17 November 2019

Cara Merawat Helm Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Helm bawaan motor Yamaha adalah benda kesayangan yang selalu saya bawa ketika sendang mengendarai motor kesayangan saya, yaitu Motor Yamaha Vega R. Walau motor cuma dibawa ke warung terdekat, helm motor bawaan Yamaha tetap saya bawa, lah wong helm motornya stand by 1 x 24  nangkring di motor.Ngak mau dilepas, kayak perangko,hahaha......

Peranan helm motor buat saya amatlah penting, selain buat melindungi kepala, helm juga berfungsi untuk menghindari mata dari serbuan debu – debu jalanan, yang kadangkala sering beringas menusuk – nusuk mata ketika sedang mengendarai motor di jalanan.


Cara Merawat Helm Motor Agar Awet dan Tahan Lama


Karena tugas helm motor sangat berguna bagi saya, sehingga helm kesayangan saya tersebut saya rawat dengan penuh cinta kasih dan sayang.eaaaa...!! Eaaaa....!.

Karena perawatan yang maksimal, sehingga helm bawaan motor yamaha tersebut masih awet walau umurnya sudah tidak muda lagi alias tuak. Tapi masih oke untuk dipakai.

Bagi yang ingin tahu cara  saya merawat helm motor agar awet dan tahan Lama, berikut ini caranya :


1. Jangan Sembarangan Meletakan Helm

Saya tidak mau sembarangan meletakan helm, baik dirumah atau di tempat umum. Selain agar helm aman dari tangan – tangan orang yang berwatak jahil, agar helm juga tidak gampang rusak. Coba kalau helm diletakan di dekat pintu rumah, kemungkinan besar bakal dibuat mainan bola oleh anak – anak kecil.Bisa penyok dan tergores kaca helm.Bila perlu helm motor dimasukan ke dalam lemari,lalu di kunci.#Cara ekstrim.hehehe.


2. Segera Keringkan Jika Basah

Kadang kala bagian dalam helm motor sering basah kerena air hujan.Busa dan kain helm biasanya akan mengeluarkan bau tidak sedap dan becek gitu. Dan sudah ditebak, pasti tidak nyaman kalau di pakai.

Ketika sedang basah begini , saya cepat –cepat untuk mengeringkannya dengan menjemurkan helm motor dibawah sinar matahari.Lebih bagus lagi kalau busa helm dilepas.Agar lebih cepat kering dan tentunya akan lebih cepat pula untuk dipakai.

Tapi kalau helm motor masih belum kering dan kita sedang membutuhkan helm motor, segera hubungi tetangga Anda.Pinjem helm motornya.hahahah......


3. Bersihkan Helm Secara Berkala

Helm Motor berfungsi sebagai pelindung dan penutup kepala.Ya.iyalah, masak buat  menutupi hutang piutang.lolol,Hahaha......

Karena tugas mulia dari helm motor selalu menutupi area kepala, sehingga debu – debu dan keringat yang sering menempel di kepala juga ikut menempel di bagian dalam helm motor.

Sehari dua hari sih, memang ngak kerasa kalau helm sudah dijangkiti oleh debu dan bau keringat, tapi kalau sudah 2 atau tiga tahun tidak di cuci...!!!mmmm.....kemungkinan besar bagian dalam helm akan mengeluarkan bau yang Dahsyattt...!!!! Kayak bau kaos kaki yang tidak di cuci selama bertahun tahun.Sedapppp...!!!

Untuk menghindarkan helm motor dari bau  yang tidak sedap ini, sebaiknya dan seharusnya kita membersihkan helm motor secara berkala, baik satu minggu sekali, atau dua minggu sekali.Sehingga kita akan nyaman ketika memakai helm motor ketika sedang berkendaraan.

Mencuci helm motor sangat penting loh, apalagi ketika helm kita sering menjadi Piala bergilir alias helm kita sering di pinjam orang. Sudah tentu kudu sering di cuci.Siapa tahu ada Kutu rambut yang nempel.hahaha.....

Selain bagian busa helm yang perlu kita cuci, bagian kaca helm jangan lupa dibersihkan juga, sebab biasanya banyak debu – debu jalanan yang menempel disana dan kehadiran debu tersebut  pasti akan menghalangi pandangan mata kita.

Ada yang punya pengalaman merawat dan membersihkan helm seperti saya...? yuk sharing.

11 komentar

  1. Kalo saya prefer merawat helm secara alami aja kang.. alias helmnya ditaroh di motor, kalau pas hujan kan nyuci sendiri..ntar kalo hari udah panas kering sendiri.. wkwkwk lebih natural xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah..trik simple dan ngak pakai repot.Auto bersih sendiri.hahahah.....

      Hapus
  2. Ternasuk kenyamanan berkendara kan.
    oengalaman klo basah kena hujan itu mau pakek jd aga jijik wkwkk
    mau pinjem helm tetabgga? Hahah sama basahnya

    BalasHapus
  3. Ya pantes hlemku udah dekil bgt, nggak pernah kubersihin kecuali kalau basah baru kuantar ke laundry hlem.. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah di laundry,,,mmmmm, pasti hayummm yah... ? :)

      Hapus
  4. Kirain zaman now apa apa di beli cuma buat sekali pakai hua ha ha ha...
    Cuma memang tip ini perlu soalnya sy memang tidak pernah bersihkan helem

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...iyah,kok ngak ada ide membuat helm sekali pakai, padahal praktis loh,,,misalnya dibuat dari batok kelapa.setelah dipakai lansung dibuang.simple.hahaha....

      Hapus
  5. Wah tipsnya keren dan sederhana, nasihat yang bisa saya petik yaitu "peran helm motor buat saya sangatlah penting".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berguna dan bermanfaat yah mas. :)

      Hapus
  6. Helm saya dong kang, udah 12 tahun deh kayaknya, hadiah dari temen saya, udah agak rusak gitu, tapi penuh kenangan.

    Masih ada tuh, saya simpan di dalam kresek, soalnya jarang dipake, sekarang kalau keluar ga pakai helm, soalnya rempong maksimal, persiapannya aja 30 menit, kalau pakai helm bisa sejam tuh hahaha.

    Tapi baca ini jadi pengen buka helm itu, biar biasa lagi pakai helm :D

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon