25 Juni 2021

Cara Meningkatkan Skor “Listening” IELTS

Bagian listening atau mendengarkan pada ujian IELTS dikategorikan sebagai bagian yang termasuk sulit. Peserta membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi untuk mendengarkan percakapan, narasi, bahkan pilihan jawaban. Untuk melewati bagian tersebut peserta diharapkan sudah menyiapkan diri sebaik mungkin. Salah satunya peserta harus sudah menyusun strategi cara mengerjakan ujian IELTS pada saat hari pelaksanaan, hal ini sangat dibutuhkan agar ketika pelaksanaan test peserta tidak lagi merasa grogi atau panik dan akhirnya dapat merusak konsentrasi dalam mengerjakan.



Kamu bisa mencari banyak referensi untuk dapat membuat strategi, salah satunya membaca artikel ini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/akademik-english-dan-persiapan-tes-inggris/mempersiapkan-diri-untuk-mengikuti-tes-ielts/.

Pada artikel ini kami juga akan membantu kamu untuk memberikan sedikit cara untuk mengerjakan ujian IELTS bagian listening agar skor yang kamu dapatkan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut adalah cara-cara dari kami yang bisa kamu ikuti :

1. Ketahui bentuk ujiannya

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, semua tes mendengarkan IELTS adalah sama. Mereka menggunakan format yang sama, berdurasi tiga puluh menit. Tes akademik dan umum sama persis.

2. Kamu hanya mendengarkan sekali

Hal ini seperti kehidupan nyata. Kamu hanya memiliki satu kesempatan untuk mendengarkan. Banyak dari kita akan menyukai kesempatan untuk mendengarkan lagi, tetapi IELTS tidak akan memberi kesempatan itu. Berikut adalah beberapa tip untuk melakukannya dengan baik hanya dengan satu kali mendengarkan:

-   Ketika kamu melakukan tes latihan, dengarkan hanya sekali, bentuklah kebiasaan tersebut

- Cobalah dan identifikasi kelemahan mendengarkanmu, kemudian berusahalah untuk meningkatkan hal tersebut

-     Pada lembar pertanyaan, garis bawahi kata-kata kunci. Selalu siap untuk mendengarkan kata-kata yang tepat dan sinonimnya

-  Berlatih berbagai jenis situasi mendengarkan (ceramah, percakapan, mengobrol, dll...)


3. Saat berlatih, pilih topik yang menarik untuk kamu. Jika kamu menyukai olahraga, dengarkan podcast atau apapun tentag olahraga. Jika kamu menyukai sejarah, dengarkan cerita tentang sejarah . Mengapa demikian? Karena sudah terbukti bahwa jika kita mendengarkan lebih baik hal-hal yang kita inginkan atau nikmati Lebih banyak lagi cara lainnya yang dapat kami bagi kepada kamu, selengkapnya ada di artikel ini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/akademik-english-dan-persiapan-tes-inggris/mempersiapkan-diri-untuk-mengikuti-tes-ielts/.

 Selamat membaca dan mempraktikan!

1 komentar

  1. Saya nih dari dulu paling lemah di Listening, matkul Listening aja dulu dapat nilai rendah banget, hiiks.
    Noted nih tipsnya :)

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon