20 November 2019

KASAM BUAH KEPAYANG : NASIB TULISANNYA TERKINI

Ada  sesuatu yang terjadi dengan nasib sebuah tulisan saya yang berjudul “Cara Membuat Kasam Buah Kepayang Yang Aman Dan Lezat “, yang  pernah saya tulis di blog ini sekitar tahun 2017 yang silam.Tulisan lama namun bersemi kembali.Eaaa...!!!

KASAM BUAH KEPAYANG : NASIB TULISANNYA TERKINI

Tulisan tentang cara membut kasam buah kepayang ini, saya buat berdasarkan pengalaman Pribadi.Lebih tepatnya saya tulis karena sering melihat ibu saya membuat kasam buah kepayang.Maka jadilah artikel tersebut.

Sedikit penjelasan : Kasam buah kepayang adalah lauk makan tambahan yang dibuat dari bahan dasar buah kepayang, lalu di fermentasi dalam jangka waktu tertentu dan biasanya dinikmati dengan cara di goreng dengan campuran cabe merah atau cabe hijau.Rasa kasam buah kepayang ini , sedikit asin, gurih,lembut dan memiliki cita rasa yang khas.

Jadi apa yang terjadi...dengan tulisan saya yang berjudul “Cara Membuat Kasam Buah Kepayang Yang Aman Dan Lezat “ yang saya buat tersebut...?

Yang terjadi adalah : ........

1. Artikel Tentang Kasam Buah Kepayang Menghasilkan Trafik

Keisengan saya membuat tulisan tentang cara membuat kasam buah kepayang, buah manis, yaitu tulisan tersebut ternyata selalu mendapatkan trafik dari mesin pencari Google. Horeei...!!

Itu artinya.....tulisan tersebut dicari orang, berguna buat orang lain dan tentunya bermanfaat.Sampai disini belum ada masalah besar yang saya alami.Intinya blog saya masih happy mendapatkan trafik dari tulisan saya tentang “ cara membuat kasam buah Kepayang “.


2. Artikel Tentang Kasam Buah Kepayang di COPASTE MENTAH – MENTAH

Setelah perhatikan si artikel penghasil trafik ini , saya jadi berpikir “ kok artikel tentang cara membuat kasam dari buah kepayang trafiknya tidak sederas dahulu yah.... “. Ada apa yah...??? Apa yang terjadi...!!!

Saya pun mencoba seach di Google dengan kata kunci “cara membuat kasam buah kepayang “ dan dengan kata kunci “ kasam buah kepayang “.

Dan saya cukup kaget juga sih....ternyata tulisan dan gambar pendukung artikel tentang “ cara membuat kasam buah kepayang “ yang saya tulis, TENYATA DI COPASTE seluruhnya Oleh sebuah Situs yang bernama “baturajaradiodotcom”.Oalahh...!!!

Perhatikan screnshoot yang saya ambil dari Situs si Copaste tersebut :



Lalu, kalau mau mengamati tulisan saya yang di copaste silakan baca :
Cara Membuat Kasam Buah Kepayang Yang Aman Dan Lezat

Tulisan saya yang di copaste tidak ada edit – editan  sama sekali oleh si Copaste.Sama persis.Ckckckck.

Dan yang lebih membuat kaget lagi,......situs baturajaradio ini adalah sebuah situs yang dimiliki oleh stasiun penyiar radio lokal. Yang mana Lokasi stasiun penyiar radio lokal ini berada, BERLOKASI TIDAK JAUH DARI RUMAH SAYA.Glek..glekkk..Glekkk....!!!Kayaknya  enak nih kalau langsung labrak saja ke Kantornya.hahahah......

Pantas saja artikel saya tentang “ cara membuat kasam buah kepayang “  lenyap entah kemana dan tidak jelas lagi trafiknya, rupanya ada situs lokal yang sudah mengasak  artikel saya tanpa permisi dulu.

Memang sih....ada nama blog saya yang ditulis dibawah artikel si Copaste.Namun saya tidak mengharapkan itu.Apalagi nama blog saya ditulis amat kecil sekali dan tidak pakai link do follow lagi.Haduhhh....!!!Rugi telak.hahaha....!!!

Tidakan copaste ini, ternyata sangat merugikan blog saya.Trafik jadi berkurang, mana si copaste pada ngak bayar lagi.Hahaha.....!


3. Artikel Tentang Kasam Buah Kepayang yang saya buat sulit ditemukan

Ketika saya mencari artikel  tulisan saya tersebut dengan kata kunci : 

“ kasam buah kepayang  “ 

 “ cara membuat kasam buah kepayang “ 


atau dengan kata kunci judulnya “Cara Membuat Kasam Buah Kepayang Yang Aman Dan Lezat “ .

Namun Artikel tulisan saya tersebut sulit ditemukan dimesin pencari Google, mungkin tulisan saya sudah ditendang oleh Mbah Google. Dan mengira sayalah yang copaste.hahahah.....,aneh si google.

Terus, bagaimana untuk mengatasi semua ini...? 

Solusinya adalah saya harus belajar Kreatif dengan melakukan tindakan menulis ulang tentang “ kasam buah kepayang “. Walau ini belum tentu berhasil untuk mengeser artikel saya yang di copaste. 

Namun paling tidak, saya sudah menjadikan perestiwa ini sebagai motivasi untuk menulis artikel terbaru yang bertemakan “ kasam dari buah Kepayang “.

Jikalau menggunakan solusi main labrak ke pemilik situs, rasanya ini terlalu mudah dilakukan, namun belum tentu akan menaikan kembali performa tulisan saya tentang kasam buah kepayang yang sudah terlanjur terlempar jauh dari SERP.

Menuliskan kembali tentang pengalaman cara membuat kasam dari buah kepayang dengan isi tulisan yang lebih baik dan fresh dari sebelumnya , mungkin akan jauh memberikan keuntungan buat blog saya dan para pembaca.Mudah - mudahan saja.

Kalau di pikir – pikir, yah memang beginilah fenomena di dunia maya, tulisan jenis apa apun akan berpotensi di copaste.Termasuk tulisan saya yang bertemakan “ Cara membuat kasam dari Buah Kepayang “.Jadi yah...kita kudu rajin elus - elus dada dan berusaha belajar lebih kreatif.Dan yang paling penting adalah Sabarrrr....! Sebab " Tak akan berlari gunung di Kejar ". Rezeki kita tak akan lari kemana - mana kok.Paling - paling di Patok ayam.hahaha....,kok jadi ngelantur. :)

12 komentar

  1. Kalau tulisan berbau ilmu pengetahuan, masak, mengolah apa gitu pesti berpotensi dicopast blogger agc kang, makanya kadang bingung, klo dicopas tanpa beda kalimat per kalimat tetep aja rugi di kita, soalnya merekanya nyetting ngepublishnya mah dimajuin, nah pertanyaan sy google mudeng ga yang asli duluan yang mana, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah,,iya Mbak.Memang rawan di copas...apalagi tulisannya sudah eksis.Habis deh di comot comot orang.hahaha....

      hahaha....mungkin Googlenya mudeng juga yah. :)

      Hapus
  2. ckckckckc, dasar para pemburu duit tapi nggak modal yak.
    Saya selalu sebeeeeeeeelll banget mengingat tulisan saya yang banyak dicopas juga.

    Btw saya malah belum baca tuh artikel kang, ternyata masih banyaaaakkk banget tulisan di blog ini yang belum saya baca.
    Btw pasang dong widget arsip blog kang.
    Lebih mudah bacanya.
    Saya biasanya ubek2 blog orang dari arsipnya, saya mulai dari paling awal, lucu2 tulisannya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....iya, ngak modal nulis sendiri.hkhkhk...

      saat ini tulisan saya diangka 500-an lebih mbak....dan tidak semuanya masuk ke dalam daftar isi.gegara sering ganti ganti label. :)

      males ahh...pasang widget arsip.beban loading blog jadi tambah berat,hahaha...lagipula tulisan lama, bikin malu maluin bangetz, hahahah....

      Padahal seperti yang mbak bilang, widget arsip mempermudah orang membaca semua artikel kita.Kayak saya sering ubek ubek blog mbak via Arsip. :) hihihi..

      Hapus
  3. selamat bergabung di klub korban copas Kang.. 😋😋😋 Bisa kalau mau laporkan ke dmca saja. Biasanya ga lama akan hilang tuh tulisan dari serp

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah...kira - kira saya anggota yang keberapa juta yah... ?

      Rencana saya sih mau lapor ke DMCA pak, tapi belum dilaksanakan.Saya coba untuk menulis ulang dahulu, saya penasaran,kira kira kalau di tulis ulang bakal bisa menandingi artikel si copas ngak yah..!

      Kalau ngak bisa, baru saya shutdown artikelnya dng melaporkan ke DMCA.

      Hapus
    2. Saya sudah yang 10 juta sekian gitu kang.. jadi harap ambil nomor antrian.

      Tidak mempan kayaknya kang karena sepertinya itu website sudah lebih tua dan lebih kuat. Susah menangnya. Tapi, met mencoba yah.. hasilnya lumayan jadi bahan tulisan

      Hapus
    3. hahaha....bakal susah nih ambil no.Antri.Soalnya sudah banyak yang senasib. :)

      mmmm....kalau begitu, mungkin saya akan ambil jalan dua - duanya sekaligus, bikin tulisan baru plus,,,laporin ke DMCA juga.Biar lebih lega gitu,haha....

      Hapus
  4. Mesin pencari tertipu setting waktu. Terus trafik sebuah site yang lebih besar dapat menelan site yang lebih kecil itu benar benar tidak fair. Saya paling sering mengalaminya.

    Coba mundurin tanggal artikel kang Nata tersebut. Nanti mesin pencari pasti bingung meng"crawling" ini teknik lama atau celah algoritma yang seharusnya sudah ditambal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari yang saya ketahui memang benar mas, settingan waktu mengecoh google.Saya belum pernah nih coba mundurin tgl di artikel copas.Nanti deh...kalau kepepet akan saya coba.

      Hapus
    2. wkkkk....nunggu kalau sudah kepepet itu aku banget kang..

      Hapus
  5. Ternyata begitu ya ... #terlalu #jahat

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon