14 November 2019

Meredakan Muntah pada Anak dengan Cara yang Tepat


Tenang dan tidak menyepelekan saat anak muntah adalah suatu hal yang tepat. Kondisi ini perlu ditangani segera mengingat sistem pencernaan yang terganggu dan menghambat proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Meredakan Muntah pada Anak dengan Cara yang Tepat


Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan mual dan muntah pada anak-anak seperti yang diulas di Penyebab muntah pada anak artikel gue sehat. Mau tahu apa saja caranya? Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Makanan yang mudah dicerna

Saat anak Anda mengalami mual dan muntah, maka jangan biarkan anak Anda mengeluarkan makanan tanpa mengisinya kembali. Segera berikan kembali makanan yang baru terbuang dengan mangajaknya makan terus menerus. Tapi, supaya sang anak mau untuk makan dengan nyaman, maka berikanlah makanan yang tergolong mudah dicerna. Beberapa makanan yang mudah dicerna antara lain seperti bubur dan roti gandum. Selain itu, berikan juga beberapa makanan favoritnya agar dapat merangsang sang anak agar lebih lahap saat makan. Tubuh anak Anda pun bisa menyerap kembali makanan yang baru terbuang saat muntah dan asupan nutrisinya pun akan tetap terjaga.

2. Sup sayuran

Saat mual dan muntah, anak Anda akan mengeluarkan makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya. Makanan tersebut sangat penting baginya karena berguna untuk mendorong proses tumbuh dan berkembang. Sayangnya saat muntah semua makanan tersebut keluar dan Anda perlu memberikan asupan nutrisi lagi agar tumbuh kembangnya tetap terjaga.

Agar bisa mengembalikan nutrisi yang telah terbuang sebelumnya sekaligus menyembuhkan rasa mual yang dialaminya, maka Anda bisa membuat menu sup sayuran untuk anak Anda. Sup memberikan rasa hangat yang berguna untuk membuat perut sang anak terasa rileks dan lebih nyaman. Sementara itu, sayuran yang disertakan dalam sup akan mengembalikan nutrisi yang terbuang selama sang anak mual dan muntah. Sehingga, menu ini bisa menjadi paket lengkap agar tumbuh kembang anak tetap terjaga selama ia mengalami mual dan muntah.

Disamping melakukan dua hal diatas, sebagai orang tua Anda juga perlu sigap dengan menyediakan selalu obat-obatan bagi anggota keluarga Anda. Salah satu yang wajib untuk disiapkan adalah Corticosteroid Nasal Spray di apotik bebas tanpa resep goapotikagar sistem pernapasan anak Anda tetap terasa lega.

5 komentar

  1. Ternyata cukup sederhana ya untuk meredakan muntah..

    BalasHapus
  2. Terkadang bila muntah pasti tidak enak untuk makan, setahu saya muntah itu karna masuk angin atau lagi demam.
    Kalau muntah masuk angin tiba-tiba saya rasa masih dapat di kasih sup sayur selera makan.
    Kalau muntah pas demam itu yang tidak enak untuk makan dan minum kan gan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kudu tetap wajib makan,kalau muntah biar ada tenaga. biar cepat ngejreng lagi staminanya :)

      Hapus
  3. Yang sering muntah tuh anak saya yang pertama, tapi dulu sih waktu masih bayi.
    Yang kedua ini juga muntah tapi nggak parah.

    Paling panik dah kalau anak udah muntah, apalagi kalau muntahnya terus-terusan, takut dehidrasi

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon