03 Juli 2021

Kenapa Harus Memilih Ruangbelajar by Ruangguru Saat Belajar Online?

 

Hai sobatpedia, masih semangat belajarkah hari ini? Sekolah anak-anak masih daring nih karena belum berani tatap muka. Sebenarnya anak-anak sudah rindu sekolah tapi kondisi belum memungkinkan untuk belajar offline. Di era pandemi seperti saat ini, pembelajaran daring menjadi solusi terbaik bagi guru dan orangtua.

Terlepas pro kontra serta plus minusnya, belajar daring seolah menjadi kebutuhan untuk memecah kebuntuan pembelajaran karena dampak Covid 19 yang hingga kini belum juga berakhir. Pelan tapi pasti, segala aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan bimbingan belajar pun beralih menjadi moda daring. Mau tidak mau, anak-anak harus menggali ilmu dari berbagai platform pembelajaran online yang semakin banyak pilihannya di internet.

Salah satu platform pembelajaran daring yang murah dan berkualitas adalah Ruangbelajar by Ruangguru. Eksistensi Ruangguru yang menjadi pionir belajar daring yang hadir sebelum pandemi semakin mengambil peran penting di era digitalisasi seperti saat ini. Semakin banyak pelajar yang mengakses platform ini karena menawarkan banyak kemudahan dan fleksibility. Berbagai fasilitas dan fitur yang ditawarkan menjadikan proses belajar siswa semakin menyenangkan dan hasilnya juga tidak mengecewakan.

Kehadiran Ruangguru dengan produk ruangbelajar juga dirasakan manfaatnya oleh para orang tua yang memiliki banyak keterbatasan dalam mendampingi anaknya dalam belajar. Demikian halnya bagi para guru di sekolah, adanya ruangbelajar ini menjadikan mereka harus lebih kreatif dan terus dituntut untuk terus meng up grade kompetensinya agar terus up to date,  dan variatif.

Hari ini saya sedang bahagia karena salah satu anak didik saya Fatihah Huda yang baru lulus dari kelas 12 akhirnya diterima di ITS Jurusan Teknik Fisika melalui jalur seleksi UTBK tahun ini. Awalnya Huda gagal masuk lewat SNMPTN namun ia tidak menyerah. Ia mendaftar dan menggunakan fitur-fitur di ruangguru sampai akhirnya ia berhasil lulus seleksi. Saya bangga dong!

Ruangbelajar di sini asyik dan menyenangkan karena ada banyak video pembelajaran animatif, beragam latihan soal, dan rangkuman infografis dari materi yang dipelajari yang bisa di download dan tidak menghabiskan banyak kuota internet. Cocok buat yang lagi ngirit kuota. Bahkan ada kok video pembelajaran yang bisa diakses secara offline sehingga anak-anak tetap bisa belajar meski tidak sedang terhubung dengan internet. Untuk berlangganan Ruangbelajar pun, tidak sampai membuat kantong kering karena beragam diskon yang bisa dimanfaatkan.


Dengan fasilitas video pembelajaran yang kekinian, anak-anak merasa lebih mudah memahami konsep dan menjadikan mereka lebih siap saat ujian. Para orang tua juga bisa memantau progres belajar anaknya dengan cukup mengetik “Raport Anak” yang dikirimkan ke whatapps Ruangguru untuk mendapatkan raport anak secara komprehensif.

Ada banyaik fitur yang disediakan Ruangbelajar ini seperti misalnya ruangguru PET, ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak, bank soal, laporan belajar dan fitur terbaru yang rulis bulan Juli kemarin. Nah, fitur baru itu antara lain: 

  • Adapto, berisi tentang video interaktif dengan materi yang bisa dipilih anak-anak sendiri. Dengan fitur ini mereka bisa belajar sesuai kecepatan yang mereka mampu. 
  • Rencana Belajar (Playlist Belajar), fungsinya untuk memberikan rencana pembelajaran sesuai dengan timeline atau agenda sekolah.
  •  Transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran. Di sini mereka bisa melihat konten dengan lebih detil. 
  • Fitur Pencarian berguna saat mereka ingin mencari materi pembelajaran yang mereka butuhkan dengan cepat. 
  •  Pet Mission adalah fitur semacam game online yang berupa misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. 
  • Tes Minat Bakat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Dengan mengikuti tes ini mereka bisa lebih mudah untuk memilih karier di masa depan.

Nah, dengan berbagai fitur di atas anak-anak akan lebih mudah memahami materi sehingga meski hanya belajar dari rumah mereka tetap bisa belajar tanpa takut tertinggal lagi. Dengan harga yang murah tapi berkualitas membuat saya sebagai orang tua tidak ragu-ragu untuk merekomendasikan Ruangbelajar by Ruangguru untuk anak-anak.

 

3 komentar

  1. Keren banget emang ruang guru ini ya mbaa.. semakin berinovasi untuk membantu mencerdaskan anak bangsa...hehehe

    BalasHapus
  2. Keren sekali anak didiknya mba santi nih. Memang ya media belajar yg makin beragam memfasilitasi gaya belajar anak yg bemacam macam seperti adanya ruangguru ini

    BalasHapus
  3. anakku juga belajar via ruangguru ini, Mba. Senang deh ada aplikasi ini, sangat membantu anak dan orang tuanya di masa pandemi ini

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon