26 Desember 2017

Pengalaman Membuat Blog Pertama Yang Berujung Banned

Apa yang mendorong seseorang blogger sehingga memutuskan untuk membuat Blog ? Jawabnya Pasti banyak, factor pendorongnya. Salah satunya adalah tergiur oleh konten – konten yang mengatakan “ melalui blog bisa menghasilkan uang yang banyak “.

Nah kalimat yang dihembuskan oleh para blogger itulah yang mendorong saya pada akhir tahun 2015 untuk mencoba bermain dengan blog. Sebuah dunia yang saya masih buta tentang seluk dan beluknya.


Pengalaman Membuat Blog  Pertama Yang Berujung Banned

Blog pertama yang saya buat bernama “ Dapat Uang Tanpa Henti “. Sebuah blog yang memang sengaja saya beri dengan nama yang Bombastis, dengan tujuan agar orang – orang terpikat dan tertarik, pikir saya pada waktu itu.

 Awalnya blog tersebut saya ingin isi dengan konten – konten Multi Level Marketing ( MLM ), karena pada waktu itu saya memang sedang mengeluti sebuah bisnis MLM.

Entah dari sumber blog mana saya pernah membaca sebuah “ kisah sukses tentang mendapatkan penghasilan melalui Adsense “ yang akhirnya membuat saya menjadi sangat tertarik untuk ikut mendaftar Ke Google Adsense.

Sehingga konten – konten yang saya isi di blog “ Dapat Uang Tanpa Henti “ mulai beraneka ragam. Dari seputar Bisnis Multi Level Marketing sampai ke Kisah – kisah sukses penayang adsense dan berbagai tips.

Dari mana saya mendapatkan kontennya ? 

Sebagai blogger pemula yang berambisi ingin cepat menjadi kaya – raya dan ingin selevel Linda Ikeji, seperti itu kira – kira pikiran saya pada waktu itu. Membuat saya memutuskan mencari jalan pintas untuk membuat artikel, yaitu dengan melakukan Copy Paste Mentah.

Sebuah tindakan yang salah dan menyalahi aturan di dunia Blogging saya terapkan pada waktu itu.Tapi pada tahun 2015 saya belum mengetahui apakah copy paste secara mentah – mentah diperbolehkan atau tidak. Maklum masih newbie !

Sehingga hanya dalam 7 hari blog Pertama saya pun resmi memiliki banyak artikel gratis, yang pasti membuat pemilik asli tulisan tersebut berwajah memerah karena tulisannya saya copot tanpa permisi dan komisi serta tidak menyertakan link hidup.

Parahnya, banyak alamat domain si Pemilik Artikel masih tercantum di dalam tulisan dan saya tidak menghapusnya. Sehingga sudah tentu itu menjadi bukti nyata bahwa saya seorang Copy Paste tulen.

Pada bulan pertama dan kedua akhirnya blog tersebut selalu gagal saat didaftarkan ke Google Adsense. Kalau dipikir goblok sekali saya pada waktu itu, sebab Google Adsense membutuhkan penayang iklan Adsense dari blog yang berkonten Asli, sedangkan saya mengajukan dengan konten hasil jiplak.

Kecewan dan Stress karena Blog “ Dapat Uang Tanpa Henti “ selalu ditolak Oleh Google Adsense pun bertambah jadi saat blog  pertama itu kemudian terkena Banned Oleh Google.

Iya blog tersebut pada akhirnya telah dimusnahkan oleh Mbah Google, karena masalah pelanggaran Konten.

Saya pikir blog tersebut dilaporkan oleh penulis aslinya ke Google. Melalui tulisan ini juga saya mohon maaf ke pada rekan blogger di Tanah Air yang mana artikelnya pernah saya copy paste.

Itu semua terjadi karena minimnya pengetahuan yang saya miliki.

Setelah menuai dan menikmati terhapusnya Blog “ Dapat Uang Tanpa Henti “ di jagat raya blogging dan selalu ditolaknya Permohonan oleh Google Adsense, saya pun mencoba memperbaiki kesalahan saya dengan membuat blog baru yang bernama “ Khasiat Jitu “. Silakan Baca Di “ Pengalaman Membuat Blog Ke Dua Yang Berujung Kebosanan “.

13 komentar

  1. Setiap orang pernah menjadi newbie dan berbuat salah. Saya pun dulu saat awal ingin sekali mengasilkan uang dari blog pernah bikin blog isinya copas semua. Dan tentu saja, nasib blog tersebut berakhir sama dengan blog Kang Nata.

    Tapi bedanya, saya berhenti melakukan copas bukan karena teguran google atau pemilik artikel asli. Tapi saya merasa cape sendiri melakukan copas.

    Saya bersyukur dulu ilmu saya minim dan ngga kenal deng AGC, sehingga tidak terjerumus lebih dalam dalam dunia copaser.

    Saya kembali ke jalan hobi semula, yaitu menulis berdasarkan hati dan pengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mbak , setiap orang pernah salah dan pernah meyandang gelar newbie.


      apalagi saya, sampai sekarang masih newbie. :)


      rupanya trik kita awal ngeblog sama juga, sama - sama manta copaser, hehehe...

      tpi seiring waktu ternyata lebih aman dan nyaman menulis dari ide sendiri. :)

      Hapus
    2. Wis para master sedang ngerumpi.. kalau saya mah ya gitu deh, sampe skrg juga masih minim pengalaman dan pengetahuannya 😢😢😢😢

      Hapus
    3. hahaha.... sang Master of Debat suka merendah, ilmu padi sepertinya dipakai. :)

      Hapus
  2. Pengalaman memang adalah guru yang terbaik. Dari pengalaman kita bisa belajar untuk lebih baik lagi. Saya pun demikian Kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama nich...sama2 menjadikan pengalaman sebagai Guru. :)

      Hapus
  3. Iya ya pasti di banned sama Google kalau copas. Saya masih ditolak sama Google, kayaknya punya saya gak banyak copas.. coba daftar lgi.. Kang nata kira-kira mengapa blog saya belum acc Google adsense ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah berapa kali pengajuan Mbak ? apa isi penolakannya ? sdh berapa jumlah artikelnya ? walau saya bukan pakarnya paling tidak pengalaman saya bisa berguna buat Mbak. Jadi saya butuh jawaban dari pertanyaan saya dulu.

      Mbak sepertinya kurang aktif ngeblog, baik menulis ataupun menjawab pertanyaan di kolom komentar Mbak. Blog kita harus terlihat aktif.

      sebelum saya memberi masukan tolong dulu jawab pertanyaan saya diatas. :)

      Hapus
  4. Waktu Newbie saya tidak berfokus pada konten tapi fokus nya pada koding.Fokus pada konten aja baru"ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya membuat blog tentang koding mas... ?

      Hapus
  5. saya ternyata masih suka ATM deh,. hehe belum PD 100% ide sendiri.

    BalasHapus
  6. waakakakakaka... gara-gara nyasar di artikel ini, saya jadi punya ide buat nulis tentang dosa-dosa saya saat pertama kali ngeblog.

    kayaknya, hampir semua blogger yang tujuannya cari uang, pasti punya dosa masa lalu ya.
    Apalagi alasannya kalau bukan keterbatasan ilmu.

    Sayapun pernah kayak gini, cuman gak banyak sih, dan masih saya edit kontennya dan saya sertakan linknya meski ga hidup.

    Gara2nya dulu serakah, mau buat banyak blog dengan niche tertentu, kan saya kehabisan ide menulis, dan sayapun copas sana sini hahaha

    Akhirnya juga, blog2 tersebut entah saya hapus atau gimana, kok menghilang dari akun saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah....ide Bagus Mbak, biar blogger2 lainnya pada Insyaf dan Dapat Hidayah.heheh...

      Sekarang para blogger sudah pandai2 semuannya, jadi kalau ada yang berani copas, mereka cepat lapor Ke Google.

      Dan mereka sekarang sudah pakai anti copas . hahahha....

      Hapus

Mohon ketika berkomentar harap menggunakan Akun Blogger , G+,Anonymous kalau URLnya di isi dengan Nama Blog, Maka dengan berat Hati komentarnya tidak saya Posting, :)
EmoticonEmoticon