuma lamaran langsung nikah aja. Dan gak pake cincin lagi. Huhu..

    BalasHapus
  3. Dulu aku Ama suami milihnya ttp emas. Tp setelah tahu laki2 ga boleh memakai emas, akhirnya cincin suami dilepas, aku simpenin aja. Rencana memang mau ganti Ama bahan lain, kami dr dulu tertarik Ama titanium mas, Krn itu memang kuat sih. Tp blm sempet2 mau ganti cincin :D . Ga terlalu mendesak juga sih.

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon