14 Maret 2020

MANFAAT SAYUR KOL UNTUK KESEHATAN TUBUH MANUSIA

Manfaat Sayur Kol  - Sayur Kol sering kita sebut juga dengan sayur kubis dan tentunya memiliki banyak manfaat buat kesehatan kita.Sayur kol yang terbilang tidak terlalu mahal ini bisa kita gunakan sebagai penambah makanan kita.Dan sering dicampurkan kedalam masakan seperti, sayur asem.

Tanaman yang hanya bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi ini, bisa juga digunakan sebagai campuran untuk membuat tahu bunting.Nama latin kol atau kubis ini adalah Brassica Oleracea dan dahulunya berasal dari Eropa, dan sekarang banyak di budidayakan di banyak Negara.



Ketenaran akan sayur kola tau kubis ini tidak lepas dari kandungan penting yang ada di dalamnya.
Seperti :


-    Karbohidrat

-    Protein

-    Kalsium

-    Vitamin C

-    Vitamin K

-    Mangan

-    Kalium

-    Vitamin  B6

-    Folat

-    Vitamin B1

-    Posfor

-    Zat besi

-    Dll


Manfaat Sayur Kol atau Kubis bagi kesehatan keluarga anda :


1.    Sebagai Sumber Antioksidan

Salah satu peranan penting dari sayur kol adalah sebagai antioksidan alami.
Dan anti oksidan ini sangat penting dalam menangkal radikal bebas, sebab kandungan yang bernama fitonutrein ini menjadi pendukungnya.Sehingga bisa menghindarkan diri kita dari penyakit berat seperti kanker.


2.    Mengatasi Anemia

Salah satu keunggulan lain dari sayur kol ini adalah bisa mengatasi anemia.

Kandungan zat besi yang ada di dalam sayur kol, bisa membantuk dan mencukupi kebutuhan akan sel darah merah.


3.    Baik untuk kesehatan Otak

Selain bisa mengatasi gejala anemia dan sebagai sumber antioksidan, sayur kol atau kubis ini juga bisa untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja otak kita.

Kandungan zat antosianin dan vitamin K, yang ada pada sayur kol bisa meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak kita agar maksimal.


Selain itu juga sayur kol ini bisa meminimalisir kerusakan syaraf pada otak kita,sehingga terhindar dari penyakit Alzhemier.


4.    Menjaga Kepadatan Tulang

Selain untuk anti inflamasi ( anti peradangan ) sayur kol atau kubis ini juga bisa menjaga kesehatan tulang kita agar terhindar dari Osteoporosis.


Hal ini dikarenakan sayur kol juga mengandung sumber kalsium, magnesium dan kalium.Sehingga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang kita.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat, jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.

1 komentar

  1. Waoo ini sayur yang kontroversial sih, banyak yang bilang jangan kelewat sering makan kol, karena dia itu menghasilkan gas, kalau saya seringnya bikin kol buat campuran telur goreng, bikin mie goreng, rasanya pelengkap banget deh kalau ada kol :D

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon