01 April 2019

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Jangan Lupa Persiapkan 5 Hal Ini.


Teman-teman sadar nggak kalau bulan suci Ramadhan akan datang kurang lebih sebulan lagi. Bagi umat muslim, bulan ini terasa istimewa sekali. Karena di bulan Ramadhan segala amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya.

Ibaratnya karyawan nih, bulan Ramadhan semacam bulan bonus. Pahala yang bisa diraih jumlahnya berkali-kali lipat dibanding bulan biasanya. Ini kesempatan emas bagi kita untuk mengumpulkan bekal akhirat kelak. 

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Jangan Lupa Persiapkan 5 Hal Ini.


Nah, karena bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial, dimana kita diwajibkan berpuasa satu bulan penuh dan menyemarakkan malam-malamnya dengan sholat tarawih berjamaah, tentu harus ada persiapannya dong. 

Menyambut kedatangan tamu atau kerabat dari jauh aja kita pasti akan sibuk menyiapkan jamuan, apalagi menyambut tamu istimewa yang hanya datang setahun sekali ini. 

Ini dia 5 persiapan yang sebaiknya dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan. 


1. Persiapan Fisik 

Bukan Atlit saja yang perlu latihan, menyambut bulan puasa juga perlu latihan fisik lho. Bayangin aja selama sebulan penuh kita tidak makan dan minum dari fajar sampai petang, namun tetap harus melaksanakan kegiatan seperti biasa. 

Makanya kita harus latihan dari sekarang. Caranya dengan mulai rutin berolahraga agar fisik tetap sehat dan bugar. Merutinkan puasa sunah Senin dan Kamis juga bisa sebagai sarana latihan, agar tidak kaget saat berpuasa di bulan Ramadhan nanti. Bonusnya juga dapat pahala, kan. 

Untuk para wanita yang tahun kemarin berhalangan puasa karena haid dan nifas, juga jangan lupa ganti puasanya ya. 


2. Konsultasi ke Dokter 

Kalau persiapan yang ini wajib dilakukan bagi teman-teman yang memiliki riwayat sakit pencernaan, misalnya maag akut. Sebelum mulai berpuasa, coba konsultasikan dulu dengan dokter apa saja kiat-kiat yang bisa dilakukan agar tetap bisa menjalankan puasa tetapi penyakit tidak kambuh. 

Kalau nggak mau repot ke klinik atau rumah sakit, sekarang sudah banyak kok layanan konsultasi dokter via chat, telpon, atau video call. Misalnya Alodokter, Halodoc, dan YesDok. 

Dengan cara ini diharapkan teman-teman yang punya riwayat sakit tertentu tetap bisa menjalankan puasa dengan lancar dan nyaman. Ingat, ibadah puasa memang wajib tapi memperhatikan kesehatan tubuh juga penting. Lagipula Islam itu tidak memberatkan. Sekiranya indikasi medis mengatakan tubuh kita tidak sanggup menjalani puasa, bisa diganti di lain hari atau dengan membayar fidyah. 


3. Membaca kembali ilmu tentang amalan di bulan Ramadhan 

Nah agar pahala dan keberkahan yang bisa didapatkan menjadi maksimal di bulan Ramadhan, nggak ada salahnya nih teman-teman mulai mencari informasi lagi tentang amalan ibadah apa yang sebaiknya dilakukan di bulan Ramadhan. 

Baik dengan cara mengingat kembali niat dan doa berpuasa, juga bacaan sholat tarawih dan witir. Bisa juga dengan mengajak teman-teman kantor, atau komunitas untuk mempersiapkan acara bakti sosial selama bukan Ramadhan. 

Sehingga ketika bulan suci Ramadhan tiba kita sudah siap berbulu pahala istimewa. 


4. Mempersiapkan pakaian terbaik untuk beribadah

Setelah menyiapkan fisik, kesehatan, dan juga ilmu, kita juga perlu menyiapkan pakaian yang layak dan baik untuk beribadah. Seringnya kita malah sibuk membeli pakaian baru seminggu menjelang lebaran. Alhasil kalau minggu terakhir bulan Ramadhan itu masjid jadi sepi, mall justru jadi ramai. 



Nggak salah sih kalau beli baju menjelang lebaran, karena memang dianjurkan merayakan hari kemenangan dengan berpakaian yang terbaik dan indah. Tapi hikmah yang bisa dipetik ketika bulan Ramadhan bukan cuma menyambut lebaran, melainkan lebih kepada sebaik-baiknya amal yang dapat dihimpun selama bukan suci ini akan berlangsung. 

Sehingga penting juga untuk mempersiapkan pakaian yang bagus untuk beribadah di bulan Ramadhan. Mulai dari baju muslim orang tua, sampai baju muslim anak. Hendaknya yang terbaik yang dipakai ketika beribadah. 

Ibaratnya nih, ketika mau ketemu orang yang disayang kita pasti memakai baju terbaik, memakai wewangian, dan berdandan rapih. Masak mau menghadap Allah SWT malah sebaliknya. Lagipula pakaian indah nggak harus mahal. Yang penting bersih, sedap dipandang, dan sesuai dengan situasi dan kondisi. 


5. Menyiapkan pos/anggaran dana khusus

Bulan Ramadhan identik dengan agenda berbuka bersama. Biasanya mulai deh salah satu teman masa sekolah akan mengundang kita ke dalam grup yang berjudul “Reuni dan bukber SD/SMP/SMA/KAMPUS XXX”. 

Itu baru teman sekolah, belum lagi teman kantor, teman sepermainan, teman-teman komunitas (apalagi kalau banyak ikut komunitas) keluarga inti, keluarga besar,kalau mau diikutin semua bisa-bisa jadwal 30 hari berpuasa penuh dengan buka bersama di luar. 

Biasanya buka bersama ini mewajibkan iuran masing-masing yang sudah ditetapkan. Mulai dari 30ribu sampai 100ribu pun ada. Wah kalau 10 kali aja buka bersama anggarannya sudah berapa tuh? Padahal di bulan Ramadhan ini ada kewajiban lain lho seperti Membayar zakat fitrah, bersedekah, membeli keperluan lebaran, dan sebagainya. 

Makanya kita bisa menyisihkan anggaran mulai dari sekarang nih. Biar nanti uang THR dari kantor nggak habis seketika. 

Itu dia 5 persiapan yang perlu teman-teman lakukan dalam menyambut “tamu istimewa” bagi umat muslim yang akan datang bulan depan. Semoga kita semua diberikan umur yang panjang agar bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini dan merayakannya pada hari Idul Fitri.

29 komentar

  1. Kalau kami sekeluarga di rumah, menyiapkan tabungan khusus keluarga kang. Jadi yang mau nabung ya nabung buat persiapan ramadhan :)

    BalasHapus
  2. nggak terasa udah setaun lalu berlebaran, bulan depan udah puasa lagi.
    pastinya akan banyak ajakan & undangan bukber bukber

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau banyak undangan bukber, bubur kolak yg ada dirumah buat saya saja yach, lumayannn.... :)

      Hapus
  3. Iya gak kerasa kita udah mau puasa aja ya kang, buat yang usaha dagang mesti stock produk sebanyak-banyaknya ini. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.Mbak.buat yang jualan siap, dagangannya bakal di borong.hahahah

      Hapus
  4. bagi saya yang peling penting sepertinya persiapkan mental,mental puasa ya,he-he karna di bula puasakan banyak godaannya dan selain itu jangan lupa sediakan uang untuk beli cendol da es buah untuk berbuka,eh janagn lupa kurmanya,biar hidup tambah manis,semanis wajah yang komen wkwkckk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.....Mas Bisa saja, ngelucu..hkhkhkhk....

      saran saya mas, kalau puasa, jng pasang fhoto profile, ntar orang2 buka puasa pakai wajah Mas, hahahah....

      Hapus
  5. mau beli ini kang nata.. aku lagi persiapan beli baju anak Cassie buat lebaran.. biar ga mahal2 kan harus beli dari sekarang.. thanks kang nataa informasinya yach

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak betul cerdas, beli sebelum harga muahallll.... mudah2an para pedagang belum naikan harga. :)

      Hapus
  6. Siapkan fisik, terutama bagi yang sedang diet dan punya sakit maag huehehehe. Persiapkan bahan-bahan penting buat sahur, karena untuk berbuka kan mudah :D. Persiapkan waktu untuk Tarawih dan Tadaruz ini ... kalau Tadaruz sih oke, kalau Tarawih kadang bentrok sama kegiatan ini itu yang dadakan hiks ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yach betul sekali Mbak, kesabaran juga butuh disiapkan Mbak. :)

      Hapus
  7. Kalau saya persiapan fisik dan mental kang.
    ramadhan means, emak kudu bangun lebih subuh, dan berjuang membangunkan si kakak yang gitu deh wkwkwk

    Juga persiapan fisik dan mental mengatur jadwal anak, malam kudu sholat Tarawih, pulang pukul 8 malam, sampai rumah kudu ngemil dan belajar, pukul 3 pagi bangun, lalu persiapan sekolah.
    Ya ampuunn, banyak-banyak berdoa semoga diberi kekuatan dan kesabaran menikmati bulan penuh ampunan tersebut.

    Semoga berkah semua tantangannya menjadi catatan amal di akhirat nanti, aamiin.

    masalah bukber gak dipikirin, sejak jadi IRT apalagi punya bayi, gak lagi bisa bukber2an.
    Palingan bukber keluarga suami aja.

    Masalah baju lebaran, palingan buat anak dan pak su aja, oke juga nih buka blibli buat intip baju muslim anak.
    Baju mamak udah banyak, malu ama lemari hahaha

    *bilangnya sih gitu, abis itu ternyata baju mamak yang paling banyak dibeli wkkwkw (kalau ada duitnya sih hahahah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah..... yang sering terjadi adalah baju Pak Su terakhir dibelikan,itupun kalau ada sisa uang...hahahah...

      Hapus
  8. intinya fisik, rohani dan spiritual ya kang Alhamdulillah diingatkan semoga kita di beri umur panjang ya kang, Oh iya mohon maaf lahir dan bathin sebelum memasuki bulan Ramadhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMIN.

      sama - sama saling memaafkan yach, Mas.

      Hapus
  9. yang wanita, sudah habis ganti puasanya ke belum? heheh

    BalasHapus
  10. Tidak terasa, Ramadhan lagi...Mubarak Ramadhan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya mah kerasa, Mbak, hahahah,Mubarak Ramadhan!

      Hapus
  11. Bulan Ramadhan identik dengan agenda berbuka bersama. Biasanya mulai deh salah satu teman masa sekolah akan mengundang kita ke dalam grup yang berjudul “Reuni dan bukber SD/SMP/SMA/KAMPUS XXX”.

    betul sekali, biasa acara tahunan, kadang susahnya sering tabrakan sama ajakan bukber lainya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.Mas kebanyakan bukber, hahah..coba sehari - hari makan bareng trus kyak gitu, pasti asyikkk

      Hapus
    2. wkwwk,,, ide yang bagus, syukur2 ada yang bayarin ya gan,, hahaha

      Hapus
  12. Bentar lg ya ternyata.. Sy kangen solat tarawehnya sm bunyi bedug ato tetabuhan pas bangunin sawurnya... Ada nuansa berbeda setiap bulan puasa gak tau apa gitu yaaa... Yg penting tiap buka gak kalap aja liat menu.. Ntar giliran puasa berakhir mlhn tambah endut 😁😁

    BalasHapus
  13. Biasanya pengeluaran malah lebih banyak, jadi persiapan materi juga menjadi perhatian. Bisa buat bukber atau sodaqoh kang ya..

    BalasHapus
  14. Ya ampun, persiapan saya kayaknya harus ada tabungan untuk bayar zakat fitrah, takut kala ramadan suami tak kerja. Semangat ikut lomba dan kirim tulisan ke mana-mana.
    Maaf saya belum isi pos baru di blog, main saja di pos lama yang sepi komen, ha ha.
    Saya sudah panen jagung, sedihnya uang harus dipakai untuk berobat ke dokter karena bengkaknya menjadi infeksi, dulu sekadar luka biasa tetapi setelah ada yang penget jadi pecah dan melebar. Sekarang harus keluar uang banyak. Sedih karena tablet belum terbeli malaha dipakai berobat dulu. mohin doanya semoga saya lekas pulih.
    Semoga ramadhan tahun ini membawa keberkahan dan kita tetap lancar rezekinya. Aamiin.
    Soal abju, prioritas utama untuk anak, sebaiknya beli sebelum ramadhan atau di awalnya. Di pasar saja, he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya pasti ada hikmahnya Mbak, Tapi dahulu saya pernah tawari rezeki , tapi kok sampai hari ini ngak ada kabar lagi ya, hahahah.....

      saya doakan semoga cepat sembuh yach Mbak, biar bisa nulis dan beraktifitas seperti biasanya.Amin

      Hapus
  15. Nah ini dana anggaran untuk buka puasa bareng suka lebih dari estimasi apalagi sekelas saya, ceileee yang anak gaul ini temannya dimana-mana. Jadinya kadang nunggu panggilan bukber gratisan aja. wkwkwkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah.....kalau bisa selama sebulan penuh bukber mulu, biar irit,,,hahahah........ :)

      Hapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon