03 Juli 2019

Pengalaman Memelihara Ikan Betok Rawa – Rawa

Di Tengah – Tengah kesibukan saya sebagai Direktur PT.Blog Asik Pedia ( uhuk,,,uhuk….) saya masih bisa menyempatkan diri untuk memelihara Ikan Betok Rawa Rawa.#Cieeee…..!!! Ketahuan bangetkan kalau saya adalah sosok penyayang Ikan.(hoeekkk…!!!).


Ikan Betok saja disayang sayang Oleh saya, apalagi DIRIMU, hua-hahah……#Ngombal….!!


Pengalaman Memelihara Ikan Betok Rawa – Rawa
komicbox.blogspot.com

Langsung ke Pengalaman  Saya Memelihara Ikan Betok Rawa Rawa,…….

Tidak perlu saya kasih tahu yah, apa itu IKAN BETOK, kalian pasti sudah tahu ikan apaan yang saya maksud, kalau ngak tahu, “ Sungguh Terlaluuuuu……!!! Hahaha…..

Nih,,,,contoh gambar Ikan Betok-nya..... :)


Pengalaman Memelihara Ikan Betok Rawa – Rawa


Sumber : www.dictio.id

Saya suka memelihara ikan Betok. 

Ikan Betok yang saya pelihara adalah IKAN BETOK dari Habitat Rawa – Rawa.

Jumlah Ikan yang saya pelihara CUMA SATU Ekor sih..!, Karena teman temannya sudah ada yang ADOPSI, jadi si Doi sendirian.Kasian Banget yah.

Tubuh si Doi ngak begitu besar, karena pada umumnya ikan betok itu susah GEDE badannya walau, kita CEKOKI MAKANAN IKAN berkarung – karung.

Saya heran juga sih, kenapa yah,,,,si ikan betok itu susah sekali cepat GEDE badannya, apa mesti disuruh MINUM JAMU PENGEMUK BADAN dulu, biar cepat GEDE…???

#Ehhh..emang ada Jamu Gemuk Buat Ikan Betok…? Kalau memang ada , ayoo sini saya promosikan…..sekalian kasih saya BONUS ....satu DUS Jamunya.hahaha….

Tapi ada juga ikan betok yang ber’body besar, kayak ikan Betok Jawa, kalau ngak salah seukuran 5 jari orang dewasa.

Kalau menurut saya sih ukuran bukanlah masalah, yang penting ikan betoknya SEHAT WAL’AFIAT…..betul ngak…?? Apalah arti sebuah ukuran kalau ngak MEMUASKAN...!!!, #eee..ngomong apaan sih gue, maaf yah,,,,ngelantur,hahaha…….

Kembali Ke Ikan Betok Peliharaan saya……

Ikan Betok yang saya pelihara sudah menghabiskan satu kantong makanan ikan dan sekarang sudah pada tahap menghabiskan kantong makanan ikan yang ke dua.#duhhh…ikan betook gue , nafsu makannya bisa diandalkan bangetz, NGAK kayak TUAN-nya, pilah pilih mulu kalau soal MAKAN, hahahah……….

Nama Merek makanan IKAN BETOK saya adalah  SAKURA Dan biaya beli makananannya ngak bikin SAKU-RATA.

Si SAKURA ini berbentuk kecil – kecil, kayak ujung pentol lidi korek api, dan setiap butir makanan ikannya beraneka warna, harganya cukup murah sekitar 6 ribu rupiah.Murah meriahkan..???

Karena Jumlah ikan betok yang saya pelihara Cuma SATU BIJI, jadi untuk satu kantong makanan ikan , bakal habis sekitar 3 bulan lamanya. #hemat sekali bukan……, karena perbulan MODAL yang saya GELONTORKAN buat KESENANGAN ANEH ini Cuma DUA RIBU PERAK, Lol, himit bingit,,,,,!hahah…..

Suatu ketika, si IKAN BETOK ini PERNAH melompat dari SANGKARNYA ( Aquariumnya  ), untung waktu itu saya ke DAPUR dan menyelamatkannya……

Kalau terlambat bisa kedahuluan KUCING TETANGGA, #khan gawattzzz, hahaha….

Memang sih…salah satu kelebihan IKAN BETOK Rawa Rawa selain makannya hemat, si Doi juga ngak gampang PINGSAN walau berjam – jam tidak berada di dalam air, yang penting si Doi berada ditempat yang TEDUH dan masih berada di area yang BASAH.

Dan Juga Si Ikan Betok ini ngak REWEL kalau ngak pakai GAS OQXIGEN.Beda dengan jenis IKAN MANJA lainnya, yang kalau NGAK disalurin Oksigen ke dalam AQUARIUM malahan NGAMPUNG alias Ngak bernyawa.

Karena daya tahan ikan betok jenis rawa rawa yang bisa bertahan dengan kadar oksigen yang rendah, karena itulah juga saya lebih menyukai memelihara si Doi…..

Disamping itu juga Ikan Betok Rawa – rawa, harganya MURAHHH…., Jadi saya ngak perlu khawatir berlebihan, jika seandainya ada orang yang mau MENG-ADOPSI-nya,  sayakan bisa beli lagi, hahaha……!!

Soal makanannya juga, bisa kita kasih DAGING Nyamuk, PAHA Semut, Pizza, jadi ngak pusing untuk MENAFKAHI-nya, kadang seharian si Doi ngak makan, dan masih tetap saja sehat.hahaha…..enak’kan memelihara ikan betok...?

Yuk…..sharing pengalamannya ketika memelihara IKAN BETOK……?

32 komentar

  1. kalau dahulu musim hujan memang banyak ikan betok di belakang rumah...duduk tepi tingkap dan memancing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak tuh Mbak mancingnya, bisa sambil nonton tivi dong..., hahaha....:)

      Hapus
  2. Tulisan Kang Nata selalu menarik. Terutama pada bagian ...PAHA semut...

    Hahaha.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. HOHOHOHO...saya jadi salting sambil koprol, koprol nih.....gegara di puji, hahahah....

      Hapus
    2. Mari berimajinasi seseksi apa paha semut

      Hapus
    3. wkwkwkwkwkwkwk, saya jadi ikutan berimajinasi nih, paha mulus, sekseh, eh mukanya muka semut wkwkwk

      Hapus
  3. Astaga, cuma melihara 1 ekor doang? kirain satu kolam gitu hahaha, eh ini kali pertama loh aku denger ada ikan betok taunya gurameh, bawal, lele, mujair, mas, wader hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..kalau satu kolam mah,,,saya bisa bakal jadi Juragan Ikan Betok, hahaha...

      wah baru tahu juga yah,,,, :)

      Hapus
  4. wkwwkwkwkwwk kirain sekolam beneran, kayak Meta :D
    jadi si ikan betok ini aslinya sebagai penghibur hati yang lara ya kang, biar bisa cepat move on *eh ngomongin apa sih ini hahahaha.

    Saya pikir ikan betok itu sejenis ikan gabus gitu, saya tahunya ikan gabus, mujair, nila dll.
    Dan kalau ikan peliharaan tahunya sejenis ikan mas yang warna warni.
    Waktu kuliah dulu, saya pernah beli akuarium mini gitu, terus saya isi ikan warna warni banyak banget, terus pada mati hahhahaah.

    waktu ikut suami di Jombang, saya sampai nekat gali lubang di samping rumah buat kolam ikan, abisnya pak suami janji doang, nggak dibikin2.

    Setelah itu dikasih semen ama paksu, terus kita beliin ikan, dan dimasukan ke kolam, terus kolamnya kering airnya karena meresap hahahahaa.

    Ternyata bikin kolam nggak semudah yang dibayangkan, dan saya jadi kasian, sudah membantai banyak ikan lucu gara2 nggak pandai berternak ikan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.....saya ngak lara hati Mbak, tapi galau stadium 4, hahahah.....#sama ajah yah, hahaha..

      hahahaha,,,Mbak kayaknya belum bakat menjadi Juragan Ikan Hias, hihihih, coba sekali lagi siapa tahu Hoki... :)

      Woww....Mbak pernah gali tanah utk membuat kolam ikan...!! wahhh....hebattt uyyyyy.....!!!# lengan bisa KEKAR Dong, hahahah...#bercanda. :)

      Tuhh, kan ....ikannya pada dead., Lain kali ikannya titipkan saja sama saya,,,,biar saya goreng juga, hahaha.... :)

      Hapus
    2. Wahahahaha, tenang saja, baru stadium 4, belum stadium 10 wakakakakak

      Lengan saya mah bukan kekar lagi, tapi menggede sejak punya anak, abisnya tiap hari angkat barbel anak ahahahaha.
      Eh ngomongin barnel jadi kangen Kuanyu :D

      Hapus
    3. hahaha,,, ngak apa apa Mbak kalau lengannya kekar, hitung hitung bisa untuk menakuti si Pemilik Anjing. kalau kalau ia masih berulah kayak dulu lagi, hahaha......

      Kangen Kuanyu... ? ( Mas Kuanyu Mohon keluar dari Persemedianmu, nih kami kami sudah kuangen beyatttt,,,hahhaha...).

      Hapus
    4. Iyaaa, kangen pada tampang uniknya di foto profil Kuanyu.GFanteng tapi kelihatan serius. Mungkin banyak mikirin prediksi saham yang mana untuk diinvestasikan, ha ha ha.

      Hapus
  5. Duh, kang nata pelihara ikan udah kayak melihara anak aja. Mana makannya daging nyamuk sama paha semut lagi, gimana coba nyarinya, kudu pakai mikroskop dulu ya😂

    Ikan betoknya sendirian, nggak ada pasangannya, kasihan dong mas, ntar klau ikannya mau curhat gimana? Ha...ha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,,,iya Mbak, kayaknya kudu pakai pisau super mini biar bisa memotong paha semutnya, :)

      Ikannya MALES CURHAT, jadi Aman Dong, hahaha......

      Hapus
    2. Kang Nata jahat, masa ikan betok di ajak dalam kesendirian.
      Sendiri itu menyedihkan tau, *eh gimana?

      *kabooooorrrrrrr

      Hapus
  6. wah, saya juga sebenarnya mah suka miara ikan, tapi entah kenapa umurnya pada pendek-pendek. ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ikannya kurang dikasih makan dan airnya jarang di ganti Mas... :)jadi hasilnaya gitu deh, hahahah

      Hapus
  7. Saya sih belum pernah memelihara ikan betok, cuma kalau ikan cupang pernah dulu. Wahh saya mah sampe tuh ikan cupang buntutnya eh siripnya panjang banget dah

    BalasHapus
  8. Kocak abis mas, ngakak saya.

    BalasHapus
  9. Benar-benar penyayang binatang ya kang tapi kasihan ikannya kalau cuma sayu jadinya jomblo bisa dicarikan teman dulu kang...untungnya masih bisa menghadapi cobaan hidup tapi sempat frustasi juga ya kang sampe mau bunuh diri lompat dari kandang eh malah ada yang nolongin hehehe

    BalasHapus
  10. Ditempat saya, ikan seperti di gambar namanya iwak papupu. Sampai saya membaca artikel ini, saya baru tahu bahwa dalam Bahasa Indonesia disebut ikan betok. Terima kasih atas pencerahannya, Kang 😁

    Btw, bukannya ikan ini biasanya hidup dirawa, malang bener nasibnya harus dirawat oleh Kang Nata, hidup sendirian pula. Mesding kasih ke saya biar bisa langsung saya gorenh, hehe.

    BalasHapus
  11. Itu ikan betok apa kodok deh? kok lompat-lompat dia? hahaha. Mungkin juga dia cari perhatian karena selama ini kesepian sendirian. Cariin jodohnya dong kando. :D

    BalasHapus
  12. Hai kang Jet Lee uups, lamo nian aku dak bekunjung ke blognya kang nata, eh dak taunyo dah full amo tulisan ni..beda samo blogku dah puaso senen kemis kayonyo, wk wk...btw bukannya ikan betok itu bisa dimakan ya ? ikan asin betok gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya penasaran, apa semua orang sono, ngomongnya pakai 'o' gini ya, di Jawa juga sih pakai 'o', tapi kayaknya beda ya dialeknya.

      Kayaknya kalau saya ke sana, lucu kali ya ngomong kebanyakan 'o' nya, perpaduan 'o' Jowo ama 'o' Sumatera :D

      Hapus
    2. Hi hi mba Rey penasaran ya.. Iya kalo bhs Palembang tu emg kebanyakan pk huruf o.. Sprti segala jd segalo.. Gak semua sih.. Kebetulan sy jg dr Sumatra tepatnya Lampung.. Cmn bisa bhs Palwmbang alias wong kito galo 😁😁

      Hapus
  13. ikan cupang juga makanannya gampang wkwk

    Tapi ya ngga bisa kalo nggak ada air wkwkw

    BalasHapus
  14. oseng bahasa bugisnya kang, ini mah enah digoreng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oseng itu, semacam masakan tumis kalau di Jawa hahahahaha

      Hapus
  15. Baca artikel ini saya merasa tersindir nih...😂😂😂😂


    Karena dulu waktu saya kelas 3 SD saya pernah mencuri ikan Betok dan ikan Mas.😄😄

    Berawal hendak mencari cacing untuk ikan cupang saya, Tetapi setelah melewati Empang yang cukup luas saya melihat ribuan ikan betok dan ikan mas sepertinya sedang lapar. Karena cuaca habis hujan saat itu.😄😄

    Beruntung saya dan teman membawa Jala, Hingga tanpa mempunyai rasa berdosa saya mendapatkan hampir 40 ekor ikan betok dan ikan mas.

    Dan berbarengan dengan itu pemilik empang datang ingin memberi makan. Melihat kejadian itu dia mengamuk dan berteriak2.... Saya dan teman saya panik akhirnya melarikan diri dan sempat membawa semua ikan yang saya curi..😂😂😂😂

    Karena pemiliknya sudah Tua akhirnya ia tak mampu mengejar saya karena kawasan itu cukup rimbun teriakan pemilik Empang tidak ada yang mendengar.😄😄

    Sejak saat itu saya kapok main ke empang atau sungai bahkan memancing ikan.... 😂😂😂😂

    Akhirnya ikan itu saya makan dengan sahabat2 saya dengan alesan dapat dari memancing..😂😂😂

    Parah banget yaa!!...😂😂😂😂

    BalasHapus
  16. Kalau cuma lihat foto ikannya saja kayaknya saya tidak akan bisa bedakan dengan ikan nila, mujaer, atau bawal. Saya cuma tahu ikan untuk dimakan dan kerap tidak tahu namanya.
    Bagi saya ikan adalah untuk dimakan, kalau sekadar hiasan mah cuma untuk orang yang punya banyak duit.
    Palung sering banget beli ikan hias kala dulu, tapi pada mati semua karena anaknya malah mainin ikan atau terlalu banyak ngasih makan dan obat untuk ikan cupang.
    Bagi saya mending piara ikan yang bisa dimakan kalau mati, cupang mah riwayatnya paling jadi makanan kucing tetangga jika telah menghadap Sang Pencipra. :D
    Omong-omong, tampilan blog ini jadi beda, lebih ceria dengan gambar ilustrasikartun unyu. Ada apa dengan Kang Nata? Tambah gaya. :)

    BalasHapus
  17. Kok sama kali pengalamannya ya, tapi kalau aku satu aquarium ikannya (anak betok semua). Tapi sekarang udah pada mati

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon