20 November 2019

Mengunjungi Wisata Bukittinggi Banto Royo yang Penuh Keseruan


Bukittinggi merupakan salah satu Ibu Kota di Pulau Sumatera, yakni Sumatera Barat. Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang kaya akan kuliner, budaya dan destinasi wisata.

Bukittinggi sendiri memiliki banyak destinasi wisata seperti tempat wisata jam gadang, wisata lobang Jepang, wisata bukit ngarai, wisata lembah ngarai dan masih banyak lagi wisata yang ada di Bukittinggi. Ada destinasi baru yang ada di Bukittinggi, yakni wisata Bukittinggi Banto Royo. Wisata ini berada di lokasi Jorong Kaluang. Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Sumber foto : chanelmuslim.com

Wisata ini baru saja diresmikan tanggal 28 Oktober 2018 yang lalu oleh tokoh nasional asal Kapau, yakni Andi Sahrandi. Saat peresmian, diikuti juga dengan penandatanganan prasasti yang diikuti pelaku wisata dan warga setempat. 

Dalam hal operasional, Banto Royo Agam melibatkan warga sekitar sehingga dapat menumbuhkan perekonomian warga.

Dibawah ini adalah beberapa keseruan yang dapat kamu dan keluarga nikmati di wisata Bukittinggi di Banto Royo,

1.                  Merupakan wisata baru

Wisata Bukittinggi di Banto Royo ini merupakan salah satu destinasi yang baru saja diresmikan di daerah Bukittinggi. Wisata ini menawarkan pemandangan yang dapat menyejukkan mata para pengunjungnya. Tidak hanya itu, wisata baru ini juga menyediakan wisata air yang dapat kamu nikmati bersama orang-orang tersayang kamu. Terdapat juga jembatan yang dibuat di sekeliling telaga. Sehingga pengunjung dapat menikmati telaga dengan nyaman. Pondok-pondok untuk beritirahat juga di bangun di sini untuk pengunjung beristirahat sejenak di tempat wisata ini.  

2.                  Suasana yang asri dan sejuk

Wisata Bukittinggi di Banto Royo berdiri di atas lahan 6,2 hektar dengan 80% nya adalah air. Awalnya tempat ini adalah berupa rawa yang ditumbuhi dengan rumput banto. Karena wisata ini sebagian besar adalah berupa air maka hawa sejuk di tempat wisata ini sangat terasa.

Sumber Foto : IG Banto Royo

3.                  Wahana bermain

Saat berkunjung ke wisata Bukittinggi Banto Royo ini, pengunjung akan menemukan permainan outbond dan flying fox. Lintasan-lintasan flying fox ini melintasi pepohonan dan air telaga di kaki bukit. Dan ujung Flying fox-nya melintasi telaga ke pulau kecil yang berada agak ke tepi telaga. Selain flying fox dan outbond, di Banto Royo  juga tersedia wahana naik sampan juga. 

Pengunjung pun bisa mencoba berkeliling dengan menggunakan sampan tersebut, bermain di lapangan lumpur, seluncur air, kolam air, beribadah di mushola, dan juga menyantap hidangan di restoran. Untuk anak-anak juga tersedia playground dan kolam renang kecil. Jadi ada pilihan lain bagi orangtua yang membawa anak-anak mereka ke sini. Mereka bisa berenang atau main ayunan ataupun seluncur-seluncuran di sana. 

4.                  Menuju Bonto Royo dan harga tiket masuk

Untuk menuju ke tempat wisata ini sangat mudah, kamu bisa ambil jalan arah Gaduik, ke jalan raya Padang Medan. Masuk ke arah Kamang di Simpang Gaduik ini, terus saja lurus sepanjang kira-kira lebih kurang 5 km. Nanti akan terlihat papan info Banto Royo. Untuk menikmati berbagai keseruan di wisata ini, kamu dapat masuk dengan harga tiket sebesar 10 ribu rupiah untuk hari Selasa-Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu dikenakan tiket 20 ribu dan untuk hari Senin wisata ini libur.

Dengan beberapa keseruan yang dapat kamu peroleh di wisata Bukittinggi Banto Royo ini, kamu pasti akan sangat menikmati liburan kamu. Bagi kamu yang akan melakukan sesi prewedding di sini juga bisa lho. Kamu bisa melakukan sesi pre wedding dan shooting video clip di sini tanpa harus membayar karcis masuk. Kamu hanya perlu mencantumkan nama Banto Royo dalam hasilnya.

Walaupun wisata ini mempunyai banyak keseruan dengan hawa sejuk, akan tetapi masih banyak fasilitas yang kurang di sini. Terutama adalah tidak adanya area atau bangku tempat istirahat pengunjung. Fasilitas ini penting yang harus ada di tempat wisata.

Demikian beberapa keseruan yang dapat kamu temukan di wisata Bukittinggi Banto Royo. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai referensi ketika kamu akan mengunjungi Bonto Royo. Atau kamu juga bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/info/intip-5-wisata-kota-bukittinggi-yang-pernah-jadi-ibu-kota-negara/, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon