26 Juli 2019

Pengalaman Mencari dan Mendata Sosok Inspiratif Lokal

Melelahkan, memusingkan dan menambah pengetahuan.

Begitulah kira – kira  gambaran ketika saya mencari dan mendata sosok Inspiratif lokal yang akan dikirim ke formulir online milik sebuah situs ternama di Indonesia.

Perasaan jadi “ nano nano “, kalau bicara masalah mengarap project mencari sosok Inspiratif  lokal ini , sebel iya, gembira juga iya.Uring-uringan Juga.hahaha.....Tapi ngak sampai Anyang – Anyangan, loh...!!!


Pengalaman Mencari dan Mendata Sosok Inspiratif Lokal


Awalnya saya dikirimi oleh Mbak Reyneraea  sebuah link, yang intinya adalah untuk mendata orang personal / badan / gerakan yang berdampak positif terhadap orang banyak.

Kelihatannya memang gampang, karena tinggal cari orang yang akan diajukan, diwawancarai , lalu data mereka di kirim via formulir tersebut, lalu koment di instagram mereka, kemudian mendapat imbalan berupa UANG. :)

Yang melelahkan dan Memusingkan adalah  :

1. Ada 4 Formulir yang akan di isi 

Awalnya saya tidak tahu kalau proses mencari orang /badan/gerakan seribet ini. Ternyata setelah saya masuk dan nyebur, ada 4 formulir yang kudu wajib di isi.#hadehhhh, segitu sulitnya nyari buat makan di Internet.

Formulir yang di isi  berupa 3 formulir tentang data diri kita sebagai pemberi rekomendasi. Data yang diminta cukup komplit, kayak orang Bank minta data buat rekening baru. Untunglah tidak di mintai data nama Ibu Kandung atau nama mantan kita.

Kalau iya, huhhh...saya cancel saja deh.Ogah, bocorin informasinya.hahaha.

Proses pengisian data pribadipun selesai, walau untuk data seperti no hape, saya mencantumkan nomor kartu internet. Kalau pakai no hape Pribadi, saya belum berani, saya khawatir saja sih lihat situasi di zaman sekarang ini.

Nah untuk formulir yang satunya lagi , kudu di isi dengan data orang yang kita rekomendasikan. 

Untuk data orang yang kita rekomendasikan, ya terpaksa harus menemui dan merayu orangnya terlebih dahulu, agar si target rela dan mau dimintai data pribadi mereka.

Data tentang orang yang kita rekomendasikan cukup banyak cuy dan tak bisa saya sebutkan satu persatu disini, kayaknya honor  dari Job ini perlu ditambah deh.#capek nyari datanya,hahaha.

Tapi akhirnya proses mentransfer data sosok yang inspiratif ini pun selesai, walau harus kudu berantem dulu dengan leletnya koneksi Internet.


2. Wajib Koment Di Instagram

Nah ini dia yang bikin saya pusing. Tau ngak kenapa...? bukan saya ngak punya Instagram loh...!

Nih..Instagram saya : @BaturajaPromo

" Dahulu teman – teman blogger saya, males banget follow Instagram saya, padahal sudah saya kasih bahasa kode – kode gitu ,hehehe...#ngungkit.

Dan..sekarang  silakan di Follow, namun kasih tahu kalau sudah di follow, soalnya saya jarang login di Instagram. #Pobia eksiss,hahaha..... "

Lanjut ke bahasan..... biar pembahasannya ngak sesat terlalu dalam.hahaha.....

Nah.....ketika saya koment di Instagram si pemberi Job kepada saya itu, saya lupa mencantimkan LINK Nama Instagram orang yang saya rekomendasikan.

Ohy Komentar di Instagram tersebut bersifat wajib, kalau ngak komentar honor ngak dibayar.huhuhuhu,,,

Walau Cuma nuliskan nama orang yang direkomendasikan sebenarnya tidak masalah tapi  kayaknya kurang afdol, saya khawatir data yang saya kirimkan via komentar disangka boong.

Lalu kemudian..........

Komentar pertama saya DELETE, untuk digantikan dengan komentar yang baru.
Pas, mau kirim komentar yang terbaru, komentar milik saya ngak bisa di post.

Binggung deh anak muda, bayang – bayang honor bakal tidak dibayarpun menari – nari di otak saya, saya bawaannya jadi lemeeesss, letih dan lesu. # eee....saya kayak kurang darah yah,hahaha......

Lalu kemudian saya coba koment lagi dan lagi...tapi ngak berhasil....

Esoknya saya coba koment lagi......!! lalu saya mencoba meneliti satu persatu , dan ternyata koment saya sudah masuk sodara...sodara...!!! Horeeee...!!! 

#tinggal menunggu transferan Honornya.hahahah,,yesss,yesss...!!!


3. Kudu cari Sosok Inspiratif


Pengalaman Mencari dan Mendata Sosok Inspiratif Lokal


Sewaktu mendapat link Job tersebut dari Mbak Reyneraea, saya jadi kepikiran untuk merekomendasikan si Mbak Rey dan Pak Anton si Pemilik Blog Maniak Menulis.

Alasannya adalah :

Mbak Rey adalah Ibu rumah tangga yang pantas di jadikan sosok Inspiratif dari kalangan emak – emak blogger. Sebab ia adalah sosok ibu rumah tangga yang kreatif, dan mampu mengelolah blog personalnya walau  sangat super sibuk, namun masih bisa membagi waktu untuk berkarya di blog personalnya.

Sedangkan Pak Anton Ardiyanto adalah seorang Karyawan Perusahaan, dan merupakan blogger  yang mengasuh banyak blog.

Yang menjadikan saya berencana memilih sosok Pak Anton sebagai sosok inspiratif adalah sebab beliau bisa dikatakan sudah menciftakan komunitas blogger di Lingkungan tempat tinggalnya.

Dan komunitas tersebut diminati oleh Warga di lingkungan tempat tinggalnya.Ternyata peminatnya banyak dari kalangan ibu – ibu rumah tangga.Hebatkan..?

Tapi...... impian ini tidak terwujud sodara – sodara.......!!!

Karena di lampiran persyaratan untuk sosok Inspiratif  yang akan saya usulkan ada persyaratan yang mengganjal. 

Yaitu Masalah Usia.

Usia sosok inspiratif yang akan di daftarkan WAJIB berusia MAKSIMAL 35 Tahun.

Erorrrrr.....deh ! rencana gue untuk membidik ke dua rekan blogger ini. 

Sebagai gantinya Lalu kemudian, saya teringat akan sebuah usaha UMKM Di Kabupaten saya yang memproduksi makanan KHAS.

Lalu ..melalui proses yang berliku juga akhirnya pemilik usaha yang notabenenya adalah seorang gadis dengan usia muda mau di Interograsi dan dimintai data – data yang saya inginkan.

Akhirnya proses pengiriman data milik pemilik usaha tersebut berjalan mulus, walau memakan waktu beberapa hari.

Asikknya, saya malahan dikasih oleh – oleh berupa Produk yang ia jual dan Produksi. Yesss, saya sudah mendapat Untung duluan.hahahah.....!!

Karena satu sosok sudah saya daftarkan, maka saya berupaya mencari sosok – sosok inspiratif lokal lainnya.

Ohy...setiap SATU  sosok inspiratif  lokal atau non lokal yang datanya disetujui, maka akan mendapatkan honor dengan jumlah tertentu.

Kalau seandainya saya setor 10 sosok Inspiratif  lokal atau non lokal, maka akan mendapat honor yang lebih pula.

Ketika mencari sosok – sosok inspiratif lainnya di bidang UMKM, ternyata saya menemui kesulitan, yaitu tidak tahu lokasi tempat tinggal mereka.

Dari data yang saya cek di Internet untuk pengusaha UMKM di kota saya, alamat mereka tidak jelas, masih binggung deh kalau mencari alamat usaha mereka.

Cuma ada beberapa Usaha UMKM saja yang saya ketahui lokasi mereka, padahal UMKM di Kota saya ternyata banyak berdasarkan dari data situs yang saya baca tersebut.

Di tahap ini, gue jadi pusing dan lelah. @ada AQUA.....????


4. Syarat Batas Umur

Nah..soal umur nih, membuat saya galau. Kalau di gali lebih dalam sosok inspiratif  lokal ataupun non lokal, kayaknya banyak deh di tempat saya.

“ Ortu sayajuga bisa dijadikan sosok Inspiratif “ , tapi lagi – lagi batas maksimal usia 35 tahunlah yang membuat pencarian saya jadi mentok.

Tapi kalau sosok Inspiratif yang masih berumur dibawah 36 tahun, mmmm...kayaknya sulit, sesulit melupakan DIRIMU, hahaha....


5. Banyak yang Nolak Secara Halus

Setelah mendapat data – data pemilik usaha UMKM, saya pun terjun langsung kelapangan. Telpon telpon si target, chat chat melalui medsos mereka, bahkan saya satroni kerumah mereka.
Iya,saya datangi kerumah mereka demi “ honor “ yang di janjikan oleh pemberi Job kepada saya. #niat bangetkan gue nyari sesuap nasi...!

Pokoke gue pede – pede’kan diri gue, gue tebalin muka gue, gue Ganteng – ganteng-in diri gue, biar si calon target terpesona gitu.hahahah.....#lebayyy.

Namun....pada akhirnya banyak yang nolak secara halus, dengan alasan ini itulah.

Padahal ini kesempatan mereka untuk mendapatkan Promosi gratis sekaligus berpeluang mendapat uang pembinaan senilai 60 JUTA RUPIAH.Rugi bangetkan mereka...!!!

# Eeee..gue juga rugi, rugi waktu, rugi minyak, rugi ngak dapet Client dan rugi sudah bela – belan dandan pula.hahahah.....

Kalau ingat ketika menjalani proses ini, rasanya saya mau nulis saja deh buat blog ini, biar ngak ada DRAMA “ Waktu dan Tenaga “ yang keluar sia – sia.

6. Batas Waktu yang mepet

Saya mendapat pemberitahuan dari Mbak Reyneraea sekitar pada bulan Juli 2019 awal bulan , sedangkan waktu saya untuk action mencari sosok inspiratif  lokal memiliki batas waktu 31 Juli 2019 . ( Batas akhir setor data ).

Jelas banget waktu yang mepet ini membuat saya melambaikan tangan ke KAMERA.Menyerah.

Karena untuk mendapatkan data – data sosok inspiratif lokal akan banyak waktu yang dibutuhkan Dan dikorbankan.

Dari ngasih pencerahan dan penjelasan dahulu, belum lagi kalau ternyata mereka meminta untuk “ pikir – pikir dulu “ .

Kalaupun mereka ada yang mau saya data, itupun akan memakan waktu lama, sebab mereka maunya agak slow ketika dimintai data.

Lah, saya maunya cepat, sebab harus KEJAR SETORAN, buk !!!, Time Is Money, hahahah.....!!!


Yang mengembirakan adalah :

1. Sudah sukses terdata Satu Orang

Walau saya tidak tahu apakah data yang saya setor bakal disetujui atau tidak, namun data data sosok inspiratif lokal yang saya berikan sudah valid, sesuai syarat yang ditentukan  dan sesuai dengan kenyataan.

Bisa dibuktikan, diraba, diterawang, # eeee.. kok kayak  nge’tes uang Asli atau uang palsu yah.hahaha.....!!

Jumlah  DATA yang saya setor ketika tulisan ini dibuat baru ada satu KONTESTAN, Walau Cuma satu, namun sudah bikin saya tersenyum. Tersenyum karena ada harapan bakal mendapat HONOR.Kwkwkwkw.....!

2. Kegiatan ini relevan dengan Project Baru saya

Ketika mencari Sosok Inspiratif Lokal yang berkecimpung di Dunia UMKM, maka saya memiliki banyak data nama – nama pemilik usaha UMKM lokal.

Walau...saya belum banyak tahu dimana lokasi usaha UMKM mereka berada.

Tapi...saya sudah punya MODAL untuk menulis tentang produk – Produk UMKM tersebut kelak di blog lama saya.

Blog lama tersebut akan saya bangkitkan dari BOBOK panjangnya dan akan di isi untuk PROMOSI produk  - Produk Lokal dan Non Lokal yang berdomisili di Kota saya.

Sehingga kalau dibilang kegiatan mencari sosok Inspiratif lokal ini sudah banyak membuang – buang waktu, ternyata tidak juga.

Karena secara tidak sengaja, job mencari data sosok Inspiratif  lokal ini ternyata membuat saya menemukan banyak target – target baru untuk saya tulis kelak di blog LAMA tersebut.

Mungkin bisa di Bilang........“ Menyelam Sambil MINUM Susu “ .

Atau sebaliknya “ Minum susu Sambil Menyelam “.

#Mudah –mudahan susu yang diminum tidak BASI.

37 komentar

  1. wajib comment di IG? wahhh ini macam paksaan😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi....ngak apa2 Mbak,sesekali, asal ngak kerja paksa. :)

      Hapus
  2. Halo honor cair bagi2 yah. Kan buat beli oleh2 dari singapura :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....kurang Paten Mas merayunya.hkhkhkhk....eee kapan ke Singapura lagi mas.. ? :)

      Hapus
    2. colek mb Rey deh heheeh

      Hapus
  3. pemerasan..hihihi..terus klo udah nyebur musti kepoin terus

    BalasHapus



  4. Kalo aku follow instagramnya, nanti difolbek ga?
    #Lah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting kasih tahu saya,soalnya saya jarang buka IG. Maklum jadwal Syuting sendang Padat.hahahah :)

      Hapus
  5. Wakakakakakakkakakakakakakakakakka
    Sejujurnya, saya kasih link itu, sementara saya sendiri nggak isi.

    Soalnyaaaa...
    Saya udah isi link serupa dari orang lain, nggak enak kan double.

    Lahhhh, pas kang Nata tanya data, saya kaget, kok beda ama campagn yang saya ikuti, tau gitu ikutan isi, biar ikutan pusing hahahahahaha

    Kalau campagn yang saya ikutin cuman posting di instagram dengan foto sosok inspirasi tsb, nggak perlu lampirkan data dulu.
    Gak perlu komen akun penyelenggara maupun ngetag dia pula, cukup hashtag yang dikasih.

    Nantinya, kalau postingan kita menang, sosok inspiratif itu bakalan dikasih umroh gratis, setelah itulah baru diminta data lengkapnya.
    Dan kita yang harus urusin datanya tersebut.

    Btw campagn IG sebenarnya banyak loh kang, ayo di seriusin IGnya :D
    Nggak upload foto diri juga gapapa, fokus di gambar apaaa gitu, atau share masalah blog juga bagus.

    Jobnya sering banget dari para pengumpul buzzer gitu, cuman nggak enaknya, kalau dari umum gitu biasanya fee nya lebih kecil.

    Saya biasanya ikutan di grup blogger, biasanya mereka lebih manusiawi kasih fee :D

    Btw lagiiii, kenapa pula pakai nama lain, saya jarang mau berteman ama laki di medsos, kecuali saya kenal hahaha.
    Makanya saya ga folbek, sampai liat kodenya hahahahahah

    Btw, itu kenapa umur dipajang besar-besar ya, saya mah masih di bawah 25 tahun.
    Masih masuk ye kan, muahahahahahahahah

    Tapi serius, saya kepo dengan fee nya, segitu sulitnya loh mengumpulkan data seperti itu, data pribadi, apalagi belum pasti kepilih, kayaknya penyelenggaranya tuh beneran agak sadis, atau memang mau collect data orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Mbak ngak isi yah, berarti saingan saya sudah berkurang dong,hahahah...

      - saya juga jadi binggung juga, ternyata ada dua campaing dan saya kayaknya mendapat
      camping yang hadiahnya lebih murah yah.hahahah....

      - Ayooo bocorin ke saya campaing IG mana saja yang berhadiah, ? saya mau adu keberuntungan nih...

      - Mmmm....coba cek lagi diatas, kayaknya untuk tulisan umur diatas sudah kecil deh... :)

      - Fee-nya ...hahahah. #rahasia dan tidak boleh ditayangkan atau ditulis disini. Ohy....ada undiannya juga loh
      kemarin itu untuk komentar beruntung, maka akan mendapat tambahan uang 200 K, INGAT " jika beruntung " ,hahahaha...

      Hapus
    2. Waaahhhh asyik tuh tambahannya, kempen yang saya ikut, kalau beruntung dapat saldo gopay 100rebo aja.
      KALAU BERUNTUNG JUGA hahaha

      Kalau di IG rata-rata pakai syarat follower kang, makanya dulu saya pernah tulis banyak yang beli follower biar bisa ikutan.

      Tapi juga nggak bisa dijadikan problem solved sih, soalnya beberapa campagn butuh target reach atau impression postingan kita.

      Cuman kalau kita rajin kelola IG sebenarnya banyak juga rezeki di sana, banyak campagn buzzer, apalagi kalau ikut dari grup blogger.

      Coba ikutan DBN atau blogger crony, biasanya mereka sering rekrut orang buat campagn, dan diutamakan blogger.

      Kalau lewat grup blogger asyik kang, fee nya minimal 100k
      Itu cuman posting 1 foto loh.
      Syarat follower juga masih manusiawi, kadang minimal 2k tergantung campagnnya.

      Kalau umum, ampun menyedihkan, syarat follower 10k, eh fee kadang cuman 50k hiks.

      Hapus
    3. Nah ini dia yang saya masih sungkan, yaitu soal medsos terutama Instagram, sebab waktu saya mempet banget.jadi ngak konsen cari job buat Instagram,

      jadi ketika pas ada Job yang membutuhkan Instagram, saya kudu rela sewa Instagram orang buat melengkapi syaratnya.

      Mau instagramnya saya sewa..?

      Hapus
  6. Tambahannnnn...

    Kannn.. kann....
    Nggak pernah ada cerita, apa yang kita lakukan dengan susah payah, bakalan nggak ada manfaatnya.

    Pas banget tuh kang, bikin niche bisnis, membantu orang promosikan produknya, plus dapat pv organik yang banyak hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....iya.Mbak.Rugi banget kalau apa yang kita lakukan sia2. Apalagi pas nulis tulisannya udah lama dibuat ,,eeee cuma masuk draf doang, hahaha....#kayak saya.

      Rencananya begitu Mbak, tapi urusan waktu nih, yg susah ngebaginya. :)

      Hapus
    2. Cemungut kang, diatur sedemikian rupa, manajemen waktu aja kang









      *sok nasehatin, padahal saya kacau banget waktunya hahahahhaha

      Hapus
    3. hahahaha...Manajemen waktu saya agak kacau, yang mengacaukannya salah satunya yah " mood '. Kalau lagi ngak mood berantakan semua, hahaha...

      Hapus
    4. Nah bener tuh, mood juga sangat mempengaruhi, apalagi mamak-mamak kayak saya huhuhu.

      Kecapekan, anak-anak rewel, bahkan udah hadap laptop, bingung mau nulis apa

      Hapus
  7. Gigih nian kando mencari rezeki. Demi menghalalkan si dio yeh? ahahha. InsyaAllah usaha tidak menghianati hasil kando. Kalau dak dapat rezeki berupa materi siapo tahu dapat rezeki berupa koneksi *eaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....kwkwkwkwk....gkgkgkgkkgkg ( #sambil guling2 plus tinju2 dinding beton ).

      hihihi...iya.dindo.dapat relasi itu rezeki jugo, asal rajin2 ngasih kode,biar dapat Project...hahahah. :)



      Hapus
    2. Kanggg... kanggg... minum dulu kang, istigfar, muv on ajah deh











      *kabooooorrrrrrr

      Hapus
    3. hahahah...semua ritual sudah saya lakukan tapi sulit Mov-on, ada Solusi...Jitu ? :)

      Hapus
    4. Ya udah kang




































      balikan aja


      kaboooorrrrrrrr wakakakak

      Hapus
  8. Berarti sebulannan ini jalan-jalan terus dong kang, cari orang yang mau di introgasi.
    Kenapa banyak yang nolak? Mungkin karena dikira mau nipu, soalnya zaman sekarang kan banyak metode penipuan baru....
    Atau karena engkau tak pandai merayu😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah...terpaksa kayak gitu, tapi menyenangkan kok, Blogger keluar Kandang.hahaha...

      hahah..iya, mungkin dikira mau nipu, padahal wajah saya ngak punya tampang nipu,

      Rayuannya mungkin kurang jitu,maklum belum berpengalaman dalam urusan merayu,eaaa...

      Hapus
  9. Saya juga klo di medsos selain blog phobia wksis kuga kang hahhaha

    Wah baru tau kang nata ada ig, kepoin dulu kayaknya ah isinya apaan hahahha
    Pengalaman yg sama pas sy masih jadi wartawan kang, survey sosok inspiratif susahe minta ampun, kebanyakan ngulik data dicombine sama wawancara langsung, puteng pala saya ngegabung gabunginnya hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama nih, tos dulu buk'.... :)

      hahaha..isinya cuma hasil foto iseng doang mbak...

      Dulu wartawan juga yah, wah hebyattt dong.....

      Hapus
  10. Kenapa harus ada batasan umurnya kang? Mungkin yang dicari yg muda2 kali ya, kaya Chelsea Islan, seniman muda berkarya, ehh maap ga nyambung.
    Kalau honornya cair pasti mau ngeborong bawang putih ya hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakakakaa ya ampuuunnn Metaaaa :D

      Hapus
    2. Mbak Meta : hahahah.....gkgkgkgk, kok pinter banget bisa nebak pikiran saya buat borong Bawang Putih. :) mbak Paranormal atau ahli nujum sih,gkgkgkgk....

      Di pilih yang masih muda, biar yang liat sosok inspiratifnya pada kesemsem atau biar pada Melonggo, sambil menteskan air liurr.heheheh....#bercanda.

      Hapus
  11. Promosi gratis dan uang pembinaan itu betul kagak? Kenapa saya tidak jadi target.Eh persyaratan umur, saya jadi gagal deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....umur ngk masuk yah, kemudaan kali yah. :)

      Promosi gratis dan uangnya, bisa jadi benaran Mas, lah wong yang kelolah situs ternama, mana berani mereka boong, bisa hancur nama baik mereka.

      Hapus
  12. Koq aku ngga mudeng kempein apa ya....
    Ya sudah lah, aku masuk tim hore aja.. Colek2 kalau butuh vote, like, comment or subscribe... Siap membantu, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...Jobnya sudah tutup Mbak,percuma saya jelaskan.

      Nah..gitu dong sebagai teman yang baik, siap membantu pakai like dan lainnya. bantu Doa juga boleh. biar fee-nya ngak nyangkut ke rekening orang lain, hahahah :)

      Hapus
  13. kang... saya muncul lagi... ahai.. emang nyari ya pakai di info segala,

    wah salut... kang Nata memang giat bekerja.. perjuangannya bolehlah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa baru muncul Mbak, pasti ada tulisan terbaru nih yeee..., luncueer ke TKp ah.....

      Hapus
  14. wah lagi pada banyak ginian ya sekarang di Indonesia kang

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon