12 Juni 2022

Catatan Seorang Freelance Writer, Menekuni Hobi yang Menghasilkan Cuan

Panggil saja saya dengan sebutan Melati, sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang " Suka Duka menjadi Conten Writer  " . Silakan dibaca. :) 

Mendapatkan penghasilan alias cuan dari hobi bukanlah hal yang mustahil. Hobi menulis dan merangkai kata yang sedari kecil saya kembangkan ternyata bisa menjadi sumber pendapatan. Berkecimpung di dunia freelance writer alias penulis lepas membuat saya belajar banyak hal.

Dimulai dengan menjadi freelance Content Writer di sebuah digital agensi, saya mulai mengenal apa itu artikel SEO. Artikel yang ditulis dengan menggunakan beberapa kaidah agar mudah ditelusuri oleh mesin pencari. Singkatnya, saya harus menulis artikel dengan keyword tertentu, memasukkan keyword tersebut kedalam artikel, judul hingga meta description.

Skor SEO dari artikel yang saya tulis nantinya akan menjadi penilaian KPI (Key Performance Indicator) yang akan mempengaruhi gaji yang saya terima. Oleh karena itu, diperlukan ketelitian dan kecermatan saat menulis artikel.


Sumber : dream

Melebarkan Sayap

Seiring berjalannya waktu, saya terus belajar dan mengembangkan kemampuan menulis agar semakin berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca. Menerima beberapa project dari teman dan situs freelance, saya belajar banyak hal tentang dunia freelance writer ini.

Suatu kebahagiaan bagi saya jika mendapat topik yang familiar di telinga seperti topik ekonomi, keuangan dan lifestyle. Namun tidak jarang, topik yang diberikan klien jauh di luar bidang yang saya tekuni.

Alhasil, melakukan riset, membaca dan terus membaca sangat penting dilakukan untuk menambah khazanah wawasan agar dihasilkan artikel yang berkualitas, sesuai dengan keinginan klien dan tentunya bermanfaat bagi pembaca.

Sedikit cerita, saya pernah mendapat pesanan artikel dengan topik yang mengharuskan saya melakukan riset mendalam termasuk membaca jurnal untuk sebuah artikel scientific based. Pusing? Tentu saja. Namun hal tersebut menjadi tantangan dan ajang untuk menambah pengetahuan bagi saya.

Semakin melebarkan sayap, saya pun mulai mendapat pesanan artikel untuk untuk tujuan branding serta promosi bisnis dan jasa. “Wah, tantangan baru, nih” batin saya. Berbeda dengan artikel lain yang bersifat informatif, menulis artikel untuk branding dan promosi tentu menggunakan treatment sendiri.

Penulis dituntut untuk mengetahui product knowledge dari brand dan jasa tersebut. Sempat menjadi kendala saat klien memberikan product knowledge yang sangat terbatas, namun harus dituangkan dalam artikel yang terstruktur dan berkualitas. Tidak heran jika saya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan riset.

Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Freelance Writer

Sering menjadi pertanyaan apakah skill utama untuk bisa menjadi seorang freelance writer yang handal adalah pandai menulis? Menurut saya pribadi, jawabannya “Tidak”. Meski kemampuan menulis menjadi salah satu bekal, namun bekal yang tidak kalah penting adalah skill melakukan analisis dan sabar dalam belajar. Terlebih jika kita memilih untuk menekuni bidang Content Writer yang mana tulisan-tulisan kita akan ditampilkan pada website atau blog.

Kemampuan untuk dapat berfikir secara terstruktur, mampu mengurai kata kunci menjadi sebuah artikel hingga mendalami penelitian atau data-data yang diperlukan untuk referensi artikel sangat dibutuhkan bagi seorang freelance writer.

Skill tersebut akan semakin terasa ketika kita lebih sering menerima project artikel dengan berbagai topik dan jenis yang berbeda. Tentunya kita akan terus belajar dan menambah wawasan dari setiap artikel yang kita tulis.

Apakah Menjadi Freelance Writer Menghasilkan Cuan?

Seperti judul yang saya tulis di atas, jawabannya adalah “Ya”. Menekuni hobi menulis yang dibayar melalui pekerjaan freelance ini menuntut saya untuk terus berkreasi dan inovatif mengikuti perkembangan zaman.

Lalu, bagaimanakah cara menghasilkan uang dari freelance ini?

Tentu saja yang harus kita lakukan adalah menjemput rezeki dan tidak berdiam diri. Saya pribadi menggunakan platform situs freelance seperti Fastwork dan Projects.co.id. Dari platform ini, kita bisa mulai mempromosikan jasa penulisan artikel.

Anda bisa memulai dengan mengunggah portofolio artikel yang dimiliki pada bagian profil. Portofolio artikel yang ditampilkan bisa berasal dari tulisan yang telah ditulis di blog pribadi atau website klien-klien sebelumnya. Selain itu, saya juga biasa mempromosikan jasa saya melalui media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Sebagai freelancer, kita harus atraktif dan komunikatif dengan klien dan aktif menjemput bola. Seperti pada situs Projects.co.id, freelancer harus pandai-pandai menjemput bola dengan melakukan bid sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan dan kriteria yang calon klien inginkan.

Menjadi seorang freelance writer bagi saya adalah pekerjaan yang menyenangkan. Menekuni hobi sekaligus menambah wawasan dan cuan. Namun perlu diingat jika Anda menjadikan freelance writer ini sebagai sumber utama penghasilan, maka Anda harus pandai mengatur keuangan dan jangan menyerah untuk memperoleh project sebanyak-banyaknya. Good luck!

Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon