25 April 2019

Kebutuhan Air Putih Untuk Anak Bayi dan Mitosnya yang Beredar di Masyarakat

Kalau boleh menebak pasti para Buk’ibuk yang memiliki anak balita, koleksi botol susu bayinya pada buanyakk yach...#Wajar,kan sayang anak.

Begitupun juga dengan keponakan saya, stok botol susu bayi lumayan banyak juga. 

Kalau saya pikir – pikir secara logis, buat apa sich banyak – banyak ? Toh yang dipakai Cuma satu ketika dipergunakan.Iya toh.

Kebutuhan Air Putih Untuk Anak Bayi dan Mitosnya yang Beredar di Masyarakat
sajiansedap.grid.id

Setelah saya teliti, ternyata sisa botol susu bayi yang tidak dipergunakan tersebut rupanya difungsikan buat cadangan , ketika botol susu bayi  yang lainnya sedang kotor.

Selain buat cadangan, bisa juga digunakan sebagai mainan untuk si bayi dikala ibunya sedang sibuk hal lain.#buat pengalihan perhatian

Biasanya setelah habis dipakai botol susu bayi-nya  pada berantakan tuch di dapur dan butuh dicuci.#ayooo..ngaku....!

Nah….Urusan mencuci botol susu bayi , Saya ngak tahu gimana aturan mencuci botol susu bayi, yang saya tahu selalu bersih dan siap untuk pakai.

Sabunnya juga saya tidak tahu merek apaan ketika digunakan untuk mencuci botol susu bayi…mungkin sabun batangan kali yach,hahahah.#irit dong,,hahah.

Baru – baru ini saya baru tahu kalau untuk mencuci  botol susu bayi bisa mengunakan sabun botol susu bayi khusus , Salah satu sabun untuk mencuci botol susu bayi adalah Bottle Nipple yang merupakan produk dari Sleek Baby.

Kebutuhan Air Putih Untuk Anak Bayi dan Mitosnya yang Beredar di Masyarakat


Sabun Botol  susu bayi ini bernama food grade Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleane.

Bottle Nipple yang merupakan produk dari Sleek Baby ini merupakan Pembersih botol dan aksesoris bayi dengan formula FOOD GRADE.#keren kan..?

Kelebihan dari Sabun pencuci foodgrade adalah mencuci botolnya lebih bersih, bahan bakunya aman untuk bayi dan tentunya bisa mengusir bau tak sedap yang menempel pada botol.

Selain selalu sedia sabun botol susu bayi ( tentunya pastikan sabun pencuci foodgrade) untuk mencuci botolnya, anda juga perlu tahu bahwa bayi tidak boleh sembarangan diberikan air putih.

Jika Anda memutuskan untuk memberikan air pada bayi anda, silakan membatasi berapa banyak yang Anda tawarkan. Pemberian air berlebihan nantinya secara tidak disadari akan menggantikan asupan ASI atau susu formula.

Bayi yang minum terlalu banyak air dapat turun dengan intoksikasi air. Untuk anak-anak bawah usia 1 tahun - dan terutama selama sembilan bulan pertama kehidupan - minum terlalu banyak air bisa menjadi praktik berbahaya.

ASI menyediakan semua cairan bayi sehat yang dibutuhkan. Jika ibu merasa bayinya perlu mengambil air tambahan, harus dibatasi dengan dua sampai tiga ons pada satu waktu, dan harus ditawarkan hanya setelah bayi telah puas kelaparan dengan pemberian ASI atau susu formula. 

Bagi orang tua yang melahirkan bayi mereka di bawah usia 12 bulan mengambil pelajaran berenang, harap berhati-hati dari jumlah air yang bayi mungkin secara tidak sengaja menelan. 

Setelah bayi adalah masa lalu usia 6 bulan, mungkin saja bisa ditambahkan minum 60 sampai 120 cc air dua kali sehari sampai ia mencapai usia 1 tahun. 

Pada usia 12 bulan, anak harus minum minimal 120 cc per hari, berdasarkan kehausan anak. 

Berikut beberapa mitosnya:

1. Lidah putih: 

Warna putih di lidah sebenarnya bisa disebabkan karena gangguan hipersensitif saluran cerna atau karena timbulnya jamur atau candidiasis. Air putih tidak bermanfaat untuk menghilanggkannya. Jangankan air putih, kadang dibersihkan dengan kasa basah saja warna putih tersebut kadang tidak hilang. 

2. Sulit BAB: 

Pemberian air putih untuk mengatasi gangguan sulit buang air besar sampai saat ini masih belum dibuktikan dalam penelitian. Bahkan banyak kasus penderita konstipasi minum air putih banyak, makan sayur dan buah banyak bahkan minum obat pencahar jangka panjang tetapi keluhan tidak membaik bila penyebabnya tidak dicari. 

3. Silakan ditambahkan kalau ada pengalaman tentang mitos air putih yang berkaitan dengan bayi di kolom komentar dibawah ini.

Yang pasti jangan lupa yach….kalau buk’ibuk mau mencuci botol susu bayi pastikan menggunakan sabun pencuci foodgrade, biar botolnya bersih, nyaman dipakai bayi dan tentunya akan bebas bau.okeyyy….

Demikianlah artikel tentang Kebutuhan Air Putih Untuk Anak Bayi dan Mitosnya yang Beredar di Masyarakat ini dibuat semoga bermanfaat.

19 komentar

  1. ada-ada aja ya gan mitos di masyarakat, tapi air putih memang sangat penting sekali untuk dikonsumsi tubuh agar sehat dan kuat :)

    BalasHapus
  2. ramai yang terlepas pandang bila berbicara tentang kebersihan botol bayi. bagi mereka, hilang sisa susu sudah memadai...

    BalasHapus
  3. Wah keren nih kando udah ada ilmu ngurus anak meski calon ibu dari anak-anaknya belum ada ya,hihi. Saya juga pakai sleek utk cuci botol dot anak.

    BalasHapus
  4. Yang pasti kekurangan cairan minum itu .. berpengaruh buat kesehatan ginjal, kang.

    Selain itu kulit jadi tampak kering, kelembabannya kurang.

    Kalau efek kelebihan pemberian air putih buat adik bayi ..., aku belum paham karena apa ..., aku belum punya momongan wwwwkkk

    Tentang sabun khusus botol bayi, sepertinya memang ampuh membasmi kuman juga punya aroma khas bayi yang lembut, yaa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, bahkan pak su saya, air putih tuh dijadiin semacam terapi kesembuhan kalau udah gak enak badan :D

      Hapus
    2. iya mas hilmawan ya, sekarang ini memang sedang gencar-gencarnya promosi akan pentingnya kesehatan ibu dn bayi, mungkin sabun ini bisa menjadi alternatif dan pilihan ibu-ibu untuk memilih alat pembersih botol bayi, karena dibilas dengan air hangat dan sabun biasa saja belumlah tentu baik, untuk itu gunakanlah sabun ini,..ea,..nunpung harga murah meriah,...ea ngomong-ngomong berpa tuh kang harganya ? barangkali ibu-ibu dirumah pengen beli

      Hapus
  5. Saudara saya punya botol bayi empat buah. Agar tidak kedodoran.
    Saat belum sempat menyuci botol, masih ada cadangan botol bersih.
    Ditempat saya sudah ada belum ya sabun pencuci botol itu. Nanti mau saya cek ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan di cek mas, kalau ngak ketemu, cari infonya di grup ibu ibu doyan nulis yach,heheh

      Hapus
  6. Waktu anak pertama saya dulu minum sufor, jadi botol susunya seabrek, biar gak bolak balik cuci botol, jadi disimpan dulu, sekalian cuci banyak.

    Dan cairan pencuci botolnya sudah pasti pakai sleek lah, dulu malah anak saya ikutan kontes foto sleek, terus mamak Rey, lebay banget minta si kakak bayi bergaya hahahaha

    Air putih penting banget buat semua orang, termasuk bayi.
    Anak saya dulu tetep minum air putih meski minum sufor.

    Dan anak saya yang bayi sekarang malah doyan banget minum air putih setiap harinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikasih tambahan suplemen ronnie collman aja teh biar anaknya berotot,..wkwkckk 😁😂

      Hapus
    2. Mbak Rey > hahahah..lucu dan bikin ngakak pengalamannya mbak, dan ternyata air putih bisa membuat kulit si bayi tambah halus yach mbak...

      Kuanyu > whattsss.... nnti bisa kayak HULK dong, hahahah...

      Hapus
    3. wkwkwkkw kepoooohhh, apa sih Ronnie Collman itu? kudet banget saya :D

      Hapus
  7. baca artiekl ini berasa balik ke masa lalu deh ya,...enak,..kecil,..imut dan gemesin banget,..karena saya kecil dulu kan gendut bangaet,...ea,..memang betul kang ya, kalau punya bayi ya memang harus siapkan bool sussu, kalau enggak ya kn jadiny repot kalau botol susunya rusak atau apa,..setelah itu jangan lupa cucilah botol susu bayi dengan dibilas air hangat juga agar bakterinya hilang dan sang bayi bisa sehat walafiat,....ha-ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai laki - laki kita harus siap dana buat beli botol susu, masak maunya enak doang, hahahah.....

      kalau ngak ada botol susu, pakai botol air mineral saja mas,hahahah.........lumayan ngirit.hehe...

      Hapus
    2. wkwkwkwkkw ckckckc para bapak-bapak ini, rumpiannya betul-betul ngaco, kalau gak ada botol susu kok pakai botol air mineral sih?

      Pakai mangkuk bakso dong, cucinya juga Sleek *eh hahahaha

      Hapus
    3. Upsss..ketahuan nich...obrolan kita mas,hahaha....kabur ahhhh....dari pada dilempar pakai popok bayik..... :)

      Hapus
  8. Sleek memang produk terkenal buat cuci botol susu bayi..emak2 punya bayi pada tahu soalnya emak2 suka rempong sama bayinya
    Kalau bayi saya kang harus siap 2 botol dalam satu sesi, soalnya ga suka botol besar dia,maunya yang kecil 60ml, jadi kudu stok botol kecil rada banyak he he he

    BalasHapus
  9. Dapat dua pengetahuan baru, pertama baru tau kalo ternyata botol susu bayi, ada sabun pencuci khusus. Hehe. Dirumah mah cuci biasa aja pakai sabun pencuci piring. :"
    Yang kedua, baru tau kalau minum air putih untuk bayi ada mitosnya. Saya sih pas ibuknya pergi, dan adek-adek kebetulan haus ya sudah kasih saja air putih secukupnya, kadang dikasih gula sedikit, karna tidak dibiasakan minum sufor. Nanti pas ortunya dating baru laporan aja kalau tadi saya kasih minum air.

    BalasHapus
  10. Baru tahu ada sabun khusus utk mencuci botol bayi, dulu waktu anak2 masih kecil, biasanya direbus botolnya katanya biar higienis

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon