30 Juli 2017

Kok Artikel Lama Tampil Di Home Setelah Di Edit Ulang

Akibat pergantian template baru dari Template Sinensis menjadi Template Dunia Blanter, menyebabkan tata tulisan di Blog Asik Pedia menjadi tidak enak dipandang.

Misalnya :  tulisannya terlalu kecil dan Sub Judul menjadi lebih mepet dengan tulisan yang diatasnya.

Sehingga diselang waktu senggang saya coba – coba edit semua tulisan dan gambar pendukung artikel.

Kok Artikel Lama Tampil Di Home Setelah Di Edit Ulang

Tujuannya sederhana agar pembaca saat membaca bisa lebih fokus pada Tulisan.

Nah….setelah tulisan di edit satu persatu, memang terjadi sebuah ke janggalan, yaitu artikel tersebut tidak kelihatan lagi di Dashboard Blogger di bagian  “ Entri “ setelah di klik “ diperbarui “.

Namun tidak saya begitu pedulikan, toh,,,,artikelnya tidak hilang, pikir saya.Sehingga proses edit tulisan dan gambar2 pun berlanjut hingga mencapai sekitar 25 Artikel.

Namun setelah saya klik bagian “ Home “ pada blog saya ini, maka saya cukup terkejut, sebab semua tulisan lama saya keluaran tahun 2016 lalu, muncul semua di halaman utama blog ( bagian Home ).

Dan tanggal publikasinya juga sudah berubah sesuai tanggal saat di Edit Ulang, sehingga nampak seperti artikel terbaru, padahal tulisan tersebut adalah tulisan lama.

Mengapa semua ini bisa terjadi ?...... saya kurang tahu penyebabnya, padahal kemaren – kemaren saat edit artikel lama lalu di publikasikan tidak terjadi hal seperti itu.

Kemudian esok harinya saya ulangi lagi edit – edit tulisan untuk memperbesar tulisan dan memperkecil gambar – gambar dengan cara yang sama seperti kemaren itu.

Untuk test kembali apakah kejadian “ Aneh  “  itu akan terjadi lagi.

Namun….. artikelnya tidak nampil di Home, masih nampil di pos – pos mereka masing – masing alias normal – normal saja.

Rasa penasaran membuat saya mencari penyebabnya di Mesin pencari Google, akan tetapi hasilnya NIHIL sebab tidak ada artikel yang membahas penyebab artikel setelah di Edit bisa tampil di Home blog.

Dugaan awal hanya terjadi ke eror’an pada waktu itu, bukan karena artikelnya sering di edit – edit.

Kalau seandainya kejadian tersebut bisa terulang, saya rasa lebih enak sebab saya tinggal edit ulang artikel yang sepi pengunjungnya lalu klik “ PERBARUI “ maka, muncullah seperti artikel terbaru di Blog Asik Pedia.

Sehingga Pembaca akan menerka ada artikel baru, padahal tulisan tersebut adalah tulisan tahun 2016.

Apakah Pembaca Tahu akan penyebabnya ?

Catatan  : 

Ciri – ciri artikel lama saya adalah selalu menuliskan kata “ Demikianlah artikel singkat ini dibuat, semoga bermanfaat jika ada kesalahan pada ide dan Penulisan saya mohon maaf. “ pada akhir tulisan saya paling bawah.


14 komentar

  1. Saya jg pernah seperti itu, karena merasa aneh saya ganti template aja yg baru. Dan lucunya pasti setiap ganti2 template, ada aja PR untuk perbaikan blog. Dan skrg saya memilih istirahat dulu deh buat ngegalau gunta ganti template

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...bicara masalah gonta - ganti template... saya ingat waktu belajar ngeblog tahun 2015 dulu....dalam satu bulan sering ganti2 baju/template untuk blog saya.

      Abiss waktu itu cari yang paling kerenn....hingga sekarang ini saya lebih menyukai template yang lebar dan minimalis saja.

      namun...kejadian yang saya tulis diartikel diatas sdh tdk terjadi lagi, jadi aman... :)

      Hapus
  2. Masalah pada blog saya sudah dua bulan ini tidak muncul di daftar bacaan, sehingga teman-teman dalam daftar ikutan tidak pernah tahu ada post terbaru dari blog saya
    ini membuat saya sedih dan bingung
    dicari di google solusinya pun tak ada

    BalasHapus
  3. related Pos yang sering dibawah postingan artikel atau artikel terbaru, maksudnya Mbak... ?

    kalau di blog saya ini yang mana.. ? soalnya template kita berbeda Mbak....

    kalau artikel terbaru di Sidebar , yang dibawah popular post ( banyak dibaca ) di blog saya ini, itu harus nambah widget, namun kalau related post itu biasanya dibagian edit HTMl....

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel terbaru saya tidak muncul di daftar bacaan, di draft teman-teman yg mengikuti blog saya Kang

      Hapus
  4. Maksudnya....pembaca yang berlangganan artikel kita, ( Subscribe Us yang menggunakan email itu ) ?? artikelnya saat kita posting tidak muncul di tempat mereka, seperti itu yach maksudnya ... ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lewat email dapat pemberitahuan,
      maksdnya yg mengikuti blog saya tdk dpt pembaruan artikel atau post terbaru lewat daftar bacaan blog

      Hapus
    2. yg memfollow blog saya maksdnya tdk dapat pembaruan post terbaru dari daftar bacaan

      Hapus
    3. mmm...sepertinya widget / gadget lama itu tdk cocok dng template baru Mbak...coba buat ulang dengan memasang kembali widgetnya dengan memasang " TAUTAN BERLANGANAN " BUKA di tata letak blogger.

      Hapus
    4. Coba lihat saran saya komentar dibawah...

      Hapus
  5. Ganti template rupanya, sauasana baru kadang memang perlu.

    BalasHapus
  6. Saya juga sering edit postingan lama kang, apalagi yang alay-alay, sungguh ku maluuuhh hahahaha.
    Tapi Alhamdulillah nggak pernah aneh sih, saya cuman edit isinya saja, susunan katanya, tambahin gambar dan keterangan gambar, kalau url ya tetep, waktu juga tetep.

    btw, iya juga ya beberapa artikel kang Nata yang lama beda ujungnya dengan artikel sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihih....itu ciri khas artikel lama Mbak, setelah disarankan teman,akhirnya saya rubah,biar ngak kayak Pidato.hkhkhk...

      Hapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon