18 Juni 2021

Memilih Jasa Ekspedisi Murah

 

jasa logistik murah
Tips Memilih Jasa Ekspedisi Murah

Saat ini bisnis jasa pengiriman barang semakin menjamur. Ada beragam layanan yang ditawarkan, tentunya dengan berbagai kelebihan yang bisa kita manfaatkan. Ada yang menawarkan kelebihan kecepatan dan ketepatan waktu saat pengiriman barang. Ada juga yang menawarkan jasa ekspedisi murah yang bisa dinikmati oleh konsumen. Masing-masing jasa ekspedisi tentunya ingin memberikan layanan yang terbaik dan menjadikannya customer menjadi pelanggan setianya.

Keberadaan jasa pengiriman murah sudah barang tentu memanjakan para penggunanya. Namun, ada hal-hal yang harus diketahui jika kita ingin memanfaatkan salah satu layanan jasa ekspedisi tersebut. Terkadang ada kasus yang membuat sesuatu tidak seindah yang kita bayangkan. Menurut seorang teman pengusaha yang biasa berhubungan dengan jasa ekspedisi,  beberapa hal ini yang harus kita cermati saat memilih jasa ekspedisi murah:

1. Berat & jenis barang

Kategori barang yang dikirimkan akan mempengaruhi jasa kargo murah atau tidak. Jika Anda mengirimkan barang di bawah 10 kg maka ini masuk kategori kelas retail. Barang-barang yang dikirim di bawah 10 kg biasanya seperti kaos eceran, sepatu eceran, gawai dan aksesorisnya.

 Untuk kategori ini pilih Jasa ekspedisi yang terbukti unggul dari segala sisi dan menjadi yang terbaik di kelasnya. Mereka harus memiliki sistem traching secara online yang bisa melacak barang kita sudah terkirim sampai tujuan atau belum. Tentunya, ada petugas dari jasa ekspedisi tersebut yang meng in put kan perihal data pengiriman barang kita tersebut

Ada konsekuensi logis yang harus kita tahu bahwa semakin terkenal dan populer sebuah nama jasa ekspedisi, semakin mahal pula biayanya. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan ada banyak pembiayaan yang diperlukan untuk mengoperasionalkan jasa ekspedisi tersebut jika ingin semakin terkenal. Namun tidak semuanya begitu lho.

Ada juga jasa ekspedisi murah di kelas tonase atau berat barang yang dikirimkan ratusan kilogram. Mesin, otomotif,  dan berbagai alat berat merupakan contoh barang kategori tonase. Jenis barang dengan ukuran berat seperti ini pasti biayanya juga lebih mahal. Intinya semakin berat ukuran barang, semakin mahal biaya pengiriman. Oleh karena kita harus jeli memilih jasa pengiriman mana yang murah di kelasnya tanpa mengabaikan kualitas.

 Namun, hal yang harus kita perhatikan untuk jasa kargo murah yang menangani pengiriman barang berkategori tonase tidak selalu di semua daerah membuka kantor perwakilan. Otomatis tidak semua customer bisa memanfaatkannya. Satu hal lagi, jasa pengiriman murah yang kurang familiar tersebut tidak semuanya didukung dengan sistem online sehingga customer juga tidak bisa melacak data pengiriman barangnya.

cargo tangerang
Pastikan barang datang tepat waktu

2. Kecepatan & ketepatan waktu

Kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman barang  merupakan salah satu keunggulan yang digunakan oleh jasa ekspedisi untuk menarik minat orang agar percaya kepada jasa layanannya. Semakin cepat barang sampai semakin besar pula biaya yang dikeluarkan.

Pengiriman barang yang normal biasa disebut paket pengiriman standar/biasa. Sementara pengiriman barang yang cepat biasanya dikenal dengan sebutan paket kilat atau ekspress. Otomatis paket kilat lebih mahal biayanya dibandingkan dengan paket biasa. Hal yang perlu dicermati saat pemilihan ekspedisi adalah saat di traching  terkadang barang sudah dilaporkan terkirim, padahal belum sampai ke tangan penerimanya. Kasus ini terjadi karena kejar target dari perusahaan jasa ekspedisi tersebut harus terpenuhi sehingga dilaporkan terkirim oleh pengantarnya.

Jika ada komplain, biasanya pihak pengantar barang beralasan nomor telepon penerima tidak bisa dihubungi. Jika hal itu terjadi, Anda perlu berpikir secara cermat ketika memutuskan untuk memilih jasa ekspedisi tertentu. Dalam hal ini testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya langsung patut untuk dipertimbangkan.

Kita perlu menggali banyak informasi  dari para pengguna jasa ekspedisi untuk meminimalisir kesalahan. Jangan hanya tergiur dengan iklan jasa pengiriman murah, tetapi lambat dan tidak sesuai dengan kesepakatan di awal. Lokasi geografis tentunya juga menentukan cepat tidaknya barang bisa sampai ke lokasi tujuan.

jasa pengiriman murah
                                              Pastikan barang sampai di tempat dengan aman.

3. Keamanan barang

Mengirimkan barang juga harus diperhatikan keamanannya. Packing yang baik untuk memastikan keamanan barang yang kita kirim patut diperhatikan. Kerusakan barang yang biasanya ditanggung oleh pihak asuransi juga musti diperhatikan. Biasanya jasa ekspedisi bertanya terkait pemanfaatan asuransi dalam setiap pengiriman. Customer bisa memilih memakai atau tidak asuransi tersebut, tetapi dengan risiko adanya tambahan biaya.

Barang-barang elektronik dan sejenisnya yang rentan rusak sudah barang tentu wajib diasuransikan supaya aman sampai tujuan. Sementara barang yang minim risiko kerusakan, sepertinya tidak perlu diasuransikan supaya tidak ada tambahan biaya pengiriman. Intinya, saat memilih jasa logistik murah, keamanan barang wajib diperhatikan. Tentunya dengan risiko membayar asuransi yang sudah ditentukan.

4. Keterjangkauan harga

Semua jasa ekspedisi pasti memberi penawaran harga yang murah dan terjangkau. Akan tetapi, harga antar jasa ekspedisi tentunya bisa diperbandingkan. Sebagai customer jasa pengiriman murah, kita musti meneliti selisih harga yang ditawarkan.Untuk memanjakan pembeli, beberapa jasa ekspedisi saat ini memberikan fasilitas COD untuk jasa pengirimannya. 

Dengan sistem COD, pembeli bisa membayar saat barang sudah diterimanya. Jika barang tidak sesuai yang diharapkan bisa dikembalikan ke pengirimnya. Dengan risiko tersebut, penjual harus memastikan kondisi dan kualitas barang harus sesuai pesanan. Hal ini menuntut para pengirim untuk menjaga prosedur standar kualiatas barang yang akan dikirimnya. Berbeda kalo pengirim menggunakan fasilitas non-COD, risiko kerugian yang ditanggung penjual minim karena tidak menerima pengembalian barang. Nah, pastikan Jasa Ekspedisi Murah yang kita pilih gak murahan meski harganya murah. 



2 komentar

  1. Tapi kalau di Batam agak ribet ya...menerima kiriman bisa murang banget ongkirnya...pas tiba kirim keluar selain ongkirnya mahal kena pajak ini dan itu.

    Daerah FTZ kayak luar negeri punya proteksi khusus

    BalasHapus
  2. Aku biasanya ga terlalu milih sih utk jasa logistik pengantaran ini. Malah biasanya cek mana yg paling Deket rumah hahahaha. Kebetulan ada 2 Deket rumah, samping2an pula. Yg mana aja buatku sama. Tp kalo udh menyangkut makanan yg dikirim, aku LBH selektif kang. Pilih yg terpercaya dan terjamin makanan ga akan rusak. Paling cepet kalo perlu :).

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon