09 Desember 2016

Menulis Artikel Blog Tanpa Banyak Pikir, Jalani Dan Nikmati

Mungkin judul artikel saya pada kali ini terlalu sederhana dan kurang memikat,tetapi saya ingin sekali menguraikan apa – apa saja yang terkandung di dalam judul tulisan tersebut diatas.

MENULIS ARTIKEL BLOG
Saya mendapat ide untuk menulis judul diatas karena masukkan dari teman saya yang ada dikolom komentar yaitu Pak Anton, selaku pemilik Bog Maniak Menulis.

Singkat dan padat menurut saya komentar beliau pada artikel saya tersebut yang saya ambil intinya menjadi “ tulis artikel tanpa banyak pikir, jalani dan nikmati “.


Komentar beliau menjadi sesuatu yang berguna buat saya sebagai bahan renungan dan masukan penting buat kita para blogger pemula.


Sederhana tetapi memiliki makna yang sungguh mendalam menurut saya.Betapa tidak, coba kita pisahkan judul diatas menjadi 4 bagian yaitu :



1.    Menulis Artikel Blog


Memang pekerjaan pokok kita sebagai blogger adalah menulis artikel, dan tidak ada batasan dalam menulis sebuah tulisan.

Tinggal kita sendiri yang menentukan batasannya , apa harus menulis yang bermanfaat atau tidak.Soal jumlah suku – kata juga tidak ada yang membatasinya tergantung dari kemampuan kita sendiri –sendiri.

Jadi sebenarnya menulis artikel blog  itu sungguh asyik sekali, jika kita memang menyenanginya dan memiliki waktu yang cukup.

Menurut sudut pandang saya menulis artikel di blog itu sama halnya kita merekam sesuatu berbentuk kalimat.

Kenapa harus direkam ?

Seringnya  ide yang bermanfaat muncul tiba – tiba di kepala kita membuat kita harus memiliki media untuk merekamnya agar ide tersebut tidak hilang.

Seiring dengan berjalannya waktu terkadang ide tersebut hilang begitu saja jika tidak kita tulis di blog.

Nah peranan penting blog sebagai salah satu media menulis amatlah penting bagi seseorang yang menyukai dunia tulis-menulis.

Disamping itu juga menulis artikel di blog memiliki keunggulan jika dibandingkan kita menulis di buku kecil biasa, sebab tulisan kita punya potensi untuk dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.

Sehingga manfaatnya juga akan dinikmati oleh orang banyak,beda buku kecil yang hanya tersimpan rapi dirak buku dirumah kita.Tentunya hanya segelintir orang saja yang akan membacanya.

Menulis artikel diblog juga bisa mendatangkan penghasilan sehingga menjadi salah satu penyemangat para blogger.


2.    Tanpa Banyak Pikir


Hal kedua yang saya ambil dari judul diatas yaitu menulis tanpa harus banyak mikir, bukan berarti kita tidak boleh berpikir dahulu dalam menulis.

Terkadang kita terlalu banyak berpikir dalam mencari ide tulisan, sehingga proses menulis pun terhambat dan waktu berlalu tanpa hasil tulisan.

Saya juga pernah mengalaminya, nah untuk menyiasatinya saya menulis terlebih dahulu judul artikel saya, lalu buat kerangka tulisan.Jika ada waktu maka saya langsung mengembangkan ide tulisan itu menjadi kalimat yang lebih panjang.
Tetapi jika saya belum ada waktu untuk menulis artikel blog maka saya menyimpanya terlebih dahulu.


3.    Jalani


Jika kita sudah punya ide atau bahan untuk menulis sebaiknya segera jalani, apalagi jika kita sudah memiliki tabungan tulisan yang sudah kita simpan sebelumnya.

Jika kita terus menunda menulis artikel padahal memiliki waktu luang dan ide tulisan, biasanya akan membuat kita menjadi malas menulis.

Rasa malas itu jika kita tetap pelihara maka akan membuat blog kita sepi tulisan, yang tentunya akan berdampak pada hal lainnya, seperti turunnya traffic pengunjung, turunnya penghasilan blog dan lainnya.

Turunnya penghasilan blog lewat iklan adsense, memang saya belum merasakannya,sebab blog ini belum ada iklan.Tetapi banyak teman – teman lain yang mengeluh jika postingan artikel semakin jarang kita posting maka berdampak buruk dengan penghasilan.

Iya sich wajar saja menurut saya sebab, mana ada pembaca yang suka mengulang membaca tulisan artikel, walaupun ada itu kecil jumlah pembacanya.

Biasanya orang akan lirik artikel terbaru, jika ada mereka baca dan jika belum ada mereka akan pergi.

Hal itu biasanya dilakukan oleh pengunjung yang berlangganan dengan blog tersebut.

Tetapi pengunjung yang mencarinya lewat mesin search engine Goolge biasanya tidak peduli dengan artikel lama atau baru, kalau artikelnya sudah nempel di halaman pertama Google, mereka akan klik saja.

Jadi sebaiknya dalam menulis artikel kita jalani saja, lambat laun setiap kata yang kita rangkai akan menjadi sebuah tulisan.

Jangan banyak mikir tapi banyaklah menjalani, jangan menunda tetaplah action dalam menulis artikel blog.


4.    Nikmati


Menurut saya ada dua kenikmatan yang mestinya kita rasakan dalam ngeblog yaitu kenikmatan dalam menulis dan kenikmatan dalam membaca tulisan itu sendiri.

1.    Kenikmatan menulis

Pernah terpaksa menulis ? saya pernah merasakannya dan menjalaninya pada waktu menulis blog khasiatjitu.

Saat menulis artikel blog itu saya seperti dikejar – kejar oleh sesuatu yang saya sebut “ SETORAN ARTIKEL “.

Pada saat saya dikejar – kejar Setoran Artikel membuat saya merasa terpaksa dan tidak nyaman, sebab waktu dulu saya memang sangat buru – buru untuk mendaftarkan blog khasiatjitu ke Adsense.

Beda sekali dengan cara saya menulis artikel blog ASIKPEDIA.COM ini saya lebih terasa santai tanpa beban.

Jadi kata  demi kata saya tulis dengan nikmat, sehingga tulisan saya diblog ini banyak yang panjang – panjang , karena keasyikan sehingga lupa untuk mengakhirinya.

2.    Kenikmatan Membaca Tulisan

Pernah tidak hasil tulisan kita, di baca oleh kita sendiri secara berulang,mungkin jawabannya pernah atau tidak pernah.

Coba anda baca kembali tulisan anda dengan baik, bagaimana rasanya ?Jika kita sendiri selaku penulisnya asyik membaca tulisan kita sendiri maka kemungkinan besar tulisan kita tersebut asyik juga dihati dan pikiran orang lain.

Jika tulisan kita membosankan kita sendiri, maka begitulah yang akan dirasakan oleh pembaca blog anda.


Demikianlah artikel sederhana ini dibuat, jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf.


Bagi saya Komentar Anda Maha Penting Buat saya dan Blog ini, jadi jangan ragu untuk sekedar menuliskan beberapa kalimat pada kolom komentar.Trim’s
Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon