13 April 2020

MANFAAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA

Daun Kelor – Tanaman kelor ini biasanya banyak ditanam oleh masyarakat didekat pagar rumah dan untuk skala besar sudah dibuat perkebunan.

Tanaman kelor ini terutama daunnya memiliki manfaat atau khasiat buat kesehatan tubuh kita.Manfaat yang bisa kita petik dari daun kelor ini diantaranya adalah meningkatkan kesehatan syaraf , menjaga kesehatan kulit, mengobati luka bernanah dan lain – lainnya seperti yang saya uraikan pada manfaat daun kelor untuk kesehatan dibawah.


idntimes.com

Disamping itu daun kelor bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pewarna untuk pembuatan colkat atau pun agar - agar, dengan cara mengesxtrak daunnya menjadi bubuk.Tidak heran jika untuk kebutuhan skala besar daun kelor sudah banyak dibudidayakan.

Nama Latin  atau Ilmiah Tanaman  Kelor ini adalah Moringa Oleifera, Daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh kita diantaranya adalah mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B, Kalsium, fosfor, magnesium, Sodium

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Kita :


1.    Membuat Kulit Menjadi Sehat

Manfaat daun kelor bisa membuat kulit kita menjadi sehat dan awet muda, hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan antioksidan dan Vitamin E yang sangat baik dalam mengatasi efek dari radikal bebas.

Daun kelor bisa kita gunakan sebagai masker wajah sehingga bisa membuat kulit kita menjadi halus dan cerah.


2.    Menyehatkan Mata

Mata kita sering sekali terkena debu yang bisa menyebabkan mata kita menjadi merah dan dihinggapi oleh kuman yang dibawa oleh debu.

Dengan mengunakan air rebusan daun kelor yang sudah didinginkan lalu dibasuh ke mata kita akan membuat mata kita menjadi sehat.Kandungan Vitamin A pada daun kelor sangatlah berguna dalam mendukung kesehatan mata kita.


3.    Mengatasi Sakit pada Sendi

Efek kegunaan lainnya pada daun kelor ini adalah bisa mengobati sakit pada persendian kita dan dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi sehingga bisa menyembuhkan rematik dan asam urat.


4.    Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu obat yang bisa kita gunakan dalam mencegah penyakit kanker adalah daun kelor.Kandungan Potasium pada daun kelor sangat berguna sekali dalam membunuh bibit –bibit penyebab kanker.


5.    Menjaga Kesehatan Syaraf dan Otak

Daun kelor juga berguna dalam menjaga kesehatan syaraf dan otak , kandungan potasium pada daun kelor mampu dalam meningkatkan kesehatan syaraf dan otak.


6.    Mengatasi Sariawan

Kandungan Vitamin C yang ada pada daun kelor juga sangat bermanfaat dalam mengatasi sariawan.


7.    Mengatasi Tulang Keropos

Penipisan kepadatan pada tulang bisa menyebabkan tulang kita menjadi keropos.Salah satu cara mengatasi tulang keropos ini bisa dengan daun kelor, kandungan kalsium pada daun kelor sangat berguna dalam menjaga kesehatan tulang kita.   


8.    Mengatasi Pegal  Linu

Rasa pegal pasti sering kita alami, hal ini bisa kita atasi dengan menumbuk daun kelor hingga halus lalu kita balurkan pada bagian tubuh yang pegal – pegal.

Berdasarkan penelitian daun kelor mengandung pterigospermin yang berfungsi sebagai penghangat sehingga otot – otot tubuh kita menjagi releks.


9.    Mengatasi Kulit Kering

Manfaat lainya dari daun kelor ini adalah bisa mengatasi kulit kering.Kandungan Vitamin B2 yang ada pada daun kelor bisa menjaga kelembaban pada kulit kita.Daun kelor bisa kita gunakan sebagai bahan luluran dengan cara daun kelor ditumbuk dengan halus lalu dilulurkan pada kulit kita.


10.    Mengatasi Luka Bernanah

Luka yang bernanah itu tandanya luka tersebut sudah terinfeksi, salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan menggunkan ramuan daun kelor yang sudah ditumbuk halus lalu diusapkan atau dilulurkan pada luka yang bernanah.

Daun kelor ini juga sering dikaitkan dengan masalah magis, dalam artikel ini tidak saya uraikan dikarenakan saya sendiri kurang mengetahuinya..

Tapi yang jelas daun ini tidaklah sia – sia diciftakan Oleh Yang Maha Pencifta, karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yang sudah saya uraikan diatas.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat buat kita semua. Amin.

3 komentar

  1. dirumah terlalu sering masak daun kelor dan aku jadinya bosen kang hahaha
    tinggal metik depan rumah, jadi orang rumah ya tinggal cuss masak
    tapi kalo ga dimakan, kan jadi laper hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah....mantap uy....kalau sering maem daun kelor. :)

      Hapus
  2. ada lagi kang, daun kelor juga bisa bermanfaat buat meningkatkan produksi ASI buat busui loh, hehe. Karena emak-emak jaman dulu suka bikinin sayur bening daun kelor buat anaknya yang barusan lahiran. Trus sekarang aku baru tahu ada banyak booster ASI berbahan dasar daun kelor. MashaAllah ternyata banyak banget ya manfaat dari daun kelor. Aku baru tahun dari tulisan Kang Nata kalo daun kelor juga bermanfaat untuk tulang. Apalagi udah kepala 3 kok tulang rasanya rontok kalo cuci piring dan cuci baju segunung semeru, wkwk :p Dan ternyata daun kelor cocok buat aku yang berkacamata ya, biar makin sehat dan makin bening kalo liat duit, wkwk. Kabooor :D

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon