23 November 2019

Deretan Kuliner Murah di Yogyakarta yang Paling Melegenda

Kuliner murah di Yogyakarta merupakan salah satu hal yang diburu wisatawan dewasa ini. Kota yang satu ini sudah lama menjadi tempat wisata pilihan. Tidak hanya wisatawan dari dalam kota saja. Terbukti setiap hari ada banyak sekali pengunjung yang datang dari luar kota. Termasuk wisatawan yang berasal dari mancanegara.

Bahkan menariknya saking terkenalnya kini ada berbagai Youtuber dari berbagai negara yang mengulik kuliner khas dari Yogyakarta. Bila dilihat lebih rinci memang Yogyakarta memiliki segudang makanan khas. Beberapa makanan khas dari kota tersebut juga berkembang dengan cerita sejarahnya. Sehingga saat Anda menikmati kuliner tersebut sayang jika tidak mencari tahu historinya.

Tidak hanya itu saja, berbagai macam kuliner khas kota Yogyakarta biasanya juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik memilih membeli kuliner tradisional. Lebih dari itu, masakan khas daerah juga banyak tersedia di berbagai tempat. Salah satu di warung-warung pinggir jalan.

Mengingat harganya sangat terjangkau dan mudah didapat maka jangan heran makanan tersebut menjadi incaran sebagian besar traveler. Umumnya traveler akan mencari kuliner khas yang mudah didapat dan harganya terjangkau di kantong. Lantas, kira-kira masakan apa saja yang wajib Anda cicipi saat berwisata di Yogyakarta? Yuk, cari informasinya di bawah ini.


Kuliner Gudeg Khas Kota Yogyakarta

Mau mencicipi kuliner murah di Yogyakarta yang melegenda? Jangan khawatir saat berada di kota wisata ini bisa mencicipi semua makanan khas yang melegenda. Salah satunya yaitu gudeg. Ya, menu makanan yang satu ini sudah tidak asing bagi masyarakat di kota Yogyakarta. Bahkan sebagian orang Indonesia pasti mengenal gudeg Jogja.

Deretan Kuliner Murah di Yogyakarta yang Paling Melegenda
Sumber : wikipedia

Menu gudeg sudah lama populer di nusantara. Makanan ini tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Yogyakarta, melainkan sudah menjadi bagian dari warisan kuliner Nusantara. Tidak heran di kebanyakan orang yang berkunjung ke kota tersebut selalu mencari restoran gudeg. Menariknya lagi gudeg bukan menu kuliner biasa. Menu ini memiliki sejarah yang melegenda.

Gudeg sendiri merupakan menu yang sering dikenal dengan sebutan kuliner naik kasta. Menu ini merupakan kombinasi nangka, krecek dan tempe. Cita rasa yang terkenal dari menu gudeg adalah gurih dan manis. Warnanya sendiri memang terlihat unik layaknya sayur nangka tanpa kuah. Menu gudeg dinikmati dengan tambahan lauk lainnya.

Bagaimana dengan sejarah gudeg hingga menjadi kuliner yang melegenda di Nusantara? Rupanya kemunculan kuliner gudeg bermula dari masa Kerajaan Mataram Islam yang berkembang di Yogyakarta. Pada abad ke 15 tersebut perluasan pembangunan gencar dilakukan. Sehingga pohon-pohon juga ikut ditebang. Salah satunya yaitu pohon nangka.

Kala itu prajurit memanfaatkannya untuk menjadi bahan baku makanan. Buah nangka yang masih muda kemudian diolah agar bisa menjadi masakan. Namun, karena pengolahannya yang perlu diaduk secara terus menerus maka nama masakan tersebut menjadi hangudek. Sebagian lainnya menyebut gudeg yang berarti diaduk.


Jajanan Bakpia Khas Yogyakarta

Berwisata ke Yogyakarta namun bingung memilih jajanan apa yang cocok dilidah sanak keluarga? Jangan resah karena Yogyakarta memiliki segudang jajanan murah yang wajib Anda coba. Salah satu dari ribuan kuliner murah di Yogyakarta yaitu bakpia. Nama jajanan ini sangat melegenda. Hampir semua orang yang pernah berwisata ke Yogyakarta memilihnya.

Deretan Kuliner Murah di Yogyakarta yang Paling Melegenda
sumber : tripjogya

Ya, bakpia menjadi jajanan yang banyak dipilih oleh kebanyakan wisata. Terlebih lagi jajanan ini bisa ditemukan di semua tempat wisata Yogyakarta. Mulai dari wisata pantai sampai museum sekalipun banyak penjual yang menyediakan jajanan ini. Dengan kata lain untuk mencari penjual bakpia di semua tempat tidaklah sulit.

Bakpia sendiri merupakan jajanan yang memiliki bentuk bulat. Ukurannya kecil sehingga sangat mudah dikunyah sekali makan. Biasanya jajanan ini dikemas dalam box kotak kecil. Rasanya berbeda-beda tergantung dari varian rasanya. Sama halnya dengan gudeg, menu bakpia juga tidak lepas dari sejarahnya yang unik. Konon bakpia sudah ada sejak tahun 1980.

Bakpia sebenarnya berasal dari negeri China dengan nama asli Tou Luk Pia. Namun, di negeri asalnya bakpia diisi dengan sajian daging. Kemudian seiring waktu perkembangannya di Indonesia bakpia diisi dengan kacang hijau. Kini bakpia sudah dipasarkan dengan berbagai varian rasa. Mulai dari rasa kacang hijau, coklat, vanila sampai durian.

Nah, itulah deretan kuliner yang melegenda di Yogyakarta. Berbagai macam kuliner di atas tidak hanya murah namun memiliki citarasa yang tinggi. Selain cocok disantap di tempat menu tersebut juga cocok dibawa pulang. Apakah Anda tertarik untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh? Tengok dulu informasi lainnyaseputar kuliner murah di Yogyakarta di : https://www.cekaja.com/info/cek-5-rekomendasi-wisata-kuliner-murah-di-yogyakarta/.Dengan Keyword: kuliner murah di Yogyakarta dan Deskripsi: Mencari kuliner murah di Yogyakarta tidak sulit, dua di antaranya yaitu gudeg dan jajanan bakpia.

1 komentar

  1. Saya cuman suka bakpianya kang, sungguh nggak suka gudeg.
    Duuhh saya terheran-heran, itu lauk apa kolak sih, manis banget hahaha.

    Udah hampir 20 tahun tinggal di Jawa, tapi tetep nggak suka masakan Jawa yang manis :D

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon