20 Maret 2021

Merencanakan Liburan Di Rumah Saat Cuti Bersama

 

liburan di rumah


Libur telah tiba!

Libur telah tiba!

Libur telah tiba!

Hore, hore, hore

Lagu Tasya ciptaan Pak A.T Mahmud ini punya arti mendalam bagi anak-anak sekolah. Bagaimana tidak, libur sekolah adalah sesuatu yang menyenangkan. Hehe..saya dulu pun begitu. Bahkan saat mendapat kalender di tahun baru, pertama kali yang dihitung adalah berapa jumlah tanggal merah di tahun itu. Ada nggak yang samaan ya yang suka ngitung-ngitung tanggal merah di kalender?

Dulu sih saya kalo liburan gak ribet. Paling mudik ke rumah nenek, mandi ke sungai, mainan di sawah udah seneng banget. Gak perlu ke tempat-tempat wisata mahal. Meski banyak juga keluarga yang memilih travelling atau staycation ke hotel atau villa dengan view yang menarik.

Nah, masalahnya musim pandemi sepertinya masih enggan pergi. Hal ini membuat kita lebih aman berlibur di rumah saja. Travelling jarak jauh rasanya belum ideal dilakukan dalam waktu dekat. Banyak kok hal yang bisa kita lakukan di rumah selama cuti bersama.

1. Bermain kartu. Ada banyak permainan kartu yang bisa dimainkan di rumah seperti misalnya monopoli, kartu uno, bermain ular tangga dan lain-lain. Seluruh anggota bisa ikut permainan ini. Bagus lho bisa membuat bonding antar anggota keluarga makin kuat. Jika selama ini waktu kita habis untuk kerja, maka liburan adalah saat yang terbaik untuk menghabiskan waktu seharian bersama keluarga tanpa diganggu masalah pekerjaan.

 2. Nonton streaming. Siapa nih yang suka drakor? Sekarang saya udah insaf nih gak mau nonton drakor lagi. Takut ketagihan. Hehe.. tapi kalo pas liburan kayak gini boleh aja memanjakan diri dengan nonton youtube, nexflix atau aplikasi lainnya. Tapi ingat ya pilih tayangan yang berkualitas karena otak kita hanya boleh diisi dengan hal-hal yang positif. Liburan bukan berarti bertoleransi dengan hal-hal sampah.

3. Membuat kerajinan tangan. Ada banyak tutorial di youtube yang bisa kamu tiru. Misalnya membuat boneka, kerajinan dari barang bekas, atau benda lainnya. Selain untuk mengembangkan kreatifitas, kamu juga bisa memanfaatkan benda-benda yang tidak terpakai, siapa tahu ada yang tertarik dan mau membelinya. Jadi peluang bisnis, kan?

mengisi liburan

4. Melakukan hobi. Saya suka membaca. Saat libur adalah waktu terbaik untuk membaca buku-buku yang terlanjur dibeli namun belum sempat terbaca. Entahlah, setiap kali pergi ke took buku saya selalu tak bisa menahan godaan untuk membeli buku. Meskipun yaaah.. susah sekali saat ini meluangkan waktu untuk hal yang satu ini. Selain membaca saya juga suka melukis. Bahkan dulu saat sekolah saya sering menjual lukisan hanya dengan semangkok bakso. Eh, tapi seneng lho. Setidaknya uang saku saya saat itu utuh karena jatah bakso sudah ada yang membelikan. Hehe.. Nah, saat liburan saya kadang-kadang suka melukis.

 6. Memasak. Siapa nih yang kalo liburan jadi makin ‘berisi’? hehe.. memasak adalah kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan bersama keluarga. Bikin masakan bareng-bareng trus dimakan bareng-bareng tuh rasanya menyenangkan banget. Coba deh cari resep favorit di cookpad atau liat tutorial masak di youtube.

7. Menata ulang rumah dan mendekorasi tempat tidur. Kegiatan seperti mengecat rumah, mengganti posisi tempat tidur, memasang ambalan, dan menghias kamar dengan pernak-pernik lucu bisa membuat hari-harimu menyenangkan lho. Kamu akan merasa seperti berada di tempat yang baru. Suasana baru ini bisa membuat moodboostermu meningkat dan jadi lebih bersemangat.

 8. Berkebun. Jika punya halaman yang luas kamu bisa berkebun dan melupakan stress karena tak bisa liburan kemana-mana. Semasa pandemi, kegiatan berkebun menjadi salah satu kegiatan favorit baru banyak orang saat di rumah. Tetangga saya banyak tuh yang mendadak jadi penjual tanaman hias gegara banyak orang punya hobi tanam-tanam. Kalau kamu tidak punya lahan yang luas bisa memanfaatkan tanaman gantung atau polybag.

Nah, gimana nih udah nemu aktifitas yang cocok nggak buat nemenin kamu liburan saat cuti bersama nanti?


1 komentar

  1. Hhahaha, samaan kang, dulu waktu aku masih kecil juga kalau liburan mandi di sungai, main di sawah, main di kuburan, main ke desa sebelah gitu udah seneng bgt, ga perlu traveling jauh dan mahal hihihi, berarti masa kecil kita terselamatkan ya kang, ga kenal hp dan menyatu dengan alam hihihi, hemat pula

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon