01 Juli 2019

Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Sayuran Hijau

Suatu  ketika emak saya mengeluh lutut kaki kanannya sakit, ketika saya lihat, lutut kaki kanan emak saya membengkak. Oh My God, sayapun ikut sedih, sob..!!!


Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Sayuran Hijau
Sumber : id.wikihow.com

Awalnya saya tidak tahu kalau yang emak saya derita adalah asam urat, sehingga pertolongan pertama yang kami lakukan dahulu adalah mengurut atau memijat lutut kaki kanannya yang bengkak tersebut.

Asumsi saya waktu dahulu, saya pikir lutut kaki kanan ibu saya terkilir, keseleo atau salah urat gitu..! Maklum waktu itu emak saya habis dari jalan jalan ke Kebun.Jadi solusi awalnya kami atasi dengan membawa emak saya ke Ahli Pijat terdekat.Siapa tahu memang salah urat, begitu pikir kami.

Setelah dipijit, ternyata kaki emak sayapun tidak kunjung membaik, rasa sakit pada lutut kaki kanannya masih belum mereda.#lah Wong, kena asam urat, bukan keseleo, jadi mana mempan jika diatasi dengan dipijat, hihihihi….., maafin kami yah Mak…!! Karena salah memberikan solusi,hehehe…

Karena lutut kaki kanan emak saya, masih terasa sakit, maka saya ajak ibu saya berobat ke dokter. Kalau tidak salah waktu itu dokter bilang , kalau lutut kaki kanan ibu saya sepertinya terkena asam urat.

Lalu Kemudian oleh dokter diberikan obat.Saya lupa nama obatnya.Pokoknya setelah minum obat tersebut, sakit pada lutut kaki kanannya mereda dan pembengkakan pada lututnya pun mulai mengempes ( menjadi normal kembali ).#saya pun menjadi senang melihat perkembangan kesehatan lutut emak saya.

Namun…..sekitar dua minggu kemudian, rasa sakit di lutut kaki kanan emak saya pun kambuh lagi, hiks,,,hikss,,hikss, saya menjadi sedih kembali, dunia kayak bergoncang, gue menjadi kepikiran terus.

Lalu kemudian saya coba browsing di internet, makanan apa saja yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat.

Ternyata menurut informasi yang saya baca di Internet, Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah Sayuran berwarna Hijau, Kacang – kacangan, Ikan yang berasal dari laut.

Ketika emak saya mengalami rasa sakit kembali pada lututnya, maka saya menanyakan dengan halus “ Apakah beberapa hari yang lalu, pernah mengkonsumsi Sayuran berwarna Hijau, Kacang – kacangan, Ikan yang berasal dari laut..? “ 

Emak sayapun jawab “ iya, tapi sedikit “.

Sayapun tersenyum manis kepada emak saya, semanis madu, cieeee,,,,!!! lalu menyarankan untuk menghindari Makanan yang memicu kambuhnya asam urat. Dan menganti jenis makanan tersebut dengan makanan lain.

Jika makanan atau sayuran seperti sayur yang berwarna hijau tetap dikonsumsi , biasanya emak saya akan merasakan rasa sakit dilututnya, karena sayuran hijau dari informasi yang saya baca di Internet, mengandung kadar purin yang tinggi.


Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Sayuran Hijau
Sumber : www.diedit.com

Sebagai tambahan Informasi, yuk,,,baca sampai habis yah…., siapa tahu pengetahuan dibawah ini berguna buat kalian….


Beberapa jenis sayuran hijau mengandung kadar purin yang cukup tinggi. Jadi, bolehkah penderita asam urat mengonsumsinya? 

Tingginya asam urat dalam tubuh disebabkan pola makan tinggi purin. Purin adalah zat pemicu asam urat yang sebenarnya juga sudah ada di dalam tubuh. Adanya konsumsi berlebih makanan tinggi purin membuatnya semakin mengendap di dalam tubuh, membentuk kristal dan menimbulkan nyeri sendi. 

Makanan tinggi purin identik dengan jeroan. Tapi tahukah Anda, beberapa jenis sayuran hijau juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi? Hal inilah yang memunculkan larangan agar penderita asam urat tidak makan sayuran hijau.

Perlu diketahui dulu, makanan yang termasuk kategori tinggi purin adalah mengandung purin lebih dari 200 mg per 100 gram. Sedangkan, makanan yang rendah purin mengandung zat itu kurang dari 100 mg per 100 gram. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal pada tahun 2017, meski beberapa jenis sayuran –terutama sayuran hijau mengandung purin, konsumsinya masih tergolong aman untuk orang dengan asam urat.

Adapun beberapa sayuran yang mengandung purin sedang antara lain asparagus, bayam, kembang kol, dan jamur. 

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, keempat sayuran tersebut memang harus dikonsumsi lebih jarang oleh penderita asam urat. Sementara sisanya? Tetap bisa Anda konsumsi selagi masih dalam batas wajar. 

Dengan demikian, tidak benar bahwa penderita asam urat tidak boleh makan sayuran hijau sama sekali. Penderita asam urat masih boleh makan sayuran hijau –khususnya asparagus, bayam, dan kembang kol, asalkan tidak terlalu sering dan tidak terlalu banyak. 

Bila penderita asam urat sudah mengonsumsi sayuran hijau tersebut, usahakan untuk tidak menyantap daging jeroan (hati, ginjal, paru), daging merah (sapi, kambing, domba), ataupun makanan laut (udang, kerang, kepiting) lagi. Sebab, ketiga makanan tersebut mengandung purin yang sangat tinggi. 

Usahakan juga tidak memilih minuman bersoda atau minuman beralkohol. Kendati tidak mengandung purin, minuman yang tinggi kadar gulanya juga dapat memicu serangan asam urat. Selalu pilih minuman alami seperti air putih ataupun jus buah jika Anda adalah penderita asam urat. 

Bagaimana..? Apakah kalian memiliki pengalaman seputar Asam Urat ? Yuk, koment di bawah ini.

30 komentar

  1. alhadulillah belum pernah ngalamin asam uat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan terkena yah Mas, soalnya atitttt dan bisa membuat bobok terganggu, hahaha....

      Hapus
    2. Wahhh baru tau nih kalau memang gak boleh dikasih sayuran gitu.. Informasi yang bermanfaat sekali

      Hapus
  2. Asam urat bikin salah urat. Saya alami sendiri kala mendadak jari kaki saya melengkung ke arah jempol, sakitnya bukan main sampoai menjalar ke atas betis. Kayak tegang ditaruk gitu urat dalam bagian itu.
    Saya tahu tidak boleh makan jeroan dan sayuran gihau tertentu. Jadi bingung sendiri napa orang kurus bisa kena asam urat? Apa karena baru tahun itu saya telah hidup tenang dan bisa makan layak. Layak dalam artian tidak garam atau janur suung liar di kebun dekat rumah. :D
    Informasi Kang Nata membantu banget bagi saya yang semoga asam uratnya tidak kumat.
    Kayaknya saum bisa membantu penderita asam urat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiihhh ngeri juga ya mba, jadi lebih ngeh lagi sama pemicunya nih, emang sehat itu selalu terasa saat sakit melanda :)

      Hapus
    2. Mbak Roh > asam urat kayaknya ngak peduli dengan korbannya Mbak, mau langsing atau bohay, tetap saja nempel. Yang penting jauhi makanan yang bakal membuat asam urat kambuh, kalau kambuhkan bisa berabe, bisa bisa susah ngeblog, hahaha....

      Mbak Rey > yuk, kenali diri kita biar, kita bisa berpantang dalam memakan sesuatu, biar cehat celalu..... :)

      Hapus
  3. Yaa apa yang dituturkan diatas memang ada benarnya...Tetapi biasanya untuk menghindari makanan sayuran hijau sepertinya sulit...😄😄

    Jadi intinya makan sayuran hijau dengan tahap yang wajar asal seimbang mungkin tidak berpengaruh...Selama kondisi asam urat tidak terlalu parah.

    Akan lebih bagus sering melakukan terapi2 khusus. Kecuali jeroan itu mah memang harus dihindari...😄😄

    Ciieee ile sotoy banget gw yaa....Kaya Dokter aja.😂😂😱😱😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.....iya, Mas pinter banget kayak dokter, huahaha...

      Ohy, kalau terapi, pakai terapi apakah..?

      Bisa kok dihindari kok, caranya gampang, jangan sentuh sayurannya, hahahah....

      Hapus
    2. Untuk terapinya ada khusus mas... Waktu itu saya ngantar ibu saya kerumah sakit untuk control penyakit tulang....Tiba2 sang dokter memvonis ibu ternyata punya asam urat. Sebaiknya sering diterapi.

      Akhirnya saya bawa ibu saya keruang Rehapbilitas medik untuk terapi cuma dibimbing sama dokter tulangnya..

      Kalau namanya terapi nya apa yaa saya juga bingung soalnya orang stroke, dan sakit jantung saya lihat pada ikut terapi juga...😱😱😱

      Apa iya nama Terapi nya Terapi masal atau Salome...😂😂😂😂😂

      Saya tanya ibu saya jawabnya cuma Terapi aja...😱😱

      Nanyain dokter kedokter tulangnya harus nunggu bulan depan berarti...😂😂😂😂

      Lhaa nganter ibuku ke rumah sakit cuma ingin lihat perawat sama suster cantik doang gini nih jadinya...😂😂😂😂😂😂

      Eeehhh ada yang kurang sama dokter cantiknya juga...😂😂😂 🏃🏃🏃🏃

      Hapus
    3. hahahah..Mas bisa saja, sambil menyelam sambil minum air, sambil mengobati si Ibu, sambil lihat action si Perawat.Semoga berjodohnya, hihihih.... :)

      Coba tanyain nanti Mas, terapinya apaan... :) pliss yah, hehehe...

      Mas tau ngak apa arti Salome....?

      Hapus
  4. Mama saya juga asam urat, ibu mertua juga.
    Kayaknya penyakit orang tua ya, meski zaman sekarang bahkan yang muda juga ngalamin.

    UDah gitu, mama saya paling nakal kalau dibilangin menghindari pemicunya, suka banget makan makanan pemicu, giliran udah sakit sampai bengkak, ngeluh deh.

    Kan sedih kaminya, mana di sana beliau sendiri.

    Dulu kata senior di tempat kerja saya, dia pakai ekstrak bawang putih ya kalau nggak salah buat menghilangkan asam urat CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmmmm, sama dong dengan emak saya, terkena asam urat juga. :) jadi sedih yah, kalau udah dengar mereka ketika sedang sakit. :(

      Mbak rey, mesti rajin ingatin mereka, ingat mesti rajin ingatin yah, hahahaha....#maksadotcom.

      ekstrak bawang putih, emang ada yah...Mbak? dijual dimana..?

      Saya butuh nih, buat ibu saya.

      Hapus
    2. Ada kang, dijual di apotik, atau toko obat herbal, saya belum pernah beli sih, mama saya ogah meski dipaksa, hadehh..

      Tapi senior saya dulu, rajin netralin pakai itu kalau abis makan aneh2.
      Alhasil, usianya udah tua, tapi bebas makan apa saja

      Hapus
    3. wah,,,perlu dicari nih, biar ortu kita selalu sehat, eeee,,kalau kita kita yang masih muda ini, ( ceieee...) boleh ngak makan ekstrak bawang putihnya...?

      Hapus
    4. Boleh banget kang, pan itu emang bahan herbal, bawang putih manfaatnya banyak kan, kang Nata mah paling doyan konsumsi hahaha

      Sekalian cari produknya tuh, minta diendorse *etdaaahhh, mamak mata duitan hahahaha

      Hapus
  5. Senyumnya menyehatkan banget yg dikasih ke emaknya kang nata, semanis madu 😁

    Padahal cm sedikit konsumsinya tapi bisa langsung kambuh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,ya iyalah Mbak, harus senyum semanis mungkin, karena sewaktu kecil kita juga pernah dikasih senyuman manis. eaaaa....!!!

      Iya.Mbak.sedikit saja bisa kambuh. :)

      Hapus
  6. gout kalau bahasa melayunya, kalau sudah bengkak kaki atau persendian itu parah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..iya mas. Semoga mas ngak terkena asam urat yah, hihihi.....

      Hapus
    2. Saya kemaren baca kata 'gout' agak gagal paham, kirain 'ogut' hahaha.
      Serem juga ya penyakit kayak gini :(

      Hapus
  7. Bapak saya juga punya sakit asam urat. Tapi susah nian orang tuo tu diomongke. Jangan makan jeroan, jangan makan kacang, jangan makan ini itu, laju tu lah dimakan. Kalau sudah sakit baru ngeluh. >.<"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah, harus tetap sabar diingatkan din...., hitung hitung berbakti kepada Ortu.

      Ohy,,,kalau tinggalnyo serumah, cubo jauhke makanan yang menjadi pemicunyo,

      sekali lagi tetaplah sabar yang din,,,tetaplah diawasi dan dingatkan, eeeee...kok kando jadi cak ngejuk perintah, hahahah......#peace.

      Hapus
  8. kalau sudah kena asam urat, konsumsi protein harus dibatasi, kebanyakan dikit aja bisa kumat, kata yg pernah terkena, sakitnya minta ampun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, soal protein dari yang saya ketahui berdasarkan pengalaman, sebaiknya hindari daging dari protein yang berasal dari laut Mas,

      # Termasuk hindari kontak langsung dengan PUTRI DUYUNG, hahahah...yg ini bercanda. :)

      Hapus
  9. Alhamdulillah banget saya ga punya asam urat, kalau denger dari sodara yang punya penyakit itu kalau kambuh rasanya nyeri minta ampun kalo buat jalan. Duh ngebayanginnya aja gimana gitu, semoga kita semua sehat sehat aja ya kang, saya juga masih suka olahraga lari, kalau punya asam urat pasti akan mengganggu hobi saya itu :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga sehat selalu.

      wah bagus itu mas kalau rajin olahraga lari, siapa tahu bisa ,menjadi atlit Marathon, kan keren kalau ada blogger yang menjadi atlit, asal jangan ajak lari anak orang, ntar kesandung, hahaha...#bercanda.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Maksudnya Mbak, saya ora ngerti, hahaha... :)

      Hapus
    2. maksudnya kayak yang dijelasin Abd Kadir di atas kayaknya, bahasa Melayu kali ya?

      Hapus
  11. Asam urat, menjadi momok orang asia

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon