16 Juni 2022

Pengalaman Pribadi di Dunia Freelancer Tulis Menulis

 

Sejak berada di bangku sekolah, saya selalu mengibaratkan kegiatan menulis sebagai bagian dari kehidupan. Sama seperti bernapas dan makan. Karena itu, bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan tersebut tentu saja sesuatu yang sangat didambakan.

Seiring kemajuan teknologi, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari hobi semakin terbuka. Ada banyak cara dan akses yang memungkinkan berbagai hobi dimonetisasi. Termasuk menulis. Karena itu, saya mencari kesempatan tersebut begitu lulus kuliah.

 


Jenis Penulis Freelance dan Bayarannya

Memulai pekerjaan sebagai penulis bisa cukup membingungkan bagi sebagian orang. Padahal, ada banyak jenis pekerjaan penulis freelance yang bisa dipilih. Menulis artikel adalah salah satu yang cukup menarik.

Ada banyak jenis penulis artikel freelance yang umum ditemukan. Sebagai permulaan, menjadi penulis artikel di agency bisa jadi pilihan. Selain itu, Anda juga bisamenjadi kontributor di website atau membuka jasa pribadi menjadi penulis artikel SEO.

1. Menjadi Penulis di Agency

Jika masih bingung harus memulai dari mana, menjadi penulis di agensi bisa menjadi titik mulai yang menarik. Hanya saja, secara bayaran biasanya cenderung lebih murah.Penulis pemula biasanya dibayar dengan kisaran harga Rp20 per kata.

Di samping itu, penulis pemula biasanya juga akan mendapat banyak revisi. Karena itu, menulis di agensi lebih cocok sebagai batu loncatan atau sarana belajar saja. Kemauan untuk belajar sangat penting pada saat ini.

2. Membuka Jasa Pribadi Menjadi Penulis Artikel SEO

Selain bergabung menjadi penulis artikel di agensi, tidak ada salahnya juga untuk membuka jasa pribadi menjadi penulis artikel SEO. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk menawarkan jasa ini. Misalnya fastwork.id, sribulancer, project.co.id, dan lain sebagainya.

Meskipun terlihat mudah, teknik, gaya bahasa, dan standar penulisan artikel SEO cukup berbeda dengan tulisan lainnya. Khususnya jika Anda terbiasa menulis di blog, media cetak, atau gaya menulis di buku. Akan tetapi, teknik ini bisa dipelajari dengan mudah.

3. Menjadi Kontributor Website

Ada banyak website yang membutuhkan jasa penulis artikel atau kontributor website. Biasanya, ada perjanjian yang perlu disepakati antara penulis dan pemilik website. Termasuk kesepakatan mengenai sistem pembayaran.

Sistem pembayaran kontributor website juga cukup beragam. Beberapa website membayar kontributor dengan fee per artikel. Umumnya, satu artikel akan dibayar dengan harga Rp20.000 hingga Rp200.000. Sistem pembayaran lainnya adalah sistem pembayaran sesuai jangkauan, jumlah pembaca, atau jumlah klik iklan pada website.

 

Pengalaman Menjadi Penulis Artikel Freelance

Menjadikan hobi sebagai salah sumber penghasilan tentu saja sangat menarik. Apalagi jika pekerjaan tersebut bisa dilakukan dari rumah. Banyak orang yang melihat pekerjaan seperti ini terlihat santai dan menyenangkan. Dan tentu saja memberikan penghasilan yang terlihat menjanjikan.

Akan tetapi, bagi saya pribadi, penghasilan adalah nomor dua. Ada banyak kesenangan yang didapatkan saat proses penulisan artikel. Seperti kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri dan kemungkinan mendapatkan informasi yang sedang dibutuhkan.

Di lain sisi, menjadikan hobi sebagai pekerjaan juga tidak selalu mudah. Kesenangan yang didapat saat proses penulisan sering kali membuat batas bekerja dan istirahat menjadi bias. Fleksibilitas waktu dapat menjadi bumerang yang justru membuat jam kerja menjadi tak terbatas.

Meski begitu, keseluruhan proses menulis dan pengalaman menjadi penulis artikel freelance tetap menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Sebagaimana pekerjaan pada umumnya, menjadi penulis freelance tentu saja membutuhkan tanggung jawab, ketekunan, serta keseriusan dalam bekerja. Dan jika Anda ingin menjadikan pekerjaan ini sebagai karir, kemauan untuk berkembang dan mengambil risiko juga diperlukan. Jangan lupa juga untuk menetapkan batasan waktu kerja dan istirahat. Sehingga, iklim kerja tetap sehat dan produktivitas kerja tetap terjaga.

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon