21 Mei 2019

Banjir Diskon! Ini Tips Jitu Belanja Hemat Menjelang Lebaran

Sudah jadi rahasia umum, jika saat Ramadhan dan mendekati Lebaran, semua kebutuhan serba mahal. Tapi, juga sudah menjadi tradisi bahwa selama sebulan tersebut, masyarakat akan dibanjiri banyak sekali diskon. Mulai dari toko offline hingga online aktif membagikan aneka promo menarik seperti diskon besar-besaran, buy 1 get 1, voucher gratis, hingga tambahan cashback.#asik banget'kan,,,,!!!

Banjir Diskon! Ini Tips Jitu Belanja Hemat Menjelang Lebaran


Tak heran, jika kebanyakan orang tergoda untuk berbelanja di Bulan Ramadhan, khususnya menjelang Idul Fitri. Namun, demi kebaikan Anda sendiri yuk lebih bijak saat berbelanja. Perhatikan keseimbangan antara pemasukan, kebutuhan, dan keinginan saat hendak membeli.#Jangan sampai besar Pasak Dari pada Tiang, Ntar Dompetnya Pingsan loh,hahaha....

Nah, agar tidak mudah terjebak diskon dan tetap bisa hemat saat berbelanja di momen seperti ini, coba simak sejenak ulasan di bawah ini. Ada beberapa tips bantuan untuk Anda seperti :

1.     Mulai Dari Mengatur Budget Belanja


Poin penting pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur pengeluaran, agar bisa mengendalikan keinginan saat belanja nanti. Ketika gaji dan THR sudah cair, bagilah sesuai kebutuhan. Buat daftar prioritas tentang apa saja yang penting dibeli, seperti pakaian, kue lebaran, dan sebagainya.

Uang yang sudah dibagi-bagi sebaiknya dipisahkan. Tujuannya untuk menghindari lupa dan khilaf saat mulai berbelanja. Anda bisa memisahkan ATM untuk belanja dan untuk keperluan lainnya. Patuhi budget yang sudah ditetapkan, untuk menghindari hutang di kemudian hari.

2.     Cek dan Update Info Promo Sebelum Berbelanja


Diskon memang ada di mana-mana, tapi Anda tentu ingin mendapatkan promo terbaik dan termurah bukan? Jika ya, pastikan untuk cek dan update info terlebih dahulu. Anda bisa cek promo dari brand tertentu di media sosial, e-commerce favorit, hingga situs atau aplikasi tertentu penyedia aneka promo seperti website ShopBack.

Jika Anda update info promo di ShopBack, Anda bisa dapat banyak sekali keuntungan. Mulai dari mudahnya membandingkan promo online terbaik hingga tambahan cashback senilai ratusan ribu rupiah di setiap transaksi. 

Ada ratusan e-commerce dan brand terbaik dunia yang bisa Anda temukan dengan mudah aneka promonya di Situs Tersebut.

Banjir Diskon! Ini Tips Jitu Belanja Hemat Menjelang Lebaran

3.     Belanja Online Jauh Lebih Hemat


Berbelanja secara online memberikan banyak manfaat dan keuntungan buat Anda. Pertama Anda jadi hemat energi dan bisa menjalankan puasa dengan maksimal, karena tidak perlu berdesak-desakan di pusat perbelanjaan.

Kedua hemat biaya transportasi menuju dan pulang dari tempat berbelanja. Ketiga, relatif hemat biaya, karena promo online biasanya lebih banyak dan lebih besar.

Ya, di era digital ini aktivitas berbelanja secara online memang semakin mudah, cepat, tepat, hemat, dan tepercaya. Jadi, coba cari kebutuhan dan barang yang Anda incar secara online dahulu, sebelum memutuskan membeli offline.


4.     Manfaatkan Gadget di Genggaman


Keseharian masyarakat sekarang yang tak terpisahkan dengan gadget, membuat banyak pelaku usaha melakukan penyesuaian. Salah satunya dalam hal menghadirkan promo Ramadhan dan Lebaran. Sering ditemukan bahwa Anda perlu mengunduh atau daftar akun di aplikasi belanja tertentu, jika ingin mendapatkan banyak promo menarik.

Untuk itu, coba manfaatkan gadget di genggaman saat ingin belanja hemat keperluan Lebaran nanti. Anda bisa memanfaatkan info lomba berhadiah, e-commerce tertentu yang rajin bagi-bagi voucher dan kuis, ikut program flash sale, hingga berburu promo diskon dan cashback besar-besaran. Semua tawaran menggiurkan ini paling banyak ditemukan secara online dan melalui gadget Anda.


5.     Utamakan Belanja di Tempat Langganan atau Toko Tepercaya


Banjir promo memang di mana-mana. Saking banyaknya, sangat dianjurkan Anda selektif dalam memilih diskon. Jangan hanya karena harga termurah, Anda langsung memutuskan membeli. Saat menemukan promo menarik, baca spesifikasi detail, review, cek barang, dan pelajari lebih dalam terlebih dahulu. Jika semuanya oke, baru melakukan transaksi pembelian.


Ingat, sebagian produk yang dijual promo biasanya memiliki kekurangan. 

Nah, untuk menghindari kekecewaan tetap selektif dalam memilih. 

Utamakan belanja di tempat langganan atau favorit, untuk menjamin kepuasan berbelanja. Jika Anda menjadi member di suatu tempat belanja, ini bisa jadi keuntungan tambahan, karena bisa memanfaatkan promo khusus dan diskon lebih besar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk lebih berhemat saat belanja kebutuhan Lebaran. Be a smart shopper dan amankan stabilitas keuangan Anda, agar tak bingung ketika Idul Fitri berakhir nanti. Selamat berbelanja!

49 komentar

  1. Saya baca caption banjir diskon langsung ngelike padahal tadi belum baca buka blognya. Nggak boleh lihat tulisan diskon, langsung antenanya berdiri. Di rumah sih yang suka beli yang onlen-onlen gitu paling anak-anak. Segala saringan minyak aja beli onlen. Kalo buat saya sih semurah-murahnya belanja onlen plus promo-promonya belum bisa ngalahin kenikmatan ngubek-ngubek pasar nyari kebutuhan lebaran. Sensasi ngubek-ngubek sambil berebutan ama Mak-mak rempong yang lain itu rasanya gimana gitu ... Dapet barang lebih murah serebu dua rebu aja udah bahagia banget ...😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada pecinta diskon nih, yuk yang lagi mau promosi barang,..kita tawarkan aja ke teteh yang satu ini 😂😂😂

      Hapus
    2. Mbak Estelita > wah...wah , enak dong,,,berburu langsung kelapangan barang barang murah, tapi apa ngak takut di copet Mbak....? apa ngak khawatir kulitnya kepanasan, ngak khawatir PULANGNYA kemalaman,,hehehhe. mendingan online dan cek di SHOPBACK ajah, sekali lagi di SHOPBACK. hihihi.....

      Mas Anyu > ayooohhhh.... tpi barang apa yah, hahaha....

      Hapus
    3. @ Kang Nata > Estelita :

      Mencium adanya bujukan handal dari sales promotion disini, hahhaa ..

      Hapus
    4. huhuhu saya suka barang diskonan, tapi gak suka rebutan wkwkwkw, biasanya kalau lagi rebutan gitu, pak suami yang maju hahahaha

      Hapus
    5. @Himawan wkwkwkwkwwkw, kang Nata ini, kalau jadi sales, kayaknya laris manis dagangannya hahaha

      Hapus
    6. @ Reyne :

      Beeet .. uuul kuyyyy, kak .., Hahhahaha

      Kebayang gimana hebohnya gerakan tubuh dan 'kicauan' rayuan jurus maut kang Nata menghipnotis calon pembeli produknya ...

      Hapus
    7. Mas Hima dan Mbak Rey > kalau saya jadi sales,,,,mmmm,,,,biasanya batu karang pun ada yang bakal beli, dibeli untuk dilempar ke saya lagi, hahahah.........

      Mbak Rey > jadi Pak su, itu anti huru hara atau gimana sih, kok pas rebutan disuruh maju, kan bahaya, ntar di sambar oleh ibu ibu muda yang lain , gimana dong, hahaha #peace.

      Hapus
  2. Gara-gara keseringan ngecek dan update info promo, gadget ga pernah jauh dari tangan, tawaran-tawaran online menggiurkan...maka kejadian lagi deh, seperti tahun-tahun sebelumnya, pasak semakin besar aja dari tiang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.....ngak apa2 Mbak, asal pasaknya masih bisa di PIKUL OLEH BAHU Pak Suaminya, hahaha....

      Hapus
    2. waakakakakkakaka kang Nata mah bisaaaa aja :D

      Hapus
  3. Kalau nanti sudah menerima THR, langsung serbu produk yang berdiskon. Emang sekarang dimana-mana banjir diskon termasauk di marketplace.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas ya, apalagi semakin dekat hari lebaran seperti ini, waduh pasti diskonnya gede-gedean dan bikin uang terkuras,..ha-ha 😂

      Hapus
    2. Mas Bumi > AMIN. Jangan lupa bawa KARUNG dari RUmah yah Mas, biar barang bawaanya ngak kececer, heheheh *bercanda... :)

      Mas Anyu > huahaha...betul Mas, Yuk...belanja...belanja di Shopback, kwkwkwkwk.......

      Hapus
  4. boleh juga nih infonya kang nata untuk menambah referensi para emak-emak terutama,..he-he

    kalau saya sih biasanya belanja online aja lah,..mudah, simel dan enggak ribet selain itu sering promo pula, seperti belanja di lazada, itu sering loh ada promo dan bisa COD pual sehingga belaja lebih aman dan nyaman

    bagaimana para ibu-ibu tertarik, ayo dicoba,..he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmmm....saya orangnya suka bantu bantu Mas, minimal bantu bantu para emak - emak untuk ngabisin THR mereka sampai kering, hahahaha..#peace.

      Hapus
  5. Godaan terberat utk berhemat, kalau uang udh ditangan dan banyak diskon di depan mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tangannya di isi kue aja mas, jadi kalau pengen beli barang yang diambil kuenya bukan uangnya,..ha-ha 😂😂

      Hapus
    2. Mas Aris > hahahah.....biasanya bakal tergoda juga yah mas. :)

      mas Anyuh > hahhhhh,,,,,jadi gitu trik Mas Anyu selama ini,ckckckkc..... hahahah...#peace....

      Hapus
  6. saya Alhamdulillah selalu dapat pemberian orang seperti tahun ini sudah dapat 5 baju baru jadi nggak beli lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmmm...masak sih, dikasih... ?? oleh siapa dan mengapa ? trus uangnya di tabung dong yah, hahahah, Kepo amat gue, hkhkhkhk......Maaf deh... :)

      Hapus
  7. Diskon diskon diskon! Kalau banjir diskon terutama di toko online terpercaya begini, memang asyik Kang Nata. Saya pernah merasakan yang diskon-diskon itu, tapi cuma sekali hahaha. Selebihnya ya beli di sini saja. Soalnya, pesennya itu musti jauh-jauh hari bagi kami yang di Ende sini, kalau pertengahan bulan pun ... kacau ... barang nyampe sini setelah Lebaran :D hahaha. Nah loh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....iya yah, kayaknya probelem seperti ini kudu dipikirkan oleh para empunya usaha jasa pengiriman. biar orang2 di Ende bisa menguras uangnya untuk membeli banyak via online....hahahahh # maaf, ngomporin....

      Hapus
  8. Ayook pada ngeborong .., buibuuuk .., pakbapaaak juga boleh ngeborong juga ...

    Mumpung diskon gede-gedean 😉

    Aku juga mau belanja akh ..
    Udah lama nih ngincer barang favoritku

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas hima mau ngeborong nih,..bahaya sepertinya,..cuma kalau promonya habis jangan penjualnya dilemparai batu candi mas ya,..ha-ha,..#candamas

      Hapus
    2. Bhuahahahhaa ..
      Hadeeuuuh
      *Ngakak guling-guling diatas rerumputan*

      Hapus
    3. Hima > emang apaan barang Pavoritenya mas, Tas ,topi, kacamata atau atau telur helo kitty ??? :)

      Mas Anyu > hahahah.....

      Hapus
  9. sampai sekarang saya belum kepikiran beli apa pun mas, wahahah... ngeliat lemari, wihhh penuh pakaian. Jadi ga pengen beli baju, mungkin nanti cuma beli sendal aja 1, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya selalu kagum, salut sekaligus iri sama anak muda ini, sekaligus kepo, dulu diajarin gimana sama ayah ibunya sampai bisa melek finansial di masa muda? :D

      Hapus
  10. Uwwwoooowwwww...uwwwoooowwww...
    Berapa hari emang saya gak ke sini?
    Kok ya artikel barunya bejibun? hahahaha

    Keyeeeennn inih!

    Beteweee..
    Saya suka intip2 shopback, karena menghemat waktu banget.

    Biasanya kan liat iklan di marketplace ini murah, pastinya mau dibandingin dengan marketplace sebelah.

    Nah di shopback, gak perlu bolak balik buka banyak aplikasi, tinggal bandingin aja dari shopbacknya, jadi tau mana yang paling murah hahaha

    Emak-emak banget nih khaaannnn...

    Paling suka diskonan dounggg!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. para pecinta diskon,.ha-ha,..saya juga sih sebenarnya,..ha-ha,.karena diskon itu sangatlah nikmat

      Hapus
    2. Kang Nata kan gituuu, kak .., kayak ko Kuan Yu jugaa ..

      *Nulis gini sambil sembunyi dibalik gordyn*

      Sekalinya muncul, borongan artikel baru.
      Heran, deh .. , itu jari jemarinya apa pada ngga keseleo ngetik tulisan yaaach ..
      Wwwkkk ..

      Hapus
    3. jari-jarinya sudah pada tulang besi kali.....

      Hapus
    4. hahahhaa, iyaaa... sekali gak ke sini, langsung berjejer artikel baru.
      curiga saya, nulisnya semalaman sekaligus 3 artikel hahaha

      Hapus
  11. Bulan puasa menjelang lebaran ini selalu di manfaatkan mereka para produsen Toko online, mereka membombardi dengan promo-promo menarik bak tentara belanda sedang kalap....

    Uniknya lagi,,, promonya tak tanggug-tanggung bahkan ada serba 10 ribu....
    mobil 10 rb
    motor 10 rb
    Hp 10 rb

    Nah padahal promo ini ada ketentuanya khusus....
    Kalau nggak teliti bener...sekalinya belanja eeeh....malah bikih baper..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah ikutan nih, duit saya nggak balik dong :D

      Hapus
  12. Pasti lagi terpengaruh animo shopping ni..

    BalasHapus
  13. poin nomer 3 aku banget itu kang nataaa..

    ku sekarang lebih milih belanja online daripada harus datang ke toko nya. biasanya belanja online lebih murah, sementara kalo harus belanja ke toko langsung itu harus melalui proses tawar menawar dulu. nah, ini ni aku gak jago.. ujung2nya dapet harga yang masi mihil. hehe..

    selain itu, belanja online cuma modal jempol doang, jadi gak perlu pegel-pegel keliling toko.. hehe

    BalasHapus
  14. duluuu mungkin aku termasuk yg sering kalap kalo udh belanja, apalagi menjelang hari raya. diskon di mana2 yeee kaaan :p. tp sejak berkeluarga sih, jd lbh selektif :D. biar gmn, kewajiban kayak thr utk para asisten2ku, dan zakat, itu hrs diutamain. setelah itu, uang tersisa baru deh utk keperluan lebaran ato mudik :). budgeting wajib banget. tanpa itu, bisa dipastiin kalap dan exceed dr perkiraan :p

    BalasHapus
  15. Promo diskon apalagi Jumbo Sale jelang lebaran pasti menggoda iman manusia untuk belanja. Bisa jadi lapar mata.hehehe..
    Tapi kalau aku mah lebaran nggak harus baju baru, lihat-lihat prioritas butuhnya apa selain baju. Mungkin aja ponsel baru? Wkwkwkwk... :)
    Soalnya udah lama pingin ganti ponsel tapi masih tertunda-tunda aja. :)

    BalasHapus
  16. walaupun mahu berjimat tapi pada masa sama harus berhati2. mungkin barangan yang ada banyak discount itu, barangan lama / mahu dilupuskan...

    BalasHapus
  17. wah emang pake shopback suka banyak cashback menanti ya kang nata.. saya juga jadipengen beli ina inu hehehhee

    BalasHapus
  18. Kalau sudah lihat kata diskon mata sudah tuing tuing kang, apalagi lihat diskon 50% plus 20% he he he, walaupun dalam hati mikir pasti sudah di mark up neh ha ha ha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia yang saya kurang sefaham dng trik diskon,harga biasanya dinaikin dahulu,setelah itu dikasih angka diskon yang bikin mata senang luar dalem,,,,heheheh.

      Hapus
  19. makasih infonya sangat bermanfaat sekali buat saya yang hoby banget

    sopping.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak ini blognya mana yah...? saya jadi bingung.heheh

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. kalo udah bgini gimna kita harus bijak mas dalam berbelanja haha

    BalasHapus
  22. rajin rajin pantau kuis, kali aja iseng iseng menang.
    pantau toko favorit juga mungkin ada diskon, biasanya menjelang lebaran gila2an dan tetep kudu terkontrol uang yang keluar biar pas hari raya nggak berasa "kering" hehe

    BalasHapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon