23 November 2019

# BELAJAR YOUTUBE UNTUK PEMULA 1 : Kisah Awal Channel Youtube Saya


Sekitar bulan Agustus 2018 ( kalau ngak salah ingat) saya coba – coba belajar membuat content video dan Channel youtube.Walau masih pemula, saya nekad saja bikin video.Modal dengkul gitu.hahaha....

Saya lupa apa nama channel yang saya buat pertama kali. Yang saya ingat, video yang saya apload pertama kali waktu itu adalah “ atraksi orang naik permainan Enggrang “ dan “ Video tentang ulat daun “.Video ngak penting bangetz.hahaha.

Namun karena durasi video – video pertama yang saya buat tersebut  masih dibawah dua menit, sehingga videonya saya hapus .Padahal sudah ada penontonnya loh... walau yang nonton adalah saya doang,hahaha.

Penghapusan itu saya lakukan sebab kata “ orang “ sebaiknya video di buat dengan durasi lebih dari dua menit, agar ketika nanti ketika di monetisasi iklannya akan mudah dan sering muncul . Jadi saya terhasut oleh perkataan mereka.Glekk..glekk.Glek.Ngak punya pendirian.hahaha.

Beberapa waktu kemudian  saya nonton sebuah channel yang membahas review “ Kinder Joy “. 

Sudah pada tahukan apa itu Kinderjoy..?.......ITU loh, Telur Plastik yang nangkring di depan Kasir Indomaret itu.Pada ingatkan...?

Nah dari situlah ide membuat Channel Youtube yang saya beri nama “ Kang Telur “ bermula. #bukan Juragan Telur loh yah..hahah.

Videonya jangan di Tonton, soalnya ngeselin Bangetz,hahaha...!!!

Rencana awal channel saya pada waktu itu, Cuma akan membahas content tentang seputar telur saja.Yah,Cuma seputar  video mengambar atau mewarnai telur gitu.

 Lalu beberapa bulan kemudian setelah kontent video tentang telur sudah di apload,  channel tersebut saya terlantarkan.Seingat saya ada dua penyebabnya, yaitu sibuk dengan pekerjaan dan rasa jenuh membuat konten tema telur.
#Kasian deh channel youtube saya.Jadi Merana beberapa bulan lamanya.hahaha.....

Lalu sekitar  bulan September 2019, saya pun memutuskan kembali untuk membangunkan si channel youtube saya yang sudah bobok berbulan  - bulan itu.

Walau tidak setiap hari ada video yang tayang disana.Tapi lumayanlah si Channel saya sudah ada isinya, walau masih beberapa biji doang.

Keputusan untuk membangunkan  kembali channel yang sudah bobok dalam jangka waktu lama ini, dikarenakan ada kelonggaran waktu yang saya miliki.# Intinya Sedang nganggur,hahaha....

Apalagi trafik yang mulai menunjukan ke arah perkembangan yang positif, Walau trafik yang datang belum begitu banyak namun semangat untuk menjalankan channel ini menjadi bertambah – tambah.Maklum masih berisi konten ecek-ecek.Jadi maklumlah,hahaha...

Channel Kang Telur, dari awalnya berisi cuma konten tentang telur, kini saya rubah menjadi video dengan content mengambar bebas.Dan rencananya nanti akan saya isi dengan content gado – gado.( Baru Rencana sieh..).

Alasan merubah niche youtube ini menjadi gado - gado adalah untuk mengejar jam 4000 Jam Tayang. Sebab kalau di isi dengan content yang Cuma begitu – begitu saja.saya tidak yakin dalam satu tahun syarat 4000 Jam Tayang akan bisa saya capai.

Yah...begitulah sedikit kisah awal channel youtube pemula yang saya kelolah.Memang bukan channel keren yang seperti dimiliki oleh orang lain.Namun paling tidak, disanalah saya mulai belajar youtube untuk pemula seperti saya. Siapa tahu saja bermanfaat.Betul tidak ?

8 komentar

  1. Hallow, apa kabar kang?

    Kang, pesen telur 1kg bisa d.antar kah? :D

    lucu dan unik sih namanya kang telur by kang nata
    jualan pakaian, namanya kang fashion aja kang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabar buruk Mas, isi Dompet sedang sekarat nih. :) butuh donasi..buat beli NASI.hahaha.....

      Saya kepikiran juga membahas tentang Pakaian, biar namanya bisa menjadi " Kang Pakaian".hahaha....,bercanda.

      Hapus
  2. Abis mampir k youtube channel kang telur, ternyata kang nata jago gambar juga ya.. kereen.. Dari pada gado2, mending dibikin niche tetap seputar art n craft gitu, bikin2 macem2 gt kang dg berbagai media

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengkyu yag Mbak sudah sudi mampir ke channel unyu- unyu saya.Maaf gamabarnya masih berantakan.hahahah....

      Ide dan sarannya, saya tampung yah, siapa tahu nanti sangat berguna utk perkembangan Channel saya.Trim's yah Mbak.

      Hapus
  3. Tema anak anak sebenarnya lebih cepat. Tapi apa daya dengan peraturan baru sedikit membuat nelangsa. Ya akhirnya enak dengan tema gado gado.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,,,ini dia masalah baru yang belum saya ketahui seluk dan beluknya. semangat saya jadi down gegera membaca peraturan terbaru youtube.Jadi binggung.hahaha.....

      Hapus
  4. Sisi negatif kalau 1 tema emang gitu ya kang, jadi bosan atau bisa juga kehabisan ide, mending tema listyle aja kang, jadi macem-macem aka luas idenya.
    Btw semangat selalu kang, peduli ama dengan peraturan Yutub, nabung konten aja dulu :D

    BalasHapus
  5. Kok saya jadi penasaran ya, soalnya sy juga suka gambar juga
    Tapi sy blom ada kesempatan bikin video

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon