13 April 2020

MANFAAT UBI JALAR UNTUK KESEHATAN TUBUH

Ubi Jalar – Ubi yang satu ini sering juga disebut dengan ketela rambat, selain rasanya yang enak ubi ini memiliki khasiat   atau manfaat penting buat menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat yang bisa kita rasakan dari mengkonsumsi ubi jalar ini diantaranya adalah menghindarkan kita dari penuaan dini dan lain – lainnya seperti yang saya tulis dibawah.




Pemanfaatan ubi jalar ini untuk konsumsi bisa digoreng, direbus dan dibuat untuk berbagai macam  jenis makanan lainnya.Manfaat lainnya adalah bisa digunakan sebagai bahan pewarna alami.

Budidaya tanaman ini tidak lah terlalu sulit sehingga banyak masyarakat menanam jenis ubi ini.

Nama latin atau ilmiah dari Ubi Jalar ini adalah Ipomoea batatas, bagian yang dimanfaatkan adalah akar yang berbentuk ubi.Ubi jalar memiliki berbagai jenis warna , ada yang ungu, putih dan kuning.Walaupun berbeda warna tetap mengandung kandungan karbohidrat yang tinggi.

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar : Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1 , Vitamin B2, Serat, Protein, Zat Besi, Kalsium, Vitamin B6, Vitamin E

Manfaat Ubi Jalar Buat Kesehatan Tubuh Kita :


1.    Sumber Energi Tubuh

Ubi jalar mengandung karbohidrat yang tinggi sama seperti pada padi, kandungan karbohidrat sangatlah berguna untuk tubuh sebagai sumber energy.Jadi tidak heran jika ubi adalah makanan penganti selain gandum, beras atau pun jagung.


2.    Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung memang wajib kita jaga, karena jantung adalah organ tubuh yang sangat Vital.Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi ubi jalar.

Kandungan Vitamin B6 yang ada pada ubi jalar bisa mencegah penumpukan homosistein dalam darah.

Jika penumpukan homosistein dalam darah menjadi tinggi maka akan memicu penyakit jantung.


3.    Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan Kalsium pada Ubi jalar sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tulang kita.Kandungan kalsium pada ubi jalar sangat berguna dalam mencegah penipisan kepadatan tulang.

Sangat disarankan bagi anda yang mengalami masalah pada kesehatan tulang agar rutin mengkonsumsi ubi jalar ini.


4.    Membuat Mata jadi Sehat

Manfaat atau khasiat lainnya  dari ubi jalar ini adalah bisa meningkatkan kesehatan mata kita.Kandungan Vitamin A pada ubi jalar sangat berguna dalam mencegah katarak.


5.    Membuat Stabil Kadar Gula Dalam Darah

Ubi jalar mengandung magnesium yang sangat berguna dalam menstabilkan kadar gula dalam darah.Untuk itu usahakan rutin dalam mengkonsumsi ubi yang satu ini apalagi  untuk anda yang ingin berdiet.


6.    Mencegah penuaan Dini

Penuaan dini yang disebabkan oleh efek dari radikal bebas yang bersumber dari polusi bisa kita cegah dengan banyak – banyak mengkonsumsi ubi jalar.Kandungan Vitamin E yang ada pada ubi jalar sangat efektif dalam mengatasi keriput.

7.    Mengurangi Stress

Stres pasti setiap orang pernah mengalaminya hal ini dikarenakan keseimbangan hormon menjadi terganggu yang disebabkan oleh banyak factor  diantaranya seperti masalah yang tidak terselesaikan atau aktivitas yang sangat banyak.

Dengan Mengkonsumsi ubi jalar maka bisa menyeimbangkan hormon sehingga bisa mengurangi stress .Kandungan Vitamin B dalam bentuk Asam Pantotenat  lah yang berperan dalam mengurangi stress.


8.    Mengatasi Peradangan

Ubi jalar bermanfaat sebagai anti inflamasi atau mengobati peradangan.Jadi bagi anda yang ingin cepat sembuh dari peradangan rutinlah dalam mengkonsumsi ubi jalar ini.


9.    Sangat Baik untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada ubi jalar sangatlah baik dalam mengatasi masalah pada pencernaan kita.Kandungan betakaroten pada ubi jalar sangat baik dalam mengatasi radang perut.


10.    Mengatasi Bronkitis

Berdasarkan penelitian ubi jalar sangat berguna dalam mengatasi bronchitis , hal ini dikarenakan kandungan Vitamin C, zat besi dan nutrisi lainnya sangat efektif dalam mengatasi penyakit paru – paru , seperti asma.

Ubi jalar memiliki manfaat atau khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita diantaranya seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas.Untuk itu marilah kita rajin dalam mengkonsumsi ubi jalar sehingga kesehatan tubuh kita bisa terjaga dengan baik.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bisa menjadi tambahan wawasan buat kita semua.
Comments

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon