28 Desember 2016

Om Telolet Om Heboh Di Indonesia , Kenapa ? Ini 4 Alasannya

Saat saya menonton televisi saat makan siang, tanpa sengaja saya melirik pemberitaan yang sedang heboh –hobohnya di Tanah Air, bahkan sampai keluar negeri.


Om Telolet Om
Apa isi beritanya “ OM TELOLET OM “ , sontak saya terpaku untuk menyimak berita tersebut dengan seksama.

Di beritakan oleh stasiun televisi tersebut bahwa banyak anak – anak yang berjejer di pinggir jalan dengan mengacungkan tulisan “  Om Telolet Om  “ hanya untuk mendengarkan suara klakson mobil  Bus yang sedang lewat.


Terus,,,malamnya juga saya lihat ada stasiun televisi dalam acaranya mengutip kata “ Om Telolet Om “ padahal acaranya tidak tentang viral tersebut.


Dalam siaran berita televisi tersebut baru saya mengerti bahwa suara klakson yang sudah di modifikasi menarik perhatian para anak – anak.


Sehingga mereka rela menunggu bus yang lewat, hanya sekedar untuk mendengarkan suara Telolet.


Lalu pagi harinya saya mencoba cari informasi di rumah Kakek saya “ Mbah Google “ dan ternyata sudah banyak website yang menulis tentatang “ OM TELOLET OM “.


Lalu membuat saya berpikir kenapa ya, suara klakson tersebut bisa menjadi viral di Tanah Air dan di luar negeri.


Nah saya mencoba untuk menyimpulkan sendiri alasannya, mungkin para pembaca sependapat dengan ide saya, atau jika tidak sependapat peace yach,,,hehe.



Alasan OM TELOLET OM Menjadi Heboh Di Tanah Air :



1.    Masyarakat Butuh Hal Baru yang Unik dan Menarik


Sebenarnya kalau dari segi suara klakson mobil bus tersebut bukan hal yang baru atau terbilang unik, sebab sudah biasa dipasang dan dipakai sehari – hari oleh mobil Bus tersebut.

Jadi yang Unik apa donk ? yang uniknya adalah para anak – anak tersebut  rela antri berjejer dan menunggu dengan sabar bus yang datang.


Dan cara mereka yang membuat tulisan OM TELOLET OM di sebuah kertas, yang menarik perhatian, sebab mereka terlihat agak aneh dan unik, sehingga menarik perhatian orang banyak.

Jadi aksi mereka yang beramai – ramai di pinggir jalan, seperti membutuhkan sesuatu yang membuat jadi heboh.

Gaya mereka yang seperti itu bukanlah hal yang umum dilakukan, sebab terlihat unik dan menarik di mata orang banyak.

Kok Masyarakat jadi heboh akan OM TELOLET OM ?

Sebenarnya Masyarakat butuh dengan hal yang unik dan menarik, itu kuncinya.

Selama itu unik dan menarik dan tidak umum terjadi maka akan menjadi heboh dan bahan perbincangan orang – orang, sehingga menajadi viral.

Setelah penomena “ OM TELOLET OM “ berlalu pada suatu saat , karena sudah terbiasa maka lambat laun aksi ini akan berhenti dengan sendirinya.

Dan dilanjutkan dengan aksi yang unik dan menarik lainnya, kuncinya unik dan menarik.

Kita tunggu saja apa hal yang menjadi viral selanjutnya setelah OM TELOLET OM.



2.    OM TELOLET OM di Promosikan dengan sengaja dan tanpa sengaja


Tanpa promosi lewat televisi, media sosial atau media lainnya , maka penomena viral “ OM TELOLET OM ‘ tidak akan banyak dikenal dan di gandrungi oleh banyak orang seperti saat ini.

Saat anak – anak tersebut berjejer ramai – ramai di tepi jalan dengan mengacungkan kertas bertuliskan Om Telolet Om, mungkin ada yang memfhoto atau merekam mereka berbentuk video.

Lalu mereka apload di youtube dan ditulis diwebsite ,sehingga banyak orang yang menonton dan membacanya.

Cara seperti itu saya anggap sebagai bentuk promosi yang sengaja untuk dilakukan, agar orang lain terpancing untuk menikmatinya, dan ternyata benar Om Telolet Om banyak disukai orang.

Dan bahkan promosi yang sengaja dilakukan melalui pengguna media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya juga banyak dilakukan sehingga menambah semarak ke populeran Om Telolet Om.

Perbincangan dari mulut ke mulut juga, menjadi cara promosi yang tidak sengaja dilakukan sehingga membuat orang yang diajak bicara juga mencari informasi terkait dibeberapa media, lalu mereka membicarakannya juga kepada orang lain.

Seperti Aksi Promosi berantai tanpa putus.

Intinya promosi viral Om Telolet Om baik sengaja maupun tanpa sengaja cukup mendorong penomena ini menjadi terkenal di dalam Negeri dan Luar Negeri.

Contohnya saya saja, yang menuliskan tentang viral ini kepada pembaca, sehingga pembaca pun mengenal dan mengetahui apa itu Om Telolet Om, lalu menyebarluaskan artikel ini dengan menekan tombol share diatas. ( Di bawah judul artikel.,..semoga)



3.    Banyak pengikut pemburu Om Telolet Om


Setelah viral Om Telolet Om disebarkan luas melalui berbagai macam media seperti, Youtube, Blog, facebook ,Tv dan lainnya, sehingga membuat banyak anak – anak dan orang yang dewasa ada yang ikut – ikutan untuk berburu suara telolet di setiap bus yang lewat.

Banyaknya pengikut pemburu suara telolet ini sehingga membuat viral tersebut semakin popular dan menyebar luas dengan mudah.

Hal ini menjadi pemicu hebohnya viral suara klakson mobil tersebut di Tanah Air Indonesia.



4.    Ide Kreatif yang dijadikan Peluang Penghasilan


Viral Om Telolet Om ini seakan menjadi - jadi di kala orang – orang mengunakan momentum ini untuk memperoleh penghasilan dari Channel Youtube dan lainnya.

Banyak orang membuat video tayangan tentang Anak yang berburu suara klakson bus yang di apload di Youtube maupun ditulis di blog.

Sehingga semakin tinggi trafik penonton atau pembaca maka peluang penghasilan dari youtube dan blog pun meningkat dengan tajam.

Penayangan informasi dan video tentang Om Telolet Om seolah – olah seperti perlombaan untuk dimuat di Internet.

Sehingga tidak heran viral tentang klakson mobil Bus ini menjadi semakin terkenal dan popular saat ini.


Setalah viral Om Telolet Om , viral apakah lagi yang akan muncul ? kita tunggu saja tanggal mainnya.


Demikianlah artikel sederhana ini dibuat, semoga bermanfaat, jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf.
Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon